Inspirasi

Ide Usaha Bermodal Kecil Online dan Offline untuk Tahun 2022

30 Sep 2021, Ditulis oleh Putri Anggia

Ide Usaha Bermodal Kecil Online dan Offline untuk Tahun 2022

Adaptasi teknologi dua tahun belakangan ini, khususnya sejak pandemi berlangsung di awal tahun 2020 membuat kehidupan masyarakat dunia banyak berubah. Termasuk dalam bidang usaha. 

Bicara tentang ide usaha di zaman sekarang ini, sudah tidak lagi tentang membangun sebuah toko fisik saja. Ruang usaha, karyawan, bahkan produk pun tidak harus ada untuk bisa berbisnis. Banyak inovasi yang telah diciptakan dan mulai diterapkan para pebisnis modern. 

Sekarang ini, bermodalkan perangkat komputer, bahan hanya ponsel dan jaringan internet pun sudah bisa menjadi peluang usaha. Bahkan meskipun usahamu masih tentang menjual produk barang ataupun jasa, perlengkapan yang kamu butuhkan pun tidak akan terlepas dari bantuan teknologi. Mulai dari pencatatan transaksi dengan bantuan point of sale (POS) seperti aplikasi Qasir, sistem pembayaran digital, belanja online untuk mendapatkan supply stok barang, hingga jasa pengiriman yang bisa diakses dengan aplikasi. 

Jadi sebenarnya, bisa dikatakan peluang untuk usaha di tahun 2022 bisa lebih luas lagi dari sebelumnya. Itu mengapa Qasir akan membagi dua jenis usaha yang bisa jadi inspirasimu dalam membuka usaha, yaitu usaha offline dan online.

Berikut ini ide usaha bermodal kecil yang bisa kamu jalankan di tahun 2022.

Ide Usaha Offline 

1. Warung Makanan

Dari data pengguna Qasir, usaha makanan adalah yang paling banyak jumlahnya dibanding usaha jenis lain. Meski persaingannya terbilang ketat, namun nyatanya jumlahnya pun terus bertambah setiap tahunnya. Bisnis ini akan tetap abadi, karena semua orang setiap harinya membutuhkan pangan dan suka ngemil. Bukan hanya, anak-anak dan remaja, tapi juga orang dewasa. Apalagi gaya hidup masyarakat kita pun sudah mulai berubah, banyak yang lebih memilih untuk membeli saja daripada masak sendiri. Disusul dengan kemudahan memesan makanan via aplikasi Ojol, bisnis makanan pun semakin jadi primadona. 

Itu mengapa bisnis makanan dikatakan paling recommend untuk kamu jalankan di tahun 2022. 

Apalagi, menjalankan bisnis warung makan ini tidak terlalu membutuhkan banyak modal untuk bisa terealisasikan. Kamu bisa mulai menjalankan bisnis warung makan sederhana dulu, jika sudah banyak modal kamu bisa kembangkan bisnis tersebut jadi lebih berkelas. 

2. Hobi Tanaman dan Ikan Hias

Bisnis berbasis hobi, sejak mulai ramai di masa PSBB dan PPKM jadi semakin menemukan pasarnya. Itu mengapa sayang sekali jika keberadaan pasar yang sudah terbentuk tidak kamu manfaatkan. Kelihatannya mungkin kurang bergengsi, tapi jangan salah, budidaya ikan dan tanaman hias tidak bisa di pandang sebelah mata lho, karena bisnis ini juga memiliki potensi profit yang sangat besar. 

Bisnis ini bisa lebih berjalan dengan baik kalau kamu memang memiliki minat terhadap tanaman dan ikan hias. Kamu tahu trend yang sedang laris, banyak dicari, atau bahkan yang langka. Kamu juga perlu menjalin hubungan dengan komunitas pencinta tanaman dan ikan hias untuk terus update. 

Jadi, mengapa tidak dicoba?

