Studi Kasus

Sebelum Membuat Bisnis Cafe, Pahami Perbedaan Barista dan Bartender!

05 May 2023, Ditulis oleh Alya

Sebelum Membuat Bisnis Cafe, Pahami Perbedaan Barista dan Bartender!

Seringkali orang salah mengetahui perbedaan barista dan bartender. Namun, bagi kamu yang mau membuat bisnis cafe wajib mengetahui perbedaan barista dan bartender ini.

Kenapa sih kamu harus tahu? Karena salah satu dari keduanya akan sangat dibutuhkan oleh bisnis coffee shop kamu. Selain itu kamu nggak mau kan salah membuat info lowongan kerja? Sebelum kita lihat perbedaan barista dan bartender, simak pengertiannya terlebih dahulu yuk!

 

 

Di mana sih Letak Perbedaan Barista dan Bartender dari Segi Pengertian?

Bisa dibilang barista adalah seorang profesional yang terlatih dalam membuat dan menyajikan kopi dan minuman panas lainnya. Sedangkan bartender adalah seorang profesional dalam industri minuman yang terlatih dalam membuat dan menyajikan minuman beralkohol.

Nah dari sini aja kamu udah tau dong perbedaan barista dan bartender secara garis besarnya? Yuk kita bedah lebih dalam perbedaan barista dan bartender di bawah ini!

 

7 Perbedaan Barista dan Bartender

 

1. Jenis Minuman yang Disajikan

Perbedaan barista dan bartender yang pertama adalah job desc yang berbeda. Barista memiliki tanggung jawab untuk membuat dan menyajikan minuman terutama kopi. Berbeda dengan bartender yang memiliki tanggung jawab untuk meracik dan menyajikan minuman beralkohol. Jadi jelas ya, perbedaan barista dan bartender yang paling utama adalah jenis minuman yang disajikan.

 

2. Bahan Baku

Bisa dibilang perbedaan barista dan bartender itu terletak pada bahan baku yang digunakan. Tadi sudah dibahas sedikit mengenai jenis minuman yang disajikan oleh keduanya yang berbeda. Barista umumnya menggunakan bahan baku yang kebanyakan non-alkohol seperti biji kopi, teh, susu, sirup gula, dan sebagainya. Sedangkan bartender menggunakan bahan baku utama yaitu alkohol.

 

3. Keterampilan yang Dibutuhkan

Dikarenakan perbedaan barista dan bartender ini cukup mencolok, maka keterampilan yang dibutuhkannya pun sangat berbeda. Barista diharuskan memiliki kemampuan menggiling, menyeduh, mengolah minuman kopi. Selain itu, mereka juga diharuskan punya keterampilan dalam mengukur bahan-bahannya agar tersaji minuman kopi yang nikmat dan sempurna.

 

 

Berbeda dengan bartender yang wajib memiliki keterampilan meracik minuman alkohol dengan baik. Bartender juga harus mempunyai pengetahuan minuman alkohol yang luas. Hmm, terlihat jelas ya perbedaan barista dan bartender ini tak hanya soal bahan baku, tapi juga keterampilan mengolah nya.

 

4. Tempat Kerja

Perbedaan barista dan bartender selanjutnya adalah tempat kerja. Barista umumnya bekerja di kafe, restoran, atau toko kopi. Sedangkan bartender bekerja di bar, pub, atau restoran. Kalau kamu mau membuat cafe, tentunya sudah tahu harus mencari yang mana ya. Apalagi kamu sudah tahu perbedaan barista dan bartender ini.

 

5. Pelanggan

Perbedaan barista dan bartender bisa dilihat dari pelanggannya. Umumnya, barista memiliki spesifikasi pelanggan dengan range usia yang lebih beragam dan penikmat minuman hangat terutama kopi. Bartender sebaliknya, dikarenakan peraturan pemerintah yang cukup ketat mengenai konsumsi minuman beralkohol maka penikmatnya lebih sempit dan sudah tidak dikategorikan sebagai underage.

 

6. Jam Kerja

Biasanya cafe memiliki jam operasional yang lebih lama dibandingkan dengan bar ataupun pub. Tak jarang cafe bisa buka 24 jam. Tidak seperti bar atau pub yang buka dari sore hingga dini hari.

Karena itulah perbedaan barista dan bartender ini bisa terlihat dari jam kerjanya. Barista seringkali diberikan beberapa shift yang lebih acak, pagi, siang, atau malam. Sedangkan bartender biasanya mengikuti jam buka bar atau pub.

 

7. Tambahan Job desc

Meskipun tidak tertulis ada lho tambahan tanggung jawab yang harus diperhatikan dari keduanya. Perbedaan barista dan bartender dari segi tambahan job desc-nya ini jauh berbeda. Kalau barista, memiliki tanggung jawab untuk membersihkan alat-alat yang digunakan.

Bartender memiliki tanggung jawab tambahan yang lebih banyak. Selain membersihkan alat-alat yang digunakan, mereka juga harus memastikan bahwa pelanggannya sudah cukup usia untuk mengkonsumsi alkohol.


Gimana-gimana, sekarang sudah tahu perbedaan barista dan bartender kan? Sebagai orang yang mau memulai bisnis coffee shop tentunya kamu perlu mencari barista yang tepat ya. Kalau sudah tahu perbedaan barista dan bartender, sekarang tinggal buka usaha cafenya deh! Jangan lupa untuk menggunakan aplikasi Qasir agar semakin mudah mengelola usahanya ya!

#Qasir

 

 

 

Share artikel ini