Inspirasi

20 Film Indonesia yang Bisa Membuat Kalian Semakin Semangat Menjalankan Usaha

11 Apr 2023, Ditulis oleh Alya

20 Film Indonesia yang Bisa Membuat Kalian Semakin Semangat Menjalankan Usaha

Tentunya ada banyak sekali hal yang membuat kita ingin menyerah saja saat membuat atau menjalankan bisnis. Tak jarang kita butuh sekali mood booster untuk mengembalikan semangatmu. Salah satunya dengan menonton film Indonesia yang sarat akan nilai perjuangan ini! 

 

Selain itu, ada beberapa film Indonesia di bawah ini berisi pelajaran yang bisa kamu terapkan dalam menjalankan usaha. Apa saja itu? Cek beberapa film Indonesia berikut ini yuk!

 

 

20 Film Indonesia yang Bisa Membuatmu Semangat 

 

1. Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar (2014)

 

Film Indonesia Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar ini menceritakan kisah nyata Merry Riana yang terpaksa pergi ke Singapura, serta kegigihannya bekerja untuk mempertahankan hidup.

 

Perjuangan hidup yang keras dan banyak tantangan tak menyurutkan semangatnya mencari rezeki. Hingga akhirnya dia berhasil membuat ekonominya lebih stabil dan mampu menyelesaikan sekolahnya.

 

2. Cek Toko Sebelah (2016)

 

Film Indonesia ini membahas soal bisnis warung kelontong. Film ini mengisahkan bagaimana Koh Afuk mewariskan toko kelontongnya kepada salah satu anak laki-lakinya, Erwin. 

 

Bagi kamu yang mempunyai usaha yang serupa, bisa banget untuk mempelajari bagaimana menyelesaikan berbagai permasalahan di toko kelontong yang ada di film ini.

 

3. Filosofi Kopi (2015)

 

Film Indonesia ini mengadaptasi dari novel berjudul serupa, karya Dewi Lestari (Dee). Filosofi kopi mengisahkan tentang dua orang teman yaitu Ben dan Jody dalam mengelola coffee shop mereka. 

 

Film ini tak hanya mengisahkan tentang perjuangan menjalankan bisnis cafe. Namun juga menceritakan soal pencarian jati diri dan bagaimana berdamai dengan masa lalu melalui tema 'kopi'. Jika kamu mempunyai usaha cafe atau warkop, jangan lupa untuk menonton film Indonesia yang satu ini ya!

 

4. Milly & Mamet (2018)

 

Milly & Mamet merupakan salah satu film tentang bisnis yang recomended untuk ditonton. Pasalnya, film yang satu ini bukan sekedar menceritakan bagaimana Milly dan Mamet menjalankan bisnis mereka masing-masing: Milly yang mengelola usaha ayahnya, dan Mamet yang berbisnis catering. Namun, film ini mengemas bagaimana bisnis dan keluarga bisa berjalan seiringan.

 

5. Laundry Show (2019)

 

Film tentang bisnis yang satu ini mengisahkan Uki yang nekat resign dari kantornya, dan membuat bisnis laundry. Tentu saja perjalanannya tidak mudah. Dia dihadapkan pada berbagai masalah seperti bagaimana adaptasi dengan karakter pegawai yang berbeda. Sampai persaingan dengan bisnis laundry lainnya. 

 

Nah kalau kamu yang punya usaha laundry, yuk coba tonton filmnya! Siapa tau relate dan bisa diaplikasikan ke bisnis laundry kamu!

 

 

6. 9 Summers 10 Autumns (2013)

 

9 Summers 10 Autumns merupakan salah satu film Indonesia yang mengisahkan tokoh bernama Iwan yang memiliki hidup ekonomi di bawah rata-rata. Bapaknya merupakan supir angkot, Ibunya tidak tamat sekolah dasar, dan mempunyai saudara yang banyak. 

 

Hal itu membuat Iwan berusaha keras untuk belajar agar bisa berhasil mengangkat ekonomi keluarga lewat jalur pendidikan. Film ini sangat cocok untuk ditonton oleh kamu yang sedang terpuruk. Karena film ini akan memberikanmu semangat untuk terus berjuang!

 

7. Susah Sinyal (2017)

Film Indonesia yang satu ini menjadi tontonan yang akan membuatmu mengerti bagaimana membagi waktu antara pekerjaan dan keluarga. Karena kedua hal tersebut sama pentingnya. 

 

Film ini menceritakan tentang Ibu single parent yang bernama Ellen yang kesulitan dalam untuk berusaha seimbang antara pekerjaannya dan keluarga.

 

8. Laskar Pelangi (2008)

 

Film Indonesia yang mendapat banyak sekali penghargaan dari dunia Internasional, yup apalagi jika bukan Laskar Pelangi! Film ini mengisahkan tentang kisah sekelompok anak sekolah yang berasal dari keluarga miskin di Belitung. Mereka harus berjuang keras untuk mendapatkan pendidikan yang layak dan memperjuangkan mimpi mereka.

 

9. Kartini (2017)

 

Merasa segala hal menyulitkanmu? Yuk coba tonton film Indonesia, Kartini ini! Film ini mengisahkan tentang perjuangan seorang tokoh nasional Indonesia, R.A Kartini, dalam memperjuangkan hak-hak perempuan. 

