Promo Qasir

Ingin Menambah Franchisee? Yuk, Gabung di Ekosistem Qasir!

14 Jul 2021, Ditulis oleh Bentangku

Ingin Menambah Franchisee? Yuk, Gabung di Ekosistem Qasir!

Punya usaha franchise dan berada di Indonesia, kamu perlu bersyukur. Sebab, International Franchise Attractiveness 2020 dari University of New Hampshire Amerika Serikat menyebut potensi pasar Indonesia untuk bisnis waralaba, berada di urutan ke-14 dengan skor indeks 41,19.

Kompas.com melansir, hal ini berkat penduduk Indonesia yang berjumlah 267 juta jiwa.

Sementara, secara umum, potensi pasar NKRI menempati urutan keempat dari 131 negara.

Tak heran jika usaha franchise berkembang pesat di Tanah Air. Oleh karena itu, kamu tak perlu ragu untuk mengembangkan bisnis waralaba, BossQ.

Keuntungan Jika Franchise-mu Berkembang

Banyak untung yang bakal kamu dapat ketika jumlah franchisee bertambah. Pertama, tentu keuntunganmu bertambah meski harus membaginya dengan mitramu dengan proporsi yang telah disepakati sebelumnya.

Kedua, keterbatasan danamu bakal teratasi. Kamu tak perlu pusing mencari modal untuk membuka outlet baru. Sebab, modal pembukaan outlet, modal kerja, dan biaya perizinan ditanggung oleh franchisee.

Ketiga, keterbatasan sumber daya manusia yang kamu hadapi juga dapat teratasi ketika kamu ingin melebarkan sayapmu usahawan. Selain itu, kamu tak perlu repot-repot pengelolaannya.

Cara Agar Franchise Berkembang

Lalu, bagaimana cara menambah franchisee agar franchisemu bisa berkembang?

1. Punya Ciri Khas Usaha

Sebagai pengusaha, kamu dituntut cepat mengetahui peluang yang ada. Juga ide atau gagasan baru untuk mengembangkan peluang-peluang yang ada. 

Wirausaha harus memiliki rasa percaya diri dan keberanian untuk dapat mengembangkan usahanya. Oleh karena itu, dibutuhkan seorang wirausahaan yang disiplin bermotivasi tinggi terhadap usahanya.

Nah, jika ingin franchisemu berkembang pesat, kuncinya adalah kreatif dan inovatif. Oleh karena itu, pastikan usaha waralabamu, punya ciri khas sebelum menambah jumlah franchisee.

Kompas.com menyebut, produk yang memiliki daya tarik pasar dan bisa bertahan dalam jangka waktu panjang adalah salah satu faktor franchise milikmu dilirik investor, dalam hal ini franchisee.

Sejumlah produk memiliki masa jual yang pendek, fasyen misalnya. Jadi, kamu harus memutar otak untuk menentukan konsep produk. Yang jelas, produk itu harus memiliki keunikan tersendiri dan tidak mudah ditiru.

Produk unik, mampu menarik pasar. Keunikan ini pula yang menjadi pembeda usahamu dengan franchise yang ditawarkan pengusaha lain.

2. Siapkan Sistem yang Sempurna

Sebelum menawarkan franchise milikmu, cek ulang dulu sistem waralabamu. Sebab, ada yang menyebut, mayoritas usaha franchise gagal karena sistem yang memiliki banyak kekurangan.

Sistem yang dimaksud ini antara lain terkait dengan poin tanggung jawab franchisee, operasi, manajemen, kualitas dan konsistensi, standar layanan pelanggan, harga, dan pembagian fee.

Memiliki waralaba yang terorganisir dan dikelola dengan baik, bisa membantumu merekrut franchisee yang andal. Juga menjadi model yang kuat agar franchisee tetap bertahan dari awal hingga akhir kontrak.

Ada baiknya, kamu berdiskusi atau meminta bantuan kepada orang yang mengerti soal ini. Terutama hal-hal yang terkait hukum.

3. Buat Keuntungan yang Bertumbuh

Keuntungan yang bertumbuh merupakan unsur yang pasti menjadi pertimbangan calon franchisee untuk menjadi mitramu. Sebab, keuntungan yang bertumbuh merupakan indikator bisnismu mampu menjadikan kestabilan dan keuntungan bagi mereka.

Oleh karena itu, usahakan mencetak keuntungan bertumbuh dalam laporan keuanganmu. Tentukan target dan penuhi target itu. Lalu, naikkan target pendapatanmu dalam kurun waktu tertentu setelah target awal tercapai dengan mudah.

4. Siapkan Kantor Offline

Menyiapkan kantor offline bisa menjadi salah satu cara menarik perhatian franchisee. Dengan adanya kantor, usaha waralaba kamu akan terlihat profesional.

Selain itu, kantor offline pun bisa menjadi tempat bagi franchisee untuk singgah dan bertanya mengenai usaha yang mereka jalankan.

