Tips

Intip 5 Rahasia Sukses Jualan di WhatsApp

17 Jan 2022, Ditulis oleh peniasih rara

Intip 5 Rahasia Sukses Jualan di WhatsApp

Sadar nggak sih di zaman kini, alat komunikasi yang semakin canggih jadi sangat memudahkan kita? Bahkan nggak hanya sekadar mendekatkan dengan orang tersayang yang berjauhan, alat komunikasi juga bisa jadi solusi untuk mengembangkan bisnis.

Sebut saja aplikasi WhatsApp yang sering kita gunakan untuk chatting dan bertelepon, juga bisa kita manfaatkan untuk berjualan. Bahkan, aplikasi WhatsApp pun punya produk khusus untuk wirausahawan.

Ya, pasti kamu sudah tahu dong dengan WhatsApp Business, aplikasi gratis ini sangat membantu bisnis online dalam menjalin hubungan dengan pelanggan. Sehingga usahawan wajib banget punya nomor WhatsApp Business untuk memperkenalkan dan mempromosikan produk yang dijual demi meningkatkan penjualan.

Selain untuk berjualan, kamu juga bisa memiliki nomor WhatsApp lebih dari satu untuk digunakan sebagai pelayanan konsumen alias customer service. Wow, komplit banget ya. 

Jadi, ingin tahu rahasia sukses cara jualan di WhatssApp secara online? Simak langkah-langkahnya berikut ini. 

1. Ubah Akun Whatsapp ke WhatsApp Bisnis

Buat kamu yang saat ini masih menggunakan nomor WhatsApp pribadi, sebaiknya beralih menggunakan nomor WhatsApp bisnis. Dengan menggunakan WhatsApp Business, kamu bisa dimudahkan mempromosikan produk dengan berbagai fitur canggih yang ditawarkan aplikasi ini.

Kamu juga bisa lho menggunakan WhatsApp Business API yang terbaru. Aplikasi yang satu ini dapat terintegrasi dengan E-mail, Instagram, Facebook dan aplikasi lainnya dalam satu platform. Canggih dan nggak bikin kamu repot lagi kan?

2. Simpan Kontak Tertarget

Pernah menerima chat dari calon pembeli yang bertanya soal ketersediaan produk? Jangan sepelekan nomor calon pembeli tersebut walau ia belum membeli produkmu. Sebab bisa jadi ia akan menjadi pelangganmu di kemudian hari. Tentu saja secara otomatis ia akan menerima informasi produk terbaru atau harga diskon saat kamu mengirim informasi secara broadcast.

Jadi, dari sekarang kamu wajib mengelola kontak pelanggan potensial. Tujuannya agar kamu bisa mengirimkan pesan promosi atau memberi tahu pengetahuan produkmu kepada mereka. Siapa tahu nomor yang kamu simpan akan memborong produkmu!

3. Bikin Komunitas di Grup Whatsapp

Ketika bisnismu sudah memiliki komunitas yang kuat, kamu bisa memanfaatkan mereka untuk menjadi mitramu, lho. Apalagi jika kamu membuka sistem dropship dan reseller, wajib banget untuk membuat komunitas di grup WhatsApp.

Dengan membuat komunitas sesuai kategori, kamu dapat membangun hubungan yang kuat dengan konsumen dalam komunitas tersebut. Plusnya lagi, para dropshipper dan reseller bisa menjadi kepanjangan tangan bisnismu. Sehingga dapat meningkatkan penjualan dan pendapatan.

4. Perbarui Status dengan Konsisten

Fitur WhatsApp Stories harus kamu manfaatkan untuk promosi. Setiap harinya, usahawan wajib secara konsisten untuk mengunggah produk yang tersedia atau yang sedang diskon. Cara ini akan memudahkan calon pembeli untuk melihat lebih mudah, ketimbang mereka harus melihat katalog di grup. 

Tapi ingat, kamu harus konsisten, ya. Jangan keesokan harinya malah tidak posting stories sama sekali. Dengan rajin posting stories, kamu bisa meningkatkan brand awareness kepada pelanggan, selain itu dapat membuat mereka tertarik untuk membeli produkmu.

5. Manfaatkan Fitur Chatbot

Saat jadi konsumen, pernah dong gemes sama seller yang nggak cepat tanggap ketika kita bertanya? Nah, jika kamu menggunakan WhatsApp Business API, kamu bisa menggunakan fitur chatbot.

Cara ini diperlukan agar memberi kesan bahwa seller sigap dan responsif. Sehingga kamu nggak perlu capek membalas chat pelanggan satu persatu secara manual. Bayangkan kalau ada ratusan pesan, justru waktu terbuang begitu saja. 

Dengan chatbot, kamu bisa membuat pesan sesuai dengan kebutuhanmu. Misal menjawab pertanyaan yang paling sering ditanyakan pelanggan seperti “apakah ready stock?”. Jika kamu sering mendapatkan pertanyaan seperti ini, kamu bisa membuat pesan chatbot yang berbunyi “Hi kak, produk kita ready stock selama masih ada di katalog. Yuk langsung order.”

Setelah beberapa menit pelanggan menerima pesan chatbot darimu, kamu bisa menyapa dan menjawab pelanggan  lebih detil lagi secara langsung via WhatsApp. Kamu juga bisa memanfaatkan fitur ini sebagai direktori FAQ untuk menjelaskan metode pembayaran yang diterima, area pengiriman, dan kebijakan pengembalian.

Gimana, setelah rahasia sukses cara jualan di WhatsApp dibongkar, kamu sudah siap beralih dari nomor pribadi ke WhatsApp Business API?

Jangan lupa, untuk mencatat semua transaksi kamu, gunakan aplikasi kasir atau point of sale yang lengkap dan bisa digunakan gratis, Qasir. Tinggal download di sini! Cari tahu lebih banyak tentang Qasir di laman ini.

Baca juga:

Share artikel ini