Tips

Simak 5 Langkah yang Harus Dilakukan agar Pelanggan Makin Setia

22 Mar 2022, Ditulis oleh Bentangku

Simak 5 Langkah yang Harus Dilakukan agar Pelanggan Makin Setia

Forbes menyebut, biaya untuk mendapatkan pelanggan baru jauh lebih mahal daripada mempertahankan pelanggan yang sudah ada. Namun sayangnya pebisnis seringnya sibuk untuk mendapatkan pelanggan baru dan mengabaikan pelanggan lama. Padahal, loyalitas pelanggan adalah salah satu kunci keberlangsungan usahamu. 

Meningkatkan loyalitas pelanggan dapat memberikan 'keajaiban' bagi bisnismu. Selain meningkatkan penjualan, kamu bisa memperkuat hubunganmu dengan pelanggan dan brandingmu semakin kuat.

Seorang pelanggan yang loyal pada suatu produk, layanan, atau merek, akan rela hati menunggu restock atau membeli harga dengan harga lebih mahal. Pelanggan loyal juga biasanya membelanjakan uang lebih banyak daripada pelanggan baru. Karena mereka sudah mempercayai bisnis dan produk atau layananmu.

Pelanggan setia juga berbelanja secara rutin. Karena mereka sudah memiliki pengalaman positif dengan brandmu, pelanggan tetap cenderung berbelanja lebih sering daripada pelanggan baru.

Tak ayal, loyalitas pelanggan dapat membantumu menyusun rencana bisnis ke depan, juga keuangan dan upaya pemasaranmu. Nah, inti membuat pelanggan makin setia terletak pada kepuasan mereka akan produk atau jasamu. Mulai dari harga, pelayanan hingga kualitas.

Berikut ini, lima langkah yang bisa kamu lakukan untuk membuat pelanggan makin loyal seperti yang Qasir rangkum dari berbagai sumber:

1. Pertahankan Kualitas Produk dan Layanan

Kualitas produk adalah poin utama yang perlu diperhatikan agar konsumen tetap memercayai usahamu ketimbang kompetitor. Pikirkan ulang berkali-kali ketika mau menurunkan kualitaas barang atau jasa. Misal, harga bahan baku baik. Lebih baik naikkan harga produk atau mengurangi ukurannya.

Juga jaga kualitas pelayanan. Cara mudah untuk membuat loyalitas pelangganmu makin kuat adalah melayani kebutuhan mereka. Sebuah perusahaan dapat memiliki produk inovatif yang memukau audiens, tetapi tidak akan berkembang terlalu jauh jika gagal memberikan layanan pelanggan atau customer service yang andal.

Forbes menyebut, 73 persen bisnis yang memberikan pengalaman pelanggan di atas rata-rata secara finansial lebih baik daripada pesaing mereka. Untuk tetap menjadi yang terdepan, prioritaskan upaya layanan pelanggan dan bekerja lebih keras.

Pelanggan mengharapkan solusi cepat untuk masalah mereka. Mereka ingin berinvestasi di perusahaan yang cepat menjawab pertanyaan mereka dan menyelesaikan masalah mereka.

Kamu bisa memanfaatkan layanan chatbot ke situs bisnismu. Chatbot tersedia untuk pengguna 24 jam dalam 7 hari, jadi di mana pun pengguna berada, mereka dapat menerima bantuan di situsmu. Chatbot menggunakan kecerdasan buatan untuk memanfaatkan data dan informasi guna memberikan pengalaman pelanggan yang dipersonalisasi.

2. Memberikan Penawaran Istimewa

Berapa banyak pelangganmu yang kembali setelah pembelian pertama dan kedua mereka? Jika hanya sedikit, maka bisa jadi karena kamu tidak menghargai kunjungan berulang mereka.

Ketika ada pelanggan yang mulai rutin membeli produkmu, salah satu cara terbaik untuk melanjutkan loyalitasnya adalah dengan mengenali dan menghargainya.

Oleh karena itu, program loyalitas adalah cara yang bagus untuk menunjukkan kepada pelanggan tetap bahwa kamu menghargai dan ingin mereka terus datang kembali.

Kamu bisa memberikan penawaran istimewa berupa diskon, voucher, reward maupun cashback pada pembelian berikutnya. Cara ini juga dapat menarik perhatian konsumen baru lho.

Kamu bisa menerapkan poin ini dengan menggunakan fitur Poin Loyalitas dari Qasir Pro. Baca di sini untuk tahu lebih lanjut. 

3. Komunikatif

Jangan hanya sibuk memproduksi dan mencari keuntungan. Ingat, inti menciptakan pelanggan setia terletak pada kepuasan mereka.

Jaga hubungan baik dengan konsumen. Caranya, menerima kritik dan masukan mereka. Jangan pandang kritik dan masukan mereka sebagai hal negatif. Jadikan itu sebagai jalan untuk perbaikan yang lebih baik. Kritik dan masukan konsumen bukan untuk memperburuk citra bisnismu.

Selain itu, bisnismu dapat nilai plus jika mampu membantu calon konsumen untuk menentukan pilihan. Apabila mereka kesulitan saat hendak membeli barang, kamu bisa memberikan rekomendasi terbaik. Motivasi utamanya untuk membantu ya.

Juga perlakukan konsumen seistimewa mungkin. Ada ungkapan lama, “Pembeli adalah raja.” Itu benar adanya. Setelah mereka membeli barang atau menggunakan jasamu, mintalah umpan balik mereka. Pelanggan bakal bersedia kok untuk berinvestasi dalam bisnis yang menghargai pendapat dan wawasan mereka.

Cara yang sangat mudah untuk meningkatkan strategi loyalitas pelangganmu adalah dengan mendengar langsung dari sumbernya. Tanpa opini jujur pelanggan, butuh waktu lebih lama untuk menumbuhkan audiens yang setia. Untuk memastikan mereka menikmati pengalaman mereka dengan brandmu dan akan membeli kembali, kumpulkan feedback dari konsumen.

Ada beberapa cara untuk mendapatkan feedback ini, yakni:

  • Mengirim email survei.
  • Gunakan Social Listening. Social listening dilakukan dengan berselancar di internet, khususnya media sosial, untuk memperoleh umpan balik dari konsumen. Di masa kini, masyarakat sering kali mengekspresikan pendapat mereka di media sosial. Oleh karena itu, akan lebih mudah untuk mendapatkan opini tulus seseorang di media sosial.
  • Manfaatkan survei pop-up di situs bisnismu. Pelanggan yang tidak ada dalam daftar emailmu atau konsumen baru dapat mengisinya.
  • Meninjau transkrip chatbot dan live chat. Kamu dapat memperoleh wawasan berharga tentang kekhawatiran dan poin kekecewaan pelangganmu.

4. Libatkan Pelanggan di Media Sosialmu

Seperti yang kita bahas tadi, di era keterbukaan dan kemajuan zaman, seseorang sering kali mengungkapkan pendapatnya di media sosial. Oleh karena itu, media sosial adalah cara yang bagus untuk membangun hubungan dengan pelanggan.

Sangat penting untuk memiliki profil bisnis yang aktif di berbagai platform media sosial. Sebab, konsumen sering berbagi informasi tentang merek dan produk atau layanan.

Nah, kamu bisa memanfaatkan hal ini. Berinteraksilah dengan pelangganmu di media sosial. Buat postingan yang sesuai dengan target audiensmu. Lalu, kamu bisa merepost pendapat mereka tentang produk dan jasamu.

5. Transparan

Salah satu cara paling kuat untuk membuat pelanggan makin setia adalah menghadirkan transparansi. Sangat penting bagi penjual, sejelas mungkin memberitahukan tentang produk dan jasa yang ditawarkan sejak awal. Ini bertujuan agar konsumen tidak menyesal menggunakan produk atau jasamu.

Pada dasarnya, setiap pelanggan mengharapkan, apa yang mereka beli sama dengan yang ada di gambar atau deskripsinya.

Untuk meningkatkan kepuasan, Qasir menyediakan banyak fitur yang terangkum dalam Qasir Pro. Mulai dari membuat diskon khusus pelanggan setia, Poin Loyalitas, fitur Harga Grosir, Website Usaha untuk bantu pelanggan pesan secara online, dan masih banyak lagi. 

Cari tahu fitur-fitur Qasir Pro yang cocok untuk usahamu di sini. 

Baca juga:

Share artikel ini