3. Jasa Cuci Mobil

Car wash atau disebut usaha cuci motor dan mobil menjadi salah satu usaha yang menjanjikan. Ini karena semakin tingginya angka kepemilikan kendaraan dan kesibukan. Sehingga jika harus mencuci transportasi sendiri butuh banyak air dan tenaga, itu mengapa masyarakat Indonesia yang punya aktivitas tinggi terutama di perkotaan akan lebih memilih untuk pergi ke tempat cucian mobil atau motor untuk bersihkan kendaraannya, selain menghemat waktu juga hemat tenaga. 

Selain karena mobilitas masyarakat yang tinggi, pemilik kendaraan mendatangi cucian mobil atau motor juga dipengaruhi oleh gaya hidup. Jika kendaraan yang dipakai lebih bersih dapat menambah kepercayaan diri juga lebih enak dipandang. Karena begitu menjanjikan, ide peluang usaha ini sering dijadikan pilihan usaha. 

Modalnya pun tidak terlalu besar. Kamu hanya perlu menyiapkan dana sekitar Rp7,5 juta hingga Rp8.5 juta untuk yang sederhana, ataupun sekitar Rp51 juta untuk peralatan yang lebih komplit dan standar tinggi. 

4. Usaha Laundry

Mirip-mirip dengan usaha carwash atau jasa cuci mobil, usaha laundry juga hadir karena kesibukan masyarakat dan keinginan untuk gaya hidup yang lebih praktis. Kamu pun bisa menjadikan ini sebagai ide usaha. Menjalankan bisnis ini dibutuhkan peralatan seperti mesin cuci, setrika, hanger, dll paling tidak Anda sudah memiliki beberapa peralatan tersebut untuk memulainya.

Untuk omzetnya, jangan khawatir, angka yang dihasilkan dari usaha jasa cuci pakaian / laundry ini juga tidak sedikit. Bahkan bisa menyentuh hingga belasan bahkan puluhan juta. Potensi bisnis jasa laundry ini terus mengalami peningkatan dari setiap tahunnya seiring semakin banyaknya jumlah penduduk.

5. Kelontong

Kelontong adalah jenis usaha yang terbilang mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja, karena modal yang dibutuhkannya sangatlah kecil. Jika uang sudah berputar dan menghasilkan profit, usaha kelontong sangat mudah untuk berkembang. Peminat toko kelontong juga akan selalu ada dari masa ke masa. Sebab kelontong menyediakan kebutuhan sehari-hari seperti sembako yang terdiri dari, beras, gula pasir, minyak goreng, telur, juga susu, dan barang-barang kebutuhan lainnya. 

Jangan khawatir, menjamurnya toko ritel modern saat ini, juga tidak serta-merta mengusir keberadaan toko kelontong. Masih banyak pelanggan yang lebih memilih untuk membeli kebutuhan di toko kelontong. Terutama, mereka yang ada di daerah pemukiman padat penduduk. Selain tidak kalah lengkap, selisih harga menjadi alasan. Hanya saja, kamu juga perlu meningkatkan level kelontongmu dengan menerima pembayaran digital. 

Baca juga: QRIS: Satu QR Code untuk semua.

Ide Usaha Online 

1. Kursus Online

Jika kamu punya keahlian, misalnya bahasa Inggris, Matematika, akuntansi, menjahit, membuat roti, digital marketing, ataupun keahlian lainnya, kamu bisa mempertimbangkan peluang usaha yang satu ini. 

Usaha ini Qasir rekomendasikan di nomor satu karena usaha ini relatif tidak membutuhkan modal sama sekali. Yang kamu perlukan selain keahlian tersebut adalah jaringan dan pemasaran. 

Sebagai awalan, kamu bisa mulai ke orang terdekatmu, sambil memberikan pengumuman digital via media sosial dan grup chat. Jika jasa dan pelayananmu memuaskan, nantinya pelangganmu akan membantumu memasarkan kursusmu ini. 

