Tips

Cari Franchise yang Pas Kantong dan Minatmu? Gabung di Ekosistem Qasir Yuk!

09 Jun 2021, Ditulis oleh Bentangku

Cari Franchise yang Pas Kantong dan Minatmu? Gabung di Ekosistem Qasir Yuk!

Tahun 2020 merupakan tahun yang berat. Banyak bisnis terpaksa tutup. Perusahaan besar dan kecil harus membuat keputusan sulit untuk memberhentikan karyawan. Banyak pekerja mempertimbangkan kembali karier mereka di tengah pandemi. Terjun ke bisnis adalah salah satu jalan keluarnya.

Salah satu bisnis yang tak banyak goyah diguncang pandemi adalah franchise atau bisnis waralaba. Namun, tak berbeda dengan bisnis lainnya, membuka usaha sendiri merupakan salah satu keputusan terbesar bagi sebagian orang. Oleh karena itu, harus dipertimbangkan matang-matang sebelum memulainya. Terlebih dalam mencari franchise yang pas.

Banyak hal yang perlu dicek sebelum memilih franchise, juga berdiskusi dengan sejumlah pihak. Memang, sistem waralaba memberimu berbagai kemudahan. Tapi bukan berarti tanpa risiko bukan? Biasanya, setelah investasi awal, kamu bakal diberikan pelatihan atau orientasi oleh pemilik franchise. Pemilik waralaba akan memandumu mulai dari rancangan lokasi, cara membuka dan menutup bisnis dengan benar hingga pelatihan ekstensif bagaimana menjalankan usahamu. Jadi kamu tak perlu pusing memikirkan “sistem operasional” usaha.

Forbes menyebut ada 5 alasan bisnis franchise sangat penting untuk dipertimbangkan pada 2021 ini.

1. Merek waralaba yang sukses menciptakan lapangan kerja.

Beberapa pengusaha waralaba memang terpaksa harus mengurangi tenaga kerjanya di kala pandemi. Tapi banyak juga yang masih dianggap sebagai bisnis penting di tengah masyarakat, mampu tetap buka, tetap menguntungkan, bahkan bisa memperluas dan mempekerjakan lebih banyak orang.

2. Pemilik bisnis waralaba berbisnis untuk diri sendiri tapi tidak sendiri.

Bisnis waralaba memiliki keuntungan memberikan franchisee (pembeli waralaba) sistem keberhasilan perusahaan dan tidak dibiarkan mereka sendirian mencari tahu apa yang harus dilakukan atas dasar coba-coba. Waralaba sudah memiliki struktur dan sistem pendukung yang terbukti berhasil, membuatnya lebih minim risiko daripada usaha yang dilakukan sendiri.  

3. Selama krisis keuangan atau krisis lainnya, franchisee tidak sendirian.

Menjadi bagian dari merek waralaba memberi pewaralaba tim yang solid yang dapat mereka andalkan untuk berbagi praktik terbaik dan teknik bisnis dalam menghadapi perubahan ekonomi atau sosial yang tidak terduga.

4. Penerima waralaba mendapat manfaat dari biaya yang lebih rendah melalui pembelian volume.

Kekuatan pembelian inventaris melalui jaringan yang lebih besar membantu memperlebar peluang pewaralaba untuk menekan pengeluaran.

5. Menjadi bagian dari merek waralaba nasional mempermudah usahamu dikenali orang.

Bahkan di masa-masa sulit, merek ternama lebih unggul dalam hal menarik pelanggan. Merek waralaba dikenal karena konsistensi serta kualitasnya, dan itu menghasilkan kepercayaan terhadap produk atau layanan.

Menggiurkan bukan? Tapi bagaimana caranya untuk memilih franchise yang pas untukmu?

Berikut tips memilih franchise yang Qasir rangkum dari berbagai sumber.

1. Sesuaikan dengan Modal yang Kamu Punya

Nah, ketika sudah mendapat gambaran kasar tentang jenis bisnis yang akan kamu jalankan, langkah selanjutnya adalah menentukan waralaba mana yang cocok dengan kantongmu.

Forbes menyebut, siapa pun yang tengah mempertimbangkan akan membeli waralaba, harus melihat modal yang kamu miliki.

Semua orang pasti ingin memiliki bisnis berskala besar, tapi pikirkan modal untuk operasionalnya, bukan hanya biaya untuk membeli waralaba. Kuncinya, tidak perlu memaksakan diri.

Modal bisa berasal dari tabungan, pinjaman bank, atau sumber lainnya. Jika berasal dari pinjaman bank, hitung kemampuan untuk membayarnya setiap bulan.

Tirto menyebut beberapa franchise menawarkan kredit yang cukup menggiurkan, tapi bunga yang dikenakan tidaklah sedikit. Oleh karena itu, lebih baik membuka bisnis sesuai dengan modal yang sudah ada.

