Tips

Intip 5 Keunikan Coffee Shop yang Bisa Kamu Terapkan di Bisnismu

17 Jan 2022, Ditulis oleh peniasih rara

 Intip 5 Keunikan Coffee Shop yang Bisa Kamu Terapkan di Bisnismu

Sejak film Filosofi Kopi booming, kopi lokal mulai berjamuran. Positifnya, pilihan ngopi dan tempat nongkrong pun jadi banyak pilihan. Nah, dari segi bisnis pun menggiurkan. Sebab, selain membuat kopi dengan cita rasa yang punya ciri khas, usahawan juga bisa membuat coffee shop dengan interior kekinian.

Pasti mau dong kalau coffee shop-mu diserbu pengunjung? Nah, salah satu trik untuk memikat penikmat kopi dan viral, coba deh buat dekorasi yang instagramable. Jadi, selain menawarkan rasa kopi yang berkualitas, kamu juga bisa membuat pengunjung tertarik datang untuk menikmati vibe di coffee shop milikmu.

Lalu strategi apa lagi ya yang dapat dijadikan ide bisnis agar coffee shop terlihat unik? Simak inspirasi berikut ini, ya. Siapa tahu bisa kamu terapkan di coffee shop-mu.

1. Konsep Eco Friendly

Konsep eco friendly atau ramah lingkungan bisa jadi inspirasimu. Untuk mewujudkan konsep ini, kamu bisa merepresentasikannya nggak hanya dari segi dekorasi lho. Selain furniture yang kamu pakai berasal dari benda yang dapat didaur ulang, kamu juga bisa menanamkan nilai ramah lingkungan dalam bisnismu.

Misalnya, meningkatkan kepedulian pengunjung untuk mendaur ulang. Caranya pun harus kreatif, misalnya pengunjung yang membawa botol plastik bekas ke coffee shop akan mendapatkan diskon. Nah, peranmu sebagai coffee shop pun pelan-pelan bisa mengubah gaya hidup pelanggan untuk lebih peduli terhadap lingkungan. 

Dengan mengusung konsep eco friendly, kamu juga harus mengimplementasikannya pada kegiatan produksi, seperti menggunakan reusable coffee filter, menyediakan bamboo straw, hingga memakai sabun alami untuk mencuci piring dan gelas.

2. Menyediakan Spot Foto

Selain memiliki menu yang beragam, coba deh sediakan spot foto di coffee shop milikmu. Tujuannya tentu saja untuk menarik penikmat kopi berkunjung ke tempatmu. Ingat, zaman sekarang banyak tempat nongkrong viral di media sosial gara-gara desain interiornya yang unik. Jadi, selain kamu dapat pemasukan lebih, kamu juga dapat brand awareness di media sosial secara gratis tanpa perlu mengeluarkan dana lebih untuk promosi di Instagram atau TikTok.

3. Tampilan Packaging yang Berkesan

Walau coffee shop milikmu sudah memiliki menu yang beragam, untuk memikat anak muda yang nongkrong di cafe-mu mendapatkan kesan positif, kamu harus membuat packaging atau kemasan yang menarik.

Kalau kamu hanya memberi sebuah kopi lokal dengan kemasan yang flat alias biasa saja, bagaimana penikmat kopi bisa mengingat brand-mu? Itulah pentingnya packaging dengan desain unik atau kece, agar konsumen bisa menilai seberapa serius pemilik cafe sampai kemasan makanan dan minuman saja dipikirkan secara matang dan sangat berkonsep.

Selain itu, keuntungan lain yang kamu dapat jika mempunyai kemasan menarik adalah membuatmu terlihat berbeda dengan pebisnis kopi lainnya. Sehingga kemasan makanan dan minuman bisa menjadi identitas bisnismu. Plusnya lagi kamu bisa berpromosi lho lewat kemasan, caranya cantumkan nama brand, tagline dan nama akun sosial media coffee shop milikmu.

4. Memiliki Nama Toko yang Unik

Selain dari biji kopi yang digunakan hingga konsep interiornya, daya pikat sebuah coffee shop lainnya adalah mempunyai nama toko yang unik. Contoh nyata kopi lokal yang sukses dan memiliki nama unik adalah Tuku, Kopi Kenangan, Kopi di Bawah Tangga. 

Karena itulah penting banget untuk memikirkan nama toko secara matang. Ingat, jangan sampai asal-asalan membuat nama brand, ya. Sebab, nama sebuah bisnis yang terdengar asal, akan membuat reputasi perusahaan diragukan oleh pelanggan hingga mitra bisnis. 

Supaya dapat meninggalkan kesan kepada konsumen, nama coffee shop harus memiliki ciri khas. Syaratnya singkat, mudah diingat dan dieja. Kenapa harus singkat? Faktanya panjang pendeknya nama coffee shop berpengaruh pada popularitas website. Semakin singkat, mudah diingat, semakin tinggi pula kemungkinan pengunjung di website coffee shop-mu. Hal ini penting dipikirkan jika coffee shop-mu juga ingin go online.

5. Tampil Beda dengan Menu Andalan

Coba bayangkan posisimu sebagai seorang pelanggan. Setuju nggak keputusanmu akan kembali lagi ke suatu cafe karena punya menu andalan yang rasanya enak banget dan jauh dari rasa mengecewakan? 

Nah, mempunyai menu andalan dengan cita rasa yang spesial harus dimiliki ketika membangun bisnis kuliner. Tanpa rasa yang nikmat, bagaimana konsumen akan datang lagi ke tempatmu? Jadi usahakanlah untuk menjaga kualitas rasa menu andalanmu, ya. Kualitas rasa turun sedikit saja bisa mengecewakan pelanggan, lho.

Bagaimana, setelah membaca tips di atas, kamu sudah dapat ide cemerlang lain agar coffee shop milikmu berbeda dengan kedai kopi lainnya?

Baca juga:

Share artikel ini