2. Freelance Content Writer

Perlu diketahui, menjadi seorang penulis juga sangat menguntungkan lho. Saat ini banyak sekali perusahaan yang mulai melakukan strategi digital marketing secara organik. Itu mengapa banyak sekali penulis yang dicari untuk membuat konten marketing. 

Tapi sebelum kamu mencoba bisnis ini, pastikan kamu sudah memiliki banyak referensi artikel yang sedang trend saat ini. Kamu juga perlu mempelajari sedikit demi sedikit teknis di dunia digital marketing seperti SEO, penggunaan tools blog seperti wordpress, dan lain sebagainya. 

Jangan khawatir, semua itu bisa dipelajari secara otodidak melalui internet. Jika kamu fokus dan bisa memenuhi kebutuhan perusahaan, kamu bisa mendapatkan bayaran yang sangat menggiurkan. 

3. Membuat Konten YouTube

YouTube merupakan sebuah situs berbagi video yang sangat populer di Indonesia, kabarnya para pengguna youtube di Indonesia sendiri sudah mencapai 50 juta lebih, yang akses di smartphone pada setiap bulannya.

Dengan user sebanyak itu, kamu bisa memanfaatkan nya untuk memulai bisnis online dengan menjadi seorang youtuber. Dari satu video saja, jika performance-nya bagus, kamu akan mendapatkan uang yang tidak heni-hentinya. 

Untuk itu perlu diketahui juga video jenis apa yang banyak disukai penonton, misalnya video tutorial, pembahasan suatu masalah, unboxing, dan lain-lain. Namun yang perlu kamu ingat, untuk menjadi seorang content creator, kamu perlu memperhatikan konsistensi. 

4. Buka Toko Online

Toko online bukan berarti kamu harus membuat produk sendiri ataupun menyetok produk. Untuk kamu yang bermodal minim, kamu bisa mulai menjadi dropshipper. Jika modal sudah mulai tumbuh, kamu bisa meningkat menjadi reseller dengan menyetok produk untuk mendapatkan profit yang lebih besar. Namun jika pada dasarnya kamu sudah memiliki produk sendiri, selain lewat toko offline, kamu pun perlu memanfaatkan platform digital untuk memasarkan produkmu.

Salah satu caranya bisa memanfaatkan media sosial, aplikasi marketplace, ataupun memanfaatkan Website Usaha dari aplikasi Qasir. Dengan Website Usaha, kamu bisa memiliki katalog digital dan Bio Link dengan harga yang sangat terjangkau. Jika kamu sudah punya toko online, maka jangkauan pembelimu bisa semakin luas, usahamu tidak ketinggalan jaman, brand kamu juga semakin dikenal.

5. Affiliate Marketing

Ini yang sedang populer saat ini. Affiliate marketing adalah sistem bisnis di mana suatu produsen yang mengiklankan produk atau jasanya akan memberikan komisi pada orang atau perusahaan lain yang membantu mempromosikan iklan tersebut. Komisi akan diberikan kepada publisher ketika sudah terjadi transaksi ataupun action, tergantung dari jenis produk yang diiklankan. Komisi ini disebut Cost-per-Action (CPA).

Menjadi publisher di bisnis affiliate marketing ini tidak hanya untuk kamu yang sedang membutuhkan pekerjaan, tapi juga cocok untuk yang saat ini sedang menjalankan Work from Home dan ingin mendapatkan pemasukan tambahan. 

Kebutuhan utama menjalankan affiliate marketing adalah komputer/laptop yang terkoneksi dengan internet, lalu tinggal bergabung ke situs jaringan affiliate marketing yang terkemuka dan terpercaya. 

Apa pun usaha yang kamu pilih, pastikan kamu selalu memisahkan pemasukan dari bisnis dan keuangan pribadimu. Kamu juga perlu memiliki catatan transaksi yang tertib dan bisa dipantau kapan saja. Untuk itu kamu bisa menggunakan aplikasi Qasir. Aplikasi Qasir bisa kamu gunakan secara gratis selama kamu butuhkan. Download gratis di sini

Baca juga:

 






 

Share artikel ini