 

Film ini menyoroti bagaimana Kartini harus melewati berbagai rintangan dan kesulitan dalam hidupnya dalam memperjuangkan hak-hak perempuan agar terpenuhi.

 

10. Garuda di Dadaku (2009)

 

Butuh film Indonesia yang bisa memotivasi kamu agar terus berjuang menggapai cita-cita? Nonton film Garuda di Dadaku yuk! Film ini menceritakan tentang perjuangan seorang anak muda yang bercita-cita menjadi pemain sepak bola profesional. Ia harus melewati berbagai rintangan dan tantangan dalam hidupnya untuk mencapai tujuannya.

 

11. Sepatu Dahlan (2014)

 

Tidak jauh berbeda dari beberapa film yang sudah disebutkan di atas. Film Indonesia Sepatu Dahlan ini juga bisa membuatmu sadar bahwa hidup adalah soal perjuangan. Film ini diadaptasi dari kisah nyata Dahlan Iskan muda, mantan Menteri BUMN Republik Indonesia, yang dulunya hidup serba kekurangan di Magetan

 

12. Hijab (2015)

 

Kamu jualan hijab? Yuk merapat untuk menonton film Hijab ini! Film Indonesia yang satu ini menceritakan soal sekumpulan sahabat yang ingin mempunyai penghasilan tambahan dari berbisnis. Kemudian mereka memutuskan untuk berjualan hijab. Di film ini kamu bisa belajar bagaimana cara membangun bisnis yang baik.

 

13. Rudy Habibie (2016)

 

Film Indonesia yang satu ini mengisahkan hidup Presiden Ketiga RI sekaligus insinyur terkemuka dunia, yaitu BJ Habibie. Di sini kamu akan bisa melihat bagaimana seorang BJ Habibie melewati berbagai rintangan dan tantangan dalam hidupnya, yang mana semangatnya bisa kamu ikuti!

 

14. Sang Pemimpi (2009)

 

Berbisnis adalah tentang mencapai target penjualan. Semangat untuk terus berkembang dalam mengelola bisnis inilah,  yang bisa kamu contoh dari film Sang Pemimpi. Film ini mengisahkan tentang kisah perjuangan Ikal dan Arai dalam menggapai mimpi, namun perjalanan mereka tentunya tidak mudah. 

 

15. A Copy of My Mind (2015)

 

Film Indonesia garapan sutradara Joko Anwar ini selain bagus, juga sangat realistis, dekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Film ini menceritakan tentang Sari yang menjadi pegawai salon yang menjalin cinta dengan Alek pebisnis film bajakan. Kendati sedikit mengenai bisnis, kamu bisa mengamati bagaimana Alek mampu mencari peluang bisnis kendati berasal dari ekonomi menengah ke bawah.

 

16. Alangkah Lucunya (Negeri Ini) (2010)

 

Deddy Mizwar seringkali membuat film Indonesia bertema komedi satire seperti yang satu ini. Mengisahkan seseorang bernama Muluk yang membantu anak-anak jalanan yang dulunya pencopet, untuk berjualan asongan. Film ini membuatmu melihat sesuatu dari berbagai sudut pandang, sehingga bisa lebih bijak dalam menilai sesuatu.

 

17. Daun di Atas Bantal (1997)

 

Ingin mengetahui bagaimana orang berjualan untuk memenuhi kebutuhan hidup di lingkungan pasar? Yuk tonton realitanya di film ini! 

 

Film Indonesia yang satu ini patut diacungi jempol karena selain membuat kita tersadar mengenai kehidupan anak-anak jalanan dengan kehidupan keras. Namun di sisi lain menyadarkan kita, bahwa di berjualan merupakan salah satu pekerjaan yang bisa diakses siapa pun orangnya tanpa memandang status pendidikan.

 

18. Tampan Tailor (2013)

 

Film Indonesia yang membuat kita kembali semangat berjualan, bisa kita lihat di film Tampan Tailor. Film ini mengisahkan tokoh yang bernama Topan yang merupakan seorang penjahit yang bangkrut dan baru saja ditinggal mati istrinya. Dia pun harus berbisnis apa saja demi bisa memenuhi hidupnya dan anaknya, Bintang.

 

19. Losmen Bu Broto (2021)

 

Mempunyai warisan bisnis keluarga yang sudah turun temurun, bukan berarti mudah pula untuk mengelolanya. Sama seperti cerita di film ini, yang mana Bu Broto merasa tidak mudah meneruskan usahanya kepada anak dan menantunya. Alih-alih serba mudah, rupanya ada banyak kendala yang harus mereka hadapi. 

 

Di film Losmen Bu Broto ini, kamu akan diajarkan bagaimana keluarga merupakan seseorang yang seringkali menjengkelkan, namun yang paling kalian butuhkan saat menggapai cita-cita. 

 

20. Janji Joni (2005)

 

Film Indonesia bertema komedi yang manis namun mampu memberikan pelajaran tentang betapa pentingnya waktu. Film ini bercerita tentang Joni yang tidak pernah telat dalam mengantarkan roll film antar bioskop. Suatu hari dia dihadapkan pada masalah yang pelik, yang membuatnya terhambat mengantarkan roll film tepat waktu.

 

Nah itu dia ke-20 film Indonesia yang bisa kalian tonton untuk mengobarkan semangat! Mulai dari yang sedih sampai yang buat ketawa semuanya bisa kalian tonton. Tertarik menonton yang mana nih?

 

#Qasir

 

Share artikel ini