Edukasi

5 Tools Digital Marketing yang Menguntungkan Bisnismu

20 Jan 2022, Ditulis oleh peniasih rara

5 Tools Digital Marketing yang Menguntungkan Bisnismu

Bisnis yang sukses bukan hanya mengandalkan penjualan atau pendapatan revenue yang meningkat. Tapi juga harus bisa memberikan solusi yang tepat untuk kebutuhan pelanggan secara berkelanjutan. Salah satu caranya adalah dengan membuat strategi yang tepat sasaran, sehingga mendatangkan profit juga memberikan value bagi target marketmu.

Untuk mendapatkan strategi terbaik, kamu harus bikin riset mendalam tentang perilaku konsumen (consumer behavior) berdasarkan sasaran pelanggan yang ingin dituju. Hal ini mencakup tingkat ekonomi (socio-economic status), domisili, pendidikan dan lainnya.

Untuk mendapatkan informasi lebih mendalam tentang data yang kamu butuhkan tersebut, tak ada salahnya jika kamu mulai berinvestasi di tools untuk digital marketing. Tools digital ini merupakan software berupa sistem automasi pemasaran atau penjualan yang dapat membantu kamu untuk melacak campaign, membuat strategi marketing, hingga memantau produktivitas penjualan setiap harinya.

Apa saja, sih, tools untuk digital marketing yang dapat dimanfaatkan untuk menguntungkan bisnis yang sedang kamu jalani?

1. Google Analytic

Bagi digital marketer, Google Analytic adalah salah satu tools yang sudah tak asing lagi di telinga. Dalam analisis situs web, tools digital ini sering menjadi acuan standar untuk menganalisis beberapa data penting. 

Misalnya, kamu jadi tahu berapa banyak orang sih yang mengunjungi situs web-mu. Data seperti ini biasa disebut sebagai ‘traffic’. Lalu, kamu juga bisa tahu dari mana asal pengunjung, usia, gender, halaman apa yang paling banyak dikunjungi, hingga durasi yang mereka habiskan untuk membuka situs kamu.

Dari data yang terkumpul, kamu bisa memahami karakter pengunjungmu. Hal ini kemudian dapat kamu jadikan acuan untuk mengatur strategi terbaik.

Jika kamu masih belum memiliki cukup modal, Google Analytic bisa menjadi pilihan yang tepat. Sebab, Google Analytic menjadi salah satu tools yang bisa kamu akses secara gratis.

2. Google Search Console

Jika kamu sudah memiliki akun Google Analytic, lengkapi pula dengan Google Search Console sebagai tools digital marketing yang menguntungkan bisnismu. Tools digital ini merupakan layanan yang ditawarkan oleh Google untuk membantu kamu memantau, mempertahankan, hingga memecahkan masalah keberadaan situs kamu di mesin pencari Google.

Meski tools digital ini dapat kamu akses secara gratis, kamu bisa menggunakan fitur-fitur di bawah ini agar meningkatkan traffic ke situs web-mu. Fitur tersebut adalah sebagai berikut.

  • Memastikan bahwa Google dapat menemukan dan meng-crawl situs web milikmu.

  • Memperbaiki masalah pengindeksan dan meminta pengindeksan ulang untuk konten baru atau yang harus/dapat diperbarui.

  • Melihat data traffic Google Penelusuran untuk situs web miliki. Misalnya, seberapa sering situs kamu muncul di mesin pencarian Google, kueri penelusuran mana yang memunculkan situs kamu, hingga seberapa sering pengguna mengklik untuk kueri tersebut.

  • Menerima pemberitahuan saat Google menemukan masalah pengindeksan, spam, atau masalah lainnya di situs web milikmu.

  • Menampilkan situs mana saja yang memberikan tautan link langsung ke situs milikmu.

  • Memecahkan masalah terkait AMP, kegunaan seluler, dan fitur Penelusuran lainnya.

Cukup lengkap untuk digital marketer yang ingin memahami lebih lanjut tentang digital marketing, bukan?

3. Google My Business

Jika bisnismu berupa restoran atau toko fisik, akan lebih baik jika kamu memiliki tools digital marketing Google My Business atau yang sering disebut juga dengan nama Google BisnisKu. Tools digital ini mempermudah calon pelanggan mendapatkan informasi awal tentang bisnis kamu. Misalnya, alamat atau lokasi, jam operasional, nomor telepon atau kontak yang bisa dihubungi, peta lokasi, foto terkini, hingga ulasan pelanggan yang pernah datang.

Google My Business menjadi salah satu strategi marketing yang tepat untuk menarik pelanggan tanpa perlu melakukan promosi yang melelahkan dan bahkan bisa menghemat budget promosi kamu. Contohnya, kamu bisa mendapatkan ulasan jujur tentang bisnismu tanpa perlu beriklan atau endorse.

Google My Bisnis merupakan tools digital marketing yang dapat kamu miliki secara gratis. Kamu hanya perlu membuat dan memiliki akun Google untuk dapat mengaksesnya.

4. Hootsuite

Sebagai seorang digital marketer yang harus mengurus beberapa platform sekaligus, tentu akan cukup melelahkan jika kamu memantaunya satu per satu. Namun, kini kamu tak perlu khawatir lagi, sebab salah satu tools digital ini akan membantu pekerjaanmu menjadi lebih mudah. 

Adalah Hootsuite, tools digital yang memungkinkanmu melakukan manajemen media sosial secara terpusat. Melalui tools ini, kamu bisa memantau dan mengurus beberapa platform sekaligus. Misalnya, Facebook, Twitter, Instagram dan YouTube.

Pertama kali dirilis pada Desember 2008, Hootsuite dapat kamu akses secara gratis namun dengan fitur yang terbatas. Jika kamu ingin menggunakan semua fiturnya untuk memanajemen semua platform media sosial bisnismu, kamu bisa berlangganan dengan harga mulai dari $49 per bulannya.

5. Ahrefs

Tools digital marketing untuk menguntungkan bisnismu selanjutnya adalah Ahrefs. Secara fitur, tools digital ini hampir mirip dengan Google Analytic. Ahrefs mampu menganalisis kompetitor, karakter pengunjung, hingga lalu lintas traffic yang masuk ke situs web-mu.

Namun bedanya, Ahrefs memiliki tools search engine optimization (SEO) yang lebih komprehensif. Ahrefs mampu mengidentifikasi bagian situs yang perlu diperbaiki, melacak kemajuan situs di mesin pencari, hingga mengetahui jenis konten yang paling banyak dibagikan.

Ahrefs hanya dapat diakses dengan cara berlangganan. Kamu bisa mencobanya terlebih dulu dengan biaya $7 atau sekitar Rp100 ribu untuk tujuh hari.  

Ternyata untuk mendatangkan keuntungan bisnis yang lebih besar, kamu tak perlu mengeluarkan budget lebih. Kamu bisa memanfaatkan tools digital marketing secara gratis. 

Selain itu, untuk mendukung transaksi online bisnismu, kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi point of sale Qasir secara gratis juga. Untuk informasi lebih lanjut tentang Qasir kamu bisa cari tahu di laman ini atau follow Instagram Qasir, ya!

Baca juga:

Share artikel ini