Tips

20 Ide Bisnis Makanan untuk Ramadhan 2023, Dijamin Laris Manis!

04 Apr 2023, Ditulis oleh Alya

20 Ide Bisnis Makanan untuk Ramadhan 2023, Dijamin Laris Manis!

Ramadhan 2023 sebentar lagi tiba! Ramadhan merupakan bulan suci umat Muslim yang dijalankan selama sebulan. Momen Ramadhan ini selain bisa kalian jadikan ajang untuk beribadah lebih giat, kalian juga bisa lho menjadikannya kesempatan untuk berjualan makanan dan minuman.

 

Kenapa sih harus makanan dan minuman? Pasalnya, makanan dan minuman merupakan produk yang permintaannya tinggi di ramadhan sebelumnya. Tidak menutup kemungkinan juga akan laku keras di ramadhan 2023 ini. 

 

Tapi karena banyak yang jualan, maka banyak yang saingannya dong? Jangan khawatir, yuk simak tips dan ide bisnis berikut untuk mengetahuinya!

 

Tips Berbisnis Makanan dan Minuman di Ramadhan 2023

 

1. Pastikan Stok Bahan Makanan Aman

 

Dilansir dari amartha.com, sebelum menjalankan bisnis makanan di Ramadhan 2023, ada baiknya kalian memastikan jumlah dan harga stok kepada supplier. Pastikan juga, harganya tidak akan naik saat Ramadhan. Hal ini mampu mencegahmu mendapatkan harga yang naik saat Ramadhan.

 

2. Buat Paket Berbuka

 

Pandemi sudah mulai berakhir, orang-orang sudah mulai merayakan buka bersama di luar lagi. Ini bisa kalian jadikan kesempatan untuk membuat paket berbuka untuk porsi beberapa orang. Hal ini mampu menarik calon customer. Pastikan, paketnya good deal agar banyak yang tertarik ya!

 

3. Berikan Layanan Pesan Antar

 

Peluang bisnis yang bisa kalian terapkan saat Ramadhan 2023 nanti adalah, dengan memberikan layanan pesan antar sendiri. Terkadang, orang malas untuk berbuka di luar atau mencari makan di luar menjelang berbuka. 

 

Karena apa? Rame, ngantri, macet, dan sebagainya. Nah kalian bisa memberikan layanan pesan antar, sekalian menambah penghasilan selain dari berjualan makanannya kan?

 

4. Buka di saat Sahur

Kebanyakan orang berjualan saat berbuka, padahal saat sahur orang juga banyak yang kelabakan mencari makanan. Kalian bisa berjualan saat sahur untuk memperbanyak customer lho!

 

5. Menawarkan Menu yang Beragam

 

Jika ada menu takjil, minuman segar, sekaligus makanan berat untuk berbuka dalam satu tempat, tentunya buat orang-orang jadi nggak repot pergi ke sana ke mari ya. Bayangin kalau kalian menyediakan menu beragam di Ramadhan 2023 nanti? Wah laris manis!

 

6. Memberikan Promo atau Diskon

Cara agar bisa bersaing dengan bisnis makanan dan minuman lainnya di Ramadhan 2023 ini, tentu saja dengan promo menarik. Bisa dengan membuat promo untuk pembelian paket 10 box. Selain produkmu terjual lebih cepat, pelanggan pun senang dapat promonya.

 

7. Promosi di online dan offline

Sebelum dan saat berjualan, pastikan orang-orang sadar kalau kamu 'berjualan'. Cara membuat masyarakat aware dengan bisnis makanan kamu gimana? 

 

Promosi online dan offline! Yuk, jangan lupa promosikan dulu dan sounding ke masyarakat kalau produkmu akan rilis saat Ramadhan 2023 nanti!

 

8. Bersiap Karyawan Cadangan

 

Bisnis makanan merupakan salah satu bisnis yang peluang cuannya tinggi. Namun tak hanya cuan, rasa lelahnya juga tinggi. 

 

Karena itu ada baiknya kalian mempunyai partner cadangan untuk bisnis makanan di Ramadhan 2023. 

 

Ide Bisnis Makanan di Ramadhan 2023

Berikut adalah beberapa jenis bisnis yang permintaannya cukup tinggi saat Ramadhan.

 

1. Catering

Sudah tidak diragukan lagi, saat Ramadhan 2023 nanti pasti akan digelar pengajian, buka bersama di masjid, yang mana butuh catering.

 

2. Jajanan Pasar Tradisional

Menu takjil akan mengalami permintaan yang membludak. Kalian bisa memanfaatkannya dengan berjualan jajanan pasar tradisional seperti lemper, arem-arem, mendut, dan sebagainya.

 

3. Kue kering

Kendati belum lebaran, orang sudah berlomba-lomba untuk membeli kue kering ini. Kalian bisa berjualan kue kering dengan variasi unik atau klasik seperti nastar dan lidah kucing.