Kantor offline juga menjadi sarana buat kamu menampilkan peningkatan teknologi terbaru dan alat-alat back-office yang dapat membantu franchise merasa bahwa kantor pusat membantu mereka.

5. Membuat Prospek Bisnis

Kenapa membuat prospek bisnis? BossQ, prospek bisnis diperlukan agar calon franchisee mampu melihat prospek positif ketika bermitra denganmu.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, prospek berarti kemungkinan atau harapan. Sementara, bisnis adalah usaha komersial dalam dunia perdagangan; bidang usaha; usaha dagang.

Secara sederhananya, prospek bisnis adalah harapan usaha komersialmu ke depannya. Kredibilitas usaha waralabamu bakal tercermin di sini.

Isi dari catatan prospek bisnis hampir sama dengan proposal bisnis. Buat serealistis mungkin. Memasukkan data dan hasil riset dengan bukti-buktinya.

Lalu jangan lupa, kamu juga harus melampirkan contoh laporan keuangan selama periode tertentu.

Adanya prospek bisnis ini, kamu tak perlu repot menjelaskan ke calon mitra soal keberhasilan waralabamu. Sebab, data laporan keuanganmu lah yang akan berbicara.

6. Gabung dengan Ekosistem Qasir

Untuk mempermudah bisnis waralabamu terakses oleh calon franchisee, kamu bisa gabung di Ekosistem Qasir. Qasir sebagai sistem point of sale yang diciptakan untuk membantu usahawan.

Nah, ketika kamu sudah mendapat calon pembeli waralaba, buruan ajak mereka untuk menggunakan Qasir dan nikmati 5-20 persen komisi dari setiap transaksi pembeli waralabamu. Kamu juga bisa mendapatkan promosi untuk franchisemu secara gratis melalui Ekosistem Qasir.

Mengapa Qasir?

Fitur-fitur sistem point of sale Qasir dapat mempermudah operasional bisnis di mana pun kamu sedang berada tanpa ribet. Qasir membantumu dan mitra bisnismu untuk:

  • Mencatat penjualan
  • Mengelola produk
  • Mengawasi stok
  • Memantau laporan transaksi
  • Pengelolaan outlet cabang
  • Pengelolaan karyawan

Akses ke permodalan juga akan lebih terbuka dengan adanya validasi dari sebuah transaksi yang terjadi.

Selain itu, ada 4 manfaat yang bisa kamu peroleh ketika gabung bersama Qasir, yakni:

1. Efisien

Kamu dan franchisee bakal mendapat fitur-fitur dasar lengkap dan dapat digunakan secara gratis.

Kecuali jika kamu memerlukan fitur premium tambahan.

2. Optimal

Kamu Usahawan, bisa fokus maksimalkan pelayanan pada pelanggan. Urusan transaksi dan laporan, biar Qasir yang beresin. Asyik bukan?

3. Praktis

Laporan penjualan real time, dapat kamu cek kapan saja dan dari mana saja.

4. Hemat Waktu

Memangkas waktu transaksi 70 persen lebih cepat lho, karena fitur yang ditawarkan super mudah digunakan dan bisa dioperasikan siapa saja.

Fitur untuk Usahawan Franchise

Lalu, apa saja fitur dasar yang bisa kamu manfaatkan ketika bergabung dengan Qasir?

1. Kelola Diskon (Discount Management)

Fitur ini membantumu membuat berbagai program diskon untuk pelanggan secara otomatis.

2. Pengaturan Struk Tambahan (Additional Receipt Setup)

Fitur ini akan mengatur struk transaksi sesuai dengan branding merchant.

3. Website Usaha (Business Website)

Ini bakal menjadi salah satu alat promosimu, yakni sebuah laman yang berisi semua informasi bisnismu, lengkap dengan tautan media sosial dan pasar, serta katalog produk. Website ini juga dilengkapi dengan tombol beli yang terhubung langsung dengan nomor WhatsApp merchant.

4. Catatan Tambahan (Additional Notes)

Fitur ini mencatat catatan tambahan di setiap pesanan pelanggan.

5. Laporan Penjualan Otomatis (Automatic Email Report)

Merchant dapat secara otomatis menerima laporan penjualan secara berkala di email mereka dengan adanya fitur ini.

6. Cetak Tiket Pesanan (Print Order Tickets)

Fitur ini memudahkanmu mencetak sebuah salinan orderan konsumen langsung dari dapur atau gudang. Fungsinya, untuk mencatat order secara akurat dan cepat.

7. Ringkas Struk (Shorter Receipt)

Struk dicetak dengan layout padat sehingga pedagang dapat menggunakan lebih sedikit kertas melalui fitur ini.

8. Absensi (Employee Attendance)

Detail kehadiran karyawan dapat terpantau dan tercatat oleh pemilik bisnis.

Baca juga:

Share artikel ini