2. Pilih Produk atau Jasa yang Dibutuhkan Banyak Konsumen

Salah satu tujuan bisnis adalah mendatangkan banyak konsumen. Oleh karena itu, pertimbangkan memilih franchise yang menawarkan produk atau jasa yang selalu dibutuhkan konsumen. Misal, apotek atau minimarket.

3. Jangan Mudah Percaya Cerita Sukses Orang

Banyak cerita sukses pengusaha waralaba di Tanah Air. Eits, tunggu dulu. Memang, cerita mereka bisa menjadi inspirasi dan memompa semangatmu. Namun, apapun bisnis yang kamu pilih, pasti memiliki risiko. Cara orang mengelola bisnis pun berbeda-beda, sehingga hasilnya tentu akan berbeda satu dengan yang lain.

Qasir pernah membahas soal risiko dalam berbisnis franchise. Ada empat risiko dalam usaha waralaba, yakni:

Risiko kehilangan uang.

Para franchisee umumnya harus membayarkan franchise fee sebagai persyaratan utama membeli franchise. Franchise fee bersifat non-refundable. Artinya, tidak dapat ditarik atau diambil kembali setelah dibayarkan. Franchisee harus siap menghadapi risiko kehilangan sejumlah uang yang telah dibayarkan jika ternyata franchise yang dibelinya gagal di tengah jalan.

Siap diatur secara ketat oleh franchisor.

Tidak sedikit franchisor yang menentukan aturan main dalam berbisnis, misalnya lokasi usaha, bentuk desain outlet, produk-produk atau jasa yang boleh dijual, resep dan bahan baku serta cara kamu mengelola usaha.

Produk jenuh.

Semua produk memiliki life circle. Tidak selamanya produk yang ditawarkan dalam bisnis franchise diminati oleh konsumen. Ada kalanya mengalami penurunan, bahkan ditinggalkan konsumen.

Franchisor curang.

Kamu harus berhati-hati terhadap sikap curang franchisor yang mencari untung sepihak. Oleh sebab itu, investigasi tentang kemampuan dan nama baik franchisor dalam memberikan dukungan jangka panjang adalah sangat penting. Franchisor yang baik akan membantu dan memberikan dukungan kepadamu.

4. Cek Latar Belakang Franchise Pilihanmu

Menyambung dengan risiko menghadapi franchisor curang, ada baiknya cek latar belakang franchise pilihanmu.

Bukan hanya itu, mengecek latar belakang franchise juga memungkinkanmu untuk memperhitungkan atau memperkirakan masa depan bisnis yang bakal kamu geluti. Mampu bertahan lama atau tidak.

Hal yang harus kamu cek adalah reputasi, bagaimana franchisor atau pemilik bisnis memulai usaha tersebut, juga ketahui jumlah cabangnya.

Tirto menyebut, menelusuri latar belakang franchise yang bakal kamu pilih adalah hal wajib. Selalu ingat, bisnis franchise tidak lepas dari hubungan yang baik antara pemilik franchise dan pemegang franchise, jangan paksakan diri untuk memilih track record franchise yang buruk.

5. Pahami Sistemnya dengan Benar

Setelah mengecek latar belakang franchise yang bakal kamu pilih, jangan lupa untuk memahami sistem yang ditawarkan dengan benar.

Setiap perusahaan franchise sudah memiliki standar operasional yang ketat. Hal ini untuk menjaga brand awareness. Semakin ketat dan baik sistem dalam franchise, makin layak waralaba itu untuk dipilih.

Selain sistem, pertimbang kan juga masalah fee yang ditetapkan. Biasanya franchisor memiliki aturan beda-beda dalam hal pembagian fee. Ini bertujuan agar kamu tidak merasa dirugikan di kemudian hari.

6. Gabung di ekosistem Qasir

Untuk mempermudahmu dalam memilih franchise yang pas dengan kantong dan minatmu, kamu bisa bergabung dalam ekosistem Qasir lho. Melalui ekosistem Qasir, kamu bakal mendapatkan akses ke jaringan pemilik waralaba yang terpercaya.

Mengapa Qasir?

- Pengoperasian bisnismu bakal dilakukan dengan menggunakan teknologi dan serba otomatis. Mulai dari memantau penjualan hingga transaksi dan laporan usaha bisa kamu lakukan di mana dan kapan pun.

- Kemudahan dalam pemasaran dan publikasi (digital marketing). Qasir menawarkan pemasaran dan publikasi khusus untuk mempromosi pembeli waralaba tertentu.

- Ada EduQasir. Ini merupakan program pendampingan dan pelatihan spesial dalam menjalankan usaha dengan lebih efektif.

- Kamu dapat bergabung dengan komunitas Qasir untuk berbagi, berdiskusi dan perluas koneksi dengan komunitas waralaba yang tepat.

Baca juga:  Gabung dan Dapatkan Promosi Gratis, Peluang Mendapatkan Pembeli Baru, serta Komisi Menarik!

Jika perlu informasi lebih lanjut tentang membeli usaha waralaba, kamu bisa menghubungi tim Franchise Qasir melalui WA di sini.

Baca juga:

Share artikel ini