Inspirasi

Mesin Kasir Digital Mana yang Pas Buatmu? Cek di Sini!

31 Dec 2019, Ditulis oleh Putri Anggia

Mesin Kasir Digital Mana yang Pas Buatmu? Cek di Sini!

Mesin kasir atau biasa disebut dengan istilah cash register adalah perangkat elektronik sekaligus mekanik yang berfungsi untuk mencatat serta menghitung transaksi penjualan di suatu toko ataupun badan usaha lainnya, seperti di supermarket, restoran, dan masih banyak lagi. Banyak fungsi dari mesin tersebut tidak hanya untuk pencatatan dan penghitungan transaksi.

Penemu dan pencipta cash register adalah James Jacob Ritty. James menemukan mesin ini setelah Perang Saudara Amerika. Dirinya bermaksud untuk menghentikan karyawan dari mencuri keuntungan. Akhirnya Ritty model pertama ditemukan pada tahun 1879 dengan inspirasi alat penghitung yang terdapat pada kapal uap. Dibantu oleh saudaranya, John Ritty, James mematenkan penemuan tersebut pada tahun 1883.

Awalnya fungsi mesin kasir cukup sederhana, hanya mekanis dan tanpa adanya tanda terima. Karyawan akan menelepon ketika me-register transaksi, lalu saat total kunci didorong maka bel berdering untuk memberitahukan manajer bahwa ada penjualan yang tengah berlangsung.

Tidak lama usai dipatenkan, dua bisnis yang harus dijalankan membuat James kewalahan. Akhirnya James menjual paten bisnis kasir tersebut kepada Jacob H. Eckert dari Cincinnati, seorang pedagang porselen serta barang pecah belah, hingga akhirnya ia mendirikan Perusahaan Manufaktur Nasional.

Namun pada tahun 1884 perusahaan tersebut dijual oleh Eckert kepada John H. Patterson sehingga berganti nama perusahaan menjadi National Cash Register Company. Dilakukan juga peningkatan fasilitas kasir, yakni menambah gulungan kertas yang berfungsi sebagai tanda terima untuk mencatat transaksi penjualan.

Awalnya tanda terima atau yang kita kenal dengan sebutan struk berfungsi untuk melindungi pemasukan kas. Sehingga dari tanda terima, pemilik usaha dapat memastikan harga untuk pelanggan sudah sesuai. Selain itu, tujuannya agar tidak ada penggelapan transaksi kas ke dalam laci mesin kasir.

Akhirnya, pada tahun 1906, Charles F. Kettering yang bekerja di National Cash Register merancang kasir dengan motor listrik. Rancangan tersebut menjadi cikal bakal mesin kasir modern yang dipakai hingga sekarang.

Seiring perkembangan teknologi, mesin kasir jadi semakin canggih dan semakin ringkas. Semua mesin kasir yang beredar saat ini sudah menggunakan teknologi digital, baik itu berbasis Android, iOS, maupun software lainnya.

Kamu gimana? Masih pakai mesin kasir jadul di toko kamu? Ayo beralih ke mesin kasir digital. Selain karena fungsi dan kepraktisaanya, mesin kasir digital memiliki keunggulan yang bikin usahamu makin CUAN. Menggunakan perangkat kasir digital untuk mendukung aplikasi POS Qasir kamu sangat bermanfaat untuk bisnis kamu.

Sebagaimana kita ketahui, alat mutakhir dan teknologi digunakan untuk menyederhanakan pekerjaan kompleks yang selama ini menjadi kendala. Dengan teknologi, kita bahkan bisa melakukan pekerjaan beberapa orang hanya dengan satu aplikasi. Khusus untuk teknologi point of sale (POS), tidak hanya akan membantu mengelola penjualan dan inventaris sehari-hari, tetapi juga dapat membantu mengembangkan bisnis dengan mudah, bahkan dapat memberikan analisa usaha dari laporan otomatis.

Berikut 8 manfaat utama menggunakan alat kasir digital dan aplikasi Qasir untuk bisnis kecil kamu.

1. Mengurangi Waktu untuk Administrasi

‍Perangkat lunak POS yang dilengkapi dengan perangkat yang tepat dan efektif dapat memangkas waktu banyak mulai dari pemesanan, transaksi, pembayaran, dan pencatatan lainnya. Dari pencatatan ini, kamu bisa dengan mudah membuat strategi usaha.

Sangat penting juga untuk memiliki alat kasir digital yang mudah diinstal, aktif, dan mudah digunakan. Sistem tempat penjualan yang efisien akan mengurangi jam yang dihabiskan untuk administrasi dan waktu luang bagi pemilik untuk mengerjakan 'bisnis' mereka, bukan 'dalam' bisnis mereka.