 

4. Hampers

Saat Ramadhan 2023, pasti banyak orang yang akan saling kirim hampers. Kalian juga bisa lho membuat bisnis hampers ini. Apalagi produk apa saja sekarang bisa dijadikan hampers, seperti coklat. Kalian bisa membuat hampers coklat ditaruh di kotak, pita, dengan card lucu.

 

5. Makanan Kalengan

Selain kue kering, orang-orang sudah mulai menyetok makanan kalengan. Biasanya untuk dijadikan parcel atau stok saat lebaran nanti. 

 

6. Sirup

Menjelang Ramadhan 2023, iklan sirup mulai bermunculan. Itu saatnya kalian juga berjualan sirup! Sirup ini kerap digunakan untuk takjil, maupun minuman saat kumpul-kumpul keluarga.

 

7. Ketupat 

Ketupat menjadi salah satu menu makanan tradisional yang masih disantap di bulan Ramadhan hingga lebaran. Karena cara membuatnya agak ribet, kalian bisa menjadikan ini peluang untuk berjualan ketupat saat Ramadhan 2023.

 

8. Kurma

Selain ketupat, makanan yang identik dengan Ramadhan dan Lebaran di Indonesia adalah kurma. 

 

9. Segala Jenis Es 

Seringkali kita melihat banyak sekali orang yang berjualan es saat menjelang berbuka. Dan biasanya sebanyak apa pun tetap habis! Kalian bisa berjualan es kelapa muda, es teh, es buah, es campur, es kuwud, hingga es kolak saat Ramadhan 2023 nanti. Dijamin laris!

 

10. Gorengan

Menu yang diprediksi laris manis saat Ramadhan 2023 selain es adalah gorengan. Banyak sekali orang yang berbuka dengan gorengan, seperti mendoan, cireng, tahu jeletot, dan lain sebagainya.

 

11. Makanan Sehat

Kalau dari tadi kita lihat kebanyakan top menu yang disukai orang-orang saat berbuka adalah gorengan dan es yang manis. Maka, tak semua orang demikian. Orang yang menerapkan gaya hidup sehat lantas harus makan di mana? Nah kalian bisa membuat bisnis makanan sehat dari peluang ini.

 

12. Sayur Mayur Segar

Punya warung kelontong? Mulai menambahkan produk sayur mayur segar, mampu membuat ibu-ibu yang kerap memasak menu berbuka dan sahur untuk keluarganya, membeli di tempatmu!

 

13. Daging 

Salah satu bahan baku yang selalu diminati oleh kebanyakan orang, tentu saja daging!

 

14. Tempat Makan

Seperti yang sudah dibahas di atas, akan ada banyak orang yang buka bersama di luar dan pastinya butuh tempat seperti warung makan, cafe, atau restoran.

 

15. Frozen Food

Pastinya saat sahur banyak orang yang malas untuk masak yang ribet-ribet. Di sinilah peran kamu berjualan frozen food. Masak tanpa ribet, tinggal goreng, dan tahan lama!

 

16. Air Mineral dan Galon

Jangan lupa kalau air adalah komoditas utama agar manusia bisa bertahan hidup. Karena itu, berjualan air mineral dan galon saat Ramadhan 2023 sangat menjanjikan cuannya.

 

17. Jus

Selain segala jenis es, jus juga masih digemari sebagai minuman untuk berbuka puasa lho!

 

18. Jajanan Non Tradisional

Jenis gorengan high level seperti risoles mayo atau roghut, masih jadi primadona lho. Bisa terlihat dari viralnya risol mayo beberapa waktu yang lalu ya!

 

19. Buah-buahan

Buah adalah makanan dengan serat tinggi yang tak perlu ribet dimasak seperti sayur. Buat orang yang sibuk saat Ramadhan pastinya akan lebih memilih membeli buah-buahan.

 

20. Parcel

Selain hampers, sudah menjadi tradisi orang saling mengirim parcel. Biasanya parcel berisi makanan ringan, kopi, sirup, dan sebagainya. 

 

Ada banyak sekali ya ide bisnis makanan saat Ramadhan 2023 nanti. Tapi sebelum itu, kalian harus memastikan bahwa kualitas dan range harga yang kalian tetapkan oke punya sehingga membuat orang suka ya! Nah bagi kalian yang mau berjualan di Ramadhan 2023 nanti bisa lho dengan menggunakan aplikasi POS Qasir untuk mempermudah mengelola usahamu! 

 

Baca juga:

Bisnis Tanpa Modal, Mitos atau Fakta?

Macam-Macam Usaha Waralaba dengan Modal Kecil Tapi Untung Besar

Pertama Kali Pakai Aplikasi POS Qasir? Baca Dulu yang Ini!

Pantau Pegawai Bisa dari Rumah dengan Qasir Pro

10 Tips Membuat Iklan di Media Sosial Jadi Menarik, Cek di Sini!

 

#Qasir

 

Share artikel ini