Edukasi

5 Alasan Setiap Usaha Kecil Perlu Punya Website Usaha

26 May 2020, Ditulis oleh Putri Anggia

5 Alasan Setiap Usaha Kecil Perlu Punya Website Usaha

Begitu banyak kendala yang menghambat UMKM untuk memiliki website, mulai dari teknis, wawasan yang minim tentang manfaat website, juga masalah dana.

Google Indonesia mencatat bahwa saat ini hanya 16% UMKM yang sudah mempunyai website. Padahal--Google Indonesia menambahkan--UMKM yang melek online mampu tumbuh 80% lebih cepat dibandingkan UKM non-online.

Tak hanya itu, UMKM online juga dapat tumbuh 1,5 kali lebih cepat dalam hal sumber daya manusia dibandingkan UMKM non-online.

Usahawan, masa pandemi memang masa penuh tantangan untuk para pelaku UMKM. Namun momen ini juga menjadi sebuah kesempatan untuk mengembangkan usahamu melalui kecanggihan teknologi. 

Salah satunya dengan memanfaatkan situs web untuk mengenalkan usahamu lebih luas lagi.

Manfaat Website Untuk Usaha

Setidaknya ada 5 manfaat memiliki website untuk usaha kamu.

1. Simbol Kredibilitas 

Jika dulu orang menilai kredibilitas suatu brand dari tampilan fisik toko dan etalasenya, sekarang orang lebih sering melihat dari tampilan website-nya. Bahkan yang lebih mendasar lagi sekarang konsumen lebih selektif terhadap suatu brand: Apakah brand ini sudah punya website?

Sebab brand yang memiliki website akan dilihat sebagai brand yang terbuka terhadap kemajuan dan selalu up to date. Ini tentu sangat berpengaruh pada kredibilitas usahamu. Di era digital, membangun sebuah website adalah investasi yang bijaksana yang memang diperlukan baik untuk usaha yang sudah besar maupun yang masih kecil. 

2. Membangun Branding

Ketika bicara tentang branding, mungkin yang pertama terbayang di benakmu adalah logo. Memang benar bahwa logo adalah bagian dari branding. Tetapi lebih jauh lagi, branding adalah identitas yang akan diingat di benak konsumen. Ini yang membuat suatu brand lebih dikenali dari yang lain.

Jadi bukan hanya logo, kamu juