Edukasi

Ingin Mulai Berbisnis? Cek Cara Mendapatkan Modal Usaha Berikut Ini!

15 Jan 2022, Ditulis oleh peniasih rara

Ingin Mulai Berbisnis? Cek Cara Mendapatkan Modal Usaha Berikut Ini!

Dengan modal yang memadai, kamu bisa membangun usaha dengan perencanaan yang lebih terarah. Mulai dari membuat rencana alokasi dana tempat berbisnis, gaji karyawan, membeli bahan baku untuk produksi produk adalah kebutuhan tetap yang harus terpenuhi.

Nah, pertanyaannya gimana bisnis akan terus berjalan langgeng kalau cuma punya modal kecil? Apakah mungkin modal yang sudah dimiliki sekarang akan cukup tanpa perlu pinjaman tambahan modal?

Dengan pertanyaan tersebut, tentu saja kamu sudah tahu jawabannya jika sudah membuat perhitungan. Jika modal yang kamu miliki sangat kecil dan diperkirakan tidak dapat memenuhi kebutuhan tetap, tentu strategi yang harus kamu coba berikutnya adalah mencari bantuan pembiayaan modal usaha kecil. 

Tapi bagaimana caranya untuk mendapatkan modal berbisnis? Tak perlu risau dan keburu pesimis, berikut solusinya.

1. Menjual Aset

Jika modal awal berasal dari tabungan tetapi dinilai masih kecil, kamu bisa menjual aset pribadi yang dimiliki. Misalnya menjual emas. Dengan harga jual yang cukup stabil, setidaknya kamu bisa mendapatkan tambahan modal.

Tetapi jika kamu belum rela melepas emas yang kamu punya, solusi lainnya adalah dengan cara menggadai. Hanya saja, kamu harus tetap melunasi hutangmu di pegadaian. Risiko paling buruk adalah emas akan jadi milik pegadaian apabila kamu tidak membayar hutang saat sudah jatuh tempo.

2. Meminjam kepada Kerabat

Demi membangun bisnis dengan modal yang kuat, tak ada salahnya kamu mencari bantuan kepada keluarga terdekat. Misalnya meminjam uang kepada orang tua, tetapi cara ini berlaku jika menurutmu finansial orang tua bisa menjadi “investor” pertamamu. Plusnya, dengan meminjam kepada kerabat, kamu tak dibebani oleh bunga yang besar.

Apabila dari segi finansial orang tuamu tak bisa meminjamkan modal, kamu bisa mencari saudara lainnya untuk meminjam uang sebagai modal tambahan. 

Syarat utama meminjam dengan keluarga terdekat adalah kamu harus konsisten untuk membayar hutang. Ingat, namamu jadi taruhan, lho. Dengan menepati janji, bisnismu akan berjalan lebih lancar dan berkah.

3. Joint Venture

Joint venture adalah salah satu cara yang dapat kamu lakukan saat membangun bisnis dan menghadapi kekurangan modal. Apabila meminjam uang kepada orang tua atau saudara dekat membuatmu lebih terbebani dan kurang profesional, kamu bisa ajak mereka untuk menjadi partner bisnis. Cara ini disebut joint venture.

Dengan joint venture bersama keluarga, modal yang kamu miliki jadi bertambah dan dapat memenuhi kebutuhan tetap. Tetapi sebelum memulai joint venture dengan keluarga, kamu wajib membuat hitam di atas putih alias perjanjian resmi secara tertulis mengenai pembagian peran dan hasil. 

Cara ini nggak boleh dilupakan agar komunikasi antar keluarga tetap terjaga dengan baik. Nggak mau kan komunikasi dengan keluarga hancur karena uang?

4. Meminjam dari Bank

Selain pilihan di atasl, kamu bisa mencari modal usaha dengan cara meminjam ke Bank. Nilai plusnya adalah sangat memungkinkan kamu mendapatkan uang dengan nominal cukup besar. Tetapi ingat, ada bunga yang harus kamu bayar pula.

Nah, mengingat bunga cukup menjadi pertimbangan, kamu juga harus teliti ketika memilih Bank untuk meminjam uang. Selain itu, kamu juga perlu memikirkan lagi bahwa aset yang akan jadi jaminan bisa melayang dan tak dapat lagi kamu miliki jika kamu tak mampu membayar pinjaman Bank.

5. Mengajukan di Qasir

Apabila beberapa solusi di atas cukup berisiko dan membuatmu pesimis, kamu juga bisa lho mendapatkan pinjaman dari Qasir. Ya, sejak Qasir bekerja sama dengan perusahaan Peer to Peer (P2P) Lending seperti KoinWorks, Qasir dapat menjadi solusi bagi pebisnis pemula untuk memberikan alternatif pembiayaan modal usaha.

Tetapi, syaratnya adalah kamu sudah menjalani bisnis dan telah menjadi merchant Qasir serta menggunakan fasilitas pembayaran digital QRIS yang ada di aplikasi Qasir pada setiap transaksinya. 

Nah, dengan menjadi merchant Qasir, kesempatan untuk mendapatkan tambahan modal jadi terbuka, deh. Jika sudah menggunakan aplikasi Qasir, kamu pun tidak perlu mengumpulkan data atau riwayat transaksi yang akan jadi bukti kemampuan finansial  usahawan. 

Sehingga yang perlu kamu lakukan adalah hanya mengisi Google Form pengajuan dengan informasi yang dibutuhkan terkait nominal dan tenor pembiayaan. Tertarik mendapatkan pinjaman modal dari Qasir? Isi Google Form di sini ya.

Kini kamu sudah tahu kan bagaimana mendapatkan modal tambahan? Semoga bisnismu semakin lancar dan modal pinjaman pun segera terlunasi, ya!

#Qasir

Baca juga:

Share artikel ini