2‍. Meningkatkan Keuntungan Usaha

Dengan menggunakan alat kasir digital maka kamu memiliki kemampuan untuk meningkatkan profitabilitas toko. Bagaimana bisa? Ini karena manajemen inventaris kamu jadi akan lebih efektif. Perhitungan penjualan juga lebih akurat. Selain itu, dengan alat khusus POS (tidak bercampur dengan aplikasi lain di luar bisnis), kamu bisa merekam banyak hal dari usaha/bisnis kamu, termasuk perilaku pembeli. Ini tentu berguna dalam menjalankan campaign atau promo pemasaran yang ditargetkan, yang pada akhirnya akan meningkatkan penjualan dan profit usaha.

3‍. Sistem Kontrol Stok

P‍OS Qasir telah dilengkapi fitur manajemen inventaris. Ini penting untuk bisnis kecil apa pun, untuk memastikan kamu mengetahui stok secara realtime. Sistem manajemen inventaris memungkinkan kamu membuat keputusan order pesanan yang lebih efisien dan cerdas, bukan hanya berdasarkan data stok yang tersedia, tetapi juga pada perilaku pembeli dan data historis.

4. Hemat Tempat, Energi dan Biaya

Mesin kasir digital masa kini menggunakan baterai yang recharge-able, memiliki dimensi yang ringkas, dan mudah dipindah-pindahkan. Harganya pun sangat terjangkau dibanding dengan fungsi yang kamu dapatkan. Dengan berinvestasi membeli perangkat kasir digital, sebenarnya kamu telah berhemat untuk jangka panjang. 

Mesin kasir mana yang paling cocok buat saya?

Kalau kamu sering melihat mesin kasir digital yang ada di website Qasir atau di Instagram Qasir, kamu pasti sudah akrab dengan beberapa perangkat ini: Printer Zijiang, Sunmi D2 Mini, BellaV, iMin dan Samsung Tab A8.  Nah, sekarang Qasir akan berikan review untuk beberapa perangkat berikut ini. 
 

1. iMin 203


Imin 203 memiliki desain yang begitu atraktif. Layarnya memiliki ukuran 5,5 inci dengan resolusi 720x1280. Dengan dibekali RAM 2GB dan ROM 16GB, kamu nggak perlu kuatir data produk dan penjualan kamu bakalan nggak muat di dalamnya. Alat ini juga dilengkapi modul NFC, fitur komunikasi jarak dekat, dan  dibekali printer dari Japanese Seiko yang berkecepatan tinggi. Alat ini diklaim mampu mencetak hingga 100 milimeter  per detik.

Selain itu, iMin 203 juga mendukung sistem operasional Android, sinyal 4G dan tangkapan Wi-Fi. Baterainya memang hanya 2600 mAh, tapi dengan daya 7.4V, kamu nggak perlu takut kehabisan daya dalam waktu singkat. Hemat daya banget!

Ada lagi, iMin 203 terbilang lebih mungil dari mesin kasir sekelasnya. Dimensinya hanya 207,5x80x30,5 milimeter dengan berat cuma 435 gram. Saat menggengam alat ini, dijamin, kamu nggak akan nyangka deh kalau dia punya kemampuan yang luar biasa.

Berikut spesifikasi resmi dari website iMin. 

Processor                                                     M2-202: Quad-core ARM Cortex-A35 1.3GHz; M2-203: Quad-core ARM Cortex-A53 1.28GHz

Operating System                                        Android 8.1 iMin OS

Storage                                                         RAM: 1GB/2GB, ROM: 8GB/16GB

Display                                                          5.5″ 720×1280

Touchscreen                                                 Capacitive touch screen, Multitouch Screen

Connectivity                                                  M2-202: Wi-Fi:802.11 b/g/n, Bluetooth 4.2, NFC(Optional); M2-203:Wi-Fi:2.4GHz/5GHz, 802.11 a/b/g/n, Bluetooth 4.2, GPS/GSM/4G LTE, NFC(Optional)

Peripheral Ports                                           USB Type-Cx1(Support OTG), 3.5mm Audio Jackx1, TF Cardx1(up to 64GB), POGO PIN(6PIN), Psam Cardx1(NFC Version), Micro SIMx1(M2-203)

Bluetooth                                                       BT4.2, GPS/GSM/4G LTE, NFC(Optional)

Power Adapter                                               Input:100-240V  Output:5V 2A

Physical key                                                   Power Key;Volume Up Key, Volume Down Key

Loudspeaker                                                  1.5W Mono

Camera                                                           Support scanning pay 5M, AF, GC5025, Flash, Micro-pitch

Printer                                                             Fastest print speed 100mm/s, Support width 58mm, 40mm diameter paper roll

Scanner                                                          Barcode,QR Code

Battery                                                            7.4V 2600mAh

Weight                                                            435g

Dimension                                                      207.5x80x30.5mm

Certification                                                   CE IMDA

2. SUNMI D2 Mini

 

Berbeda dengan iMin 203 yang berukuran kecil mirip seperti smartphone, SUNMI D2 Mini memiliki ukuran yang lebih besar layaknya tablet pada umumnya. Seperti apa keunggulannya?

1. Konfigurasi sistemnya bukan kaleng-kaleng

Sunmi D2 Mini adalah salah satu mesin POS terbaik yang hadir dengan konfigurasi sistem berikut: CPU menggunakan CPU Quad-core Processor dengan memory
2GB RAM+8GB ROM. Cocok untuk kamu yang memiliki usaha dengan jumlah produk banyak dan bervariatif.

2. Layar yang bagus

Tahukah kamu jika tampilan layar mesin kasir Sunmi D2 Mini yang berukuran 10,1 inci HD dan Customer Display 4.3" WVGA, amat nyaman di mata dan memudahkan transaksi kamu. Kamu bisa lihat tampilan produk kamu serta fitur-fitur yang ada di aplikasi Qasir dengan lebih jelas. Apalagi ditambah layar kecil berisi tampilan harga yang menghadap pelanggan, dijamin bikin jualan jadi lebih menyenangkan.

Berikut spesifikasi D2 Mini dari website resmi Sunmi.

  • OS
    Android 8.1
    SUNMI OS
  • CPU
    Quad-core Processor

  • Memory
    2GB RAM+8GB ROM

  • Display
    Main Screen:10.1"HD, 1280*800
    300nits; 10 points capacitive
    touch screen
    Customer Display: 4.3"WVGA,
    800*480, 300nits

  • Wi-Fi
    2.4GHz
    Support IEEE 802.11 b/g/n

  • Bluetooth
    Support BT 2.1/3.0/4.2
    Support BLE

  • Key
    Power key
    (Lock screen button)

  • Speaker
    3W

  • NFC
    Support ISO14443 A
    ISO14443 B
    ISO 15693, MIFARE 1K/4K

  • PSAM Card
    Support Mini SIM(2FF) Card

  • External Storage Card
    Support MicroSD Card
    Max 64GB

  • Scan Code Module
    QR code, Accuracy>10mil
    Speed<0.05s, 30fps
    (Only available to the scanning version)

  • Membership Camera
    5M FF, USB port
    (Only available to the
    scanning version)

  • Printer
    Built in 58mm thermal printer
    Printing speed 160mm/s
    Printing life is 50km
    Support till rolls of 60mm OD
    Tearing paper manually

  • 4G
    Support 4G network
    (4G network is only available
    to the printer version)

  • SIM Card Socket
    1.8V/3.0V
    Micro SIM(3FF)
    (*4G network is only available to
    the printer version)

  • External Interface
    5× USB Type-A port
    1× RJ11 Serial port
    1× RJ12 cash box port
    1× RJ45 LAN port
    1× Audio jack
    1× Power port
    1× MicroUSB debug port

  • Power Adapter
    Input: AC100~240V/1.7A
    Output: DC24V/1.5A
    (Scanning Version)
    Input: AC100~240V/1.7A
    Output: DC24V/2.5A
    (Printer Version)

  • Dimensions (L*W*H)
    260*290*99mm

  • Weight
    Scanning Version: 1.81kg
    Printer Version: 1.94kg

  • Environment
    Working temperature: 0°C - 40°C
    Storage temperature: -20°C - 60°C

3. Printer Zijiang ZJ-5809

 

Zijiang zj-5809 ini adalah printer thermal yang bisa terhubung dengan gawai kamu melalui kabel usb ataupun sinyal bluetooth. Printer ini berguna untuk mencetak struk, bisa itu struk pembayaran ataupun salinan pesanan.

Jangan kamu bayangnya printer mungil ini seperti printer yang besar-besar, membutuhkan tinta di printernya untuk mencetak. Printer jenis ini hanya menggunakan teknologi pemanas untuk mengaktivasi tinta pada kertas, jadi nggak ada cerita ganti tinta atau cartridge.

 

Meskipun kecil, alat ini mampu mencetak dengan kecepatan 70 mm per detik dengan resolusi 203 dpi atau 8 titik per milimeter. Hasil cetakan pun sangat jelas dan bisa mudah terbaca. Alat ini kompatibel untuk segala jenis gawai mulai dari yang menggunakan operation sistem Windows, Android, maupun iOS dari Apple.

Dengan kapasitas batre 7.4 vdc 2000 MA, alat ini mampu standby selama 4 hari jika dicharge sampai penuh. Selain itu, mampu mencetak hingga 120 roll kertas struk. Meski harganya sangat terjangkau namun kualitasnya nggak kaleng-kaleng. Dibuktikan dengan sertifikasi CE& FCC ROHS ISO9001:2008.

Berikut ini spesifikasi lengkapnya yang dikeluarkan oleh produsen Zijiang.

Specifications
  Interfaces USB / Bluetooth 4.0
  Print Comand ESC/POS
  Print Method Thermal Line Printing
  Pirnt Speed 70mm/sec
  Resolution 203DPI (8dot/mm)
  No. of Total Dots 384 dots/Line
  Print Width 48mm
  Character Size 1.5 x 3.0mm (W x H)/3.0 x 3.0mm (W x H)
  Print Font 12 x 24; 24x 24
  Compatible OS Windows Systems ; Android & IOS Operate Systems
  Paper
  Type Roll Paper
  Width 57.5± 0.5mm
  Roll Diameter φ≤40mm
  Paper Thickness 0.06-0.08mm
  Electrical
  Battery 7.4VDC/2000mA
  Charging mode DC 5V/2A
  Standby Time 4 days after fully charged
  Continuous Printing 120 pieces Thermal Roll for fully charged battery
  Physical
  Dimension 112*83*54mm
  Unit Weight 440g (including accessories: lithium-ion batteries, cable, test paper)
  Carton Size 47x38x34cm
  GW per carton 18kg (40pcs/CTN)
  Environmental
  Temperature Working: -10 to 50 Degrees
  Humidity Working: 10%-90%
  Warantty 12 months at least
  Certificates CE& FCC ROHS ISO9001:2008

4. BellaV Z91M

Ini adalah salah satu mesin kasir digital portabel yang sangat banyak peminatnya. Pertama, karena ukurannya kecil dan bisa ditenteng-tenteng. Jadi misalnya kamu punya usaha resto atau cafe, dan pelanggannya mau bayar di meja, pas banget nih kalau kamu punya yang model ini.

Yang kedua karena harganya. Untuk alat sekelasnya, BellaV seri ini ini terbilang kompetitif dengan fitur dan fungsinya juga nggak kalah sama yang mahal. Langsung aja ya kita lihat, apa aja sih spesifikasi dan keunggulan alat ini?

BellaV Z91M ini memiliki nama lain All in One-Android Bluetooth Thermal Printer. Disebut all in one, soalnya emang alat ini komplit banget. Dengan operating system Android seri 9.0 atau Android Pie, alat ini secara sistem sudah sangat kompatibel dengan teknologi terbaru. Apalagi untuk update-update aplikasi Qasir versi terbaru, dijamin nggak bakal bikin lemot.

BellaV Z91M ini juga sudah dilengkapi dengan NFC jadi kamu bisa cek uang elektronik atau e-Money, bahkan bisa mengisi ulang. RAM-nya 2 GB dengan memory 16 BG. BellaV Z91M ini juga memiliki display touch screen yang besar, yaitu 5,5 inch. Ini membuat si alat mungil ini keliatan modern dan up to date banget secara tampilan. Bukan hanya gede, layarnya juga memiliki kualitas resolusi yang mumpuni yaitu 1280x720 pixel. BellaV Z91M mendukung kertas termal printer 58mm dengan lebar kertas 40 mm dan memiliki 2 slot SIM card. Juga dilengkapi slot micro USB OTG, juga kompatibel dengan USB 2.0. Alat ini juga bisa menangkap sinyal wi-fi dengan baik, bisa bluetooth, dan memiliki batre yang powerful yaitu 5600 mAH.

Karena kemampuan mobilitasnya, alat ini cocok untuk usaha F&B, retail, butik, jasa, bahkan online shop yang ingin memiliki mesin kasir namun nggak mau yang mahal-mahal. 

Untuk mendapatkan semua perangkat yang ada di artikel ini, kamu bisa membuka toko Qasir di marketplace kesayangan kamu seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, Bukalapak dan Bhinneka. Kamu juga bisa membeli secara langsung pada tenaga penjual kami dengan menghubungi nomor-nomor berikut:

Hubungi Agung Qasir
Hubungi Timothy Qasir

Baca juga:

 

 

Share artikel ini