Edukasi

21 Cara Membuat Copywriting Instagram yang Menarik untuk Berjualan

15 Jan 2023, Ditulis oleh Annisa

21 Cara Membuat Copywriting Instagram yang Menarik untuk Berjualan

 

Semakin majunya teknologi, semakin banyak pegiat UMKM yang memanfaatkannya untuk berjualan. Dimulai dari berjualan di website, social media, hingga e-commerce. Tak terkecuali Instagram. Instagram merupakan salah satu social media yang paling banyak dimanfaatkan untuk berjualan selain aplikasi Tiktok. Karena aplikasi Instagram ini mempunyai basis image yang mana penjual bisa memberikan foto produk mereka untuk ditawarkan. Namun, kadang bingung juga bagaimana cara membuat copywriting yang bagus untuk berjualan di Instagram.

 

Begitu juga sebaliknya, terkadang banyak sekali akun Instagram yang ‘berhasil’ karena copywriting yang digunakan tepat sasaran. Kategori berhasil ini apa sih? Biasanya kalau suatu konten dikatakan berhasil kalau mendapatkan respon yang cukup banyak (like, komen,  share, reach). Jumlah respon atau engagement ini mampu menaikkan penjualan produk. Selain itu, keberhasilan konten di Instagram juga bisa memberikan pengaruh yang positif pada website usaha lho! Karena itu, Qasir punya beberapa tips bagaimana cara membuat copywriting yang menarik untuk berjualan nih!

 

21 Cara Membuat Copywriting Instagram yang Menarik Untuk Berjualan

 

1. Jelaskan Secara Singkat Produk yang Kamu Tawarkan 

Cara membuat copywriting yang bisa membuat calon pembeli membaca sampai habis adalah informasi yang singkat tapi penuh informasi. 

 

2. Buat Tulisan yang Menyentuh Emosi

Kebanyakan orang jadi membeli bukan hanya karena butuh. Terkadang mereka membeli karena sisi emosional, misal menyentuh, membuat bahagia, dan sebagainya.

 

3. Gunakan Hashtag yang Relevan

Cara membuat copywriting yang mudah dan menjangkau banyak orang selanjutnya adalah dengan menambahkan hashtag. Hashtag yang relevan mampu memperluas pencarian akan produk kita.

 

4. Berikan tawaran khusus

Ingin tahu cara membuat copywriting yang mengajak calon pembeli setia datang ke akunmu? Tambahkan special offer seperti diskon atau potongan harga.

 

5. Tambahkan CTA 

Buat calon pelangganmu melakukan 'action' dengan tulisan, dengan cara membuat copywriting dalam bentuk CTA di akhir. Seperti: "Lihat produk-produk kami lainnya dengan tap link di bio!"

 

6. Tampilkan Masalah yang bisa Diselesaikan dengan Produkmu

Jangan menuliskan keungulan produkmu. Tapi buatlah tulisan yang menunjukkan masalah apa yang bisa diselesaikan dengan produkmu. Cara membuat copywriting seperti ini sangat mudah. Contohnya: "Tak ada waktu untuk menyapu, mesin vacuum otomatis ini siap melakukannya untukmu!"

 

7. Buat tulisan yang menarik perhatian

Cara membuat copywriting yang ini agak susah-susah gampang. Pasalnya kalian harus membuat tulisan yang menarik perhatian, tidak cuma clickbait dan nggak ada informasinya agar calon pelanggan tidak kecewa.

 

8. Emoji untuk membuat kesan casual

Tulisan kita di Instagram adalah cara kita berkomunikasi dengan pelanggan maupun calon pelanggan. Sehingga jangan buat mereka merasa terintimidasi. Cara membuat copywriting yang tepat adalah menggunakan bahasa sehari-hari dan ditambahkan emoji.

 

9. Testimoni untuk meningkatkan kepercayaan

Menaruh testimoni yang bagus mampu meningkatkan kepercayaan followers untuk membeli. Selain itu juga bisa membuat 'branding' yang bagus untuk brand atau akun jualan kalian.

 

10. Buat Instagram Stories

Kalian bisa menampilkan behind the scene yang postitif dari bisnis kamu. Cara membuat copywritingnya pun cukup mudah. Pastikan pesannya pendek dan menggugah emosi calon pembeli.

 

11. Berikan informasi yang relevan

Cara membuat copywriting yang menarik orang untuk membaca sampai habis, adalah dengan menggunakan topik pembahasan yang relevan dengan dunia mereka. 

 

12. Bikin tulisanmu unik!

Jika cara membuat copywritingmu unik dan orisinil. Maka orang-orang akan teringiang-ngiang akan brandmu. Sesuatu yang mencolok akan selalu diingat, tapi pastikan bahasanya tetap sopan ya!

 

13. Beri tahu bagusnya produkmu dibanding yang lain

Apa sih bedanya produk yang kamu tawarkan dengan yang lain? Semisal produknya premium karena terbuat dari bulu sapi pilihan. Jangan lupa untuk memasukkannya di tulisanmu ya!

 

14. Masukkan foto dan video 

Cara membuat copywriting kamu semakin dipercaya orang, adalah dengan memberikan sebanyak mungkin foto dan video produkmu. Dari berbagai angel agar semakin meyakinkan ya.

 

15. Beri space bertanya di kolom komentar

Membuka QnA di kolom komentar Instagram menciptakan kesempatan untuk berinteraksi secara langsung kepada followers. Cara membuat copywritingnya pun tidak sulit. Kalian hanya perlu bertanya seperti: "Adakah yang ingin ditanyakan mengenai produk ini? Tulis yes dan akan kami DM kalian!"

 

16. Ikuti Trend

Kita bisa ikutan trend di Instagram untuk menaikkan tingkat engagament. Cara membuat copywritingnya, dengan mengaitkan produk kita dengan fenomena yang viral. Contohnya seperti ungkapan 'kamu nanyea'. Bisa kita pakai menjadi: "Kamu nanyea apa bagusnya produk kita?"

 

17. Bikin Instagram Reels

Manfaatkan tools baru Instagram untuk promosi. Bagaimana cara membuat copywritingnya? Bisa kalian selipkan di videonya, dengan tulisan pendek yang mengajak nonton videonya di kolom caption.

 

18. Buat sneak peak jika ada produk baru

Cara membuat copywriting yang simple tapi meningkatkan antusiasme? Tulis konten sneak peak jika ada produk yang mau kamu keluarkan!

 

19. Konten yang out of the box

Tulis konten yang 'berbeda' dari biasanya agar followers tidak jenuh. Semisal dengan menggunakan meme, quotes, atau satir. Cara membuat copywritingnya pun tak jadi sulit, karena kalian tinggal menghubungkan meme atau quotes tersebut dengan produk kamu.

 

20. Pakai Instagram Shopping!

Cara membuat copywriting di Instagram Shopping ini berbeda dengan di kolom caption. Kalian harus to the point ke produknya, bukan lagi pakai bahasa mendayu-dayu yang ambigu ya.

 

21. Gaya bahasa yang konsisten

Kamu bisa membuat tulisan kamu jadi media untuk 'branding', dengan cara membuat copywriting kamu yang konsisten. Semisal kamu jualan mie ramen untuk remaja, menggunakan istilah yang gaul. Terus gunakan bahasa gaul itu, jangan tiba-tiba ganti gaya bahasa jadi formal di tengah-tengah.

 

Apakah Menulis Caption Termasuk dengan Copywriting?

Apakah menulis caption Instagram masuk kategori copywriting? Jawabannya ya! Caption merupakan salah satu copywriting yang dibutuhkan di Instagram, selain wording image. Copywriting adalah proses menulis teks yang dirancang untuk membuat pembaca melakukan 'action'. Sehingga cara membuat copywriting di caption sebaiknya mengarah pada suatu tindakan. Seperti mengarahkan untuk melihat-lihat produk ke website usaha, memencet link di bio Instagram, dan lain sebagainya. 

 

Kalau sudah merasa bagus, jangan lupa untuk selalu uji copywriting kalian kepada orang lain terlebih dahulu. Feedback dari mereka, bisa saja berguna untuk menyempurnakan copywriting yang sudah kita buat. Terakhir, pastikan kalian mengikuti trend dan perkembangan industri agar copywriting kalian tetap relevan dengan zaman. 

 

Semangat ya!

 

#Qasir

Share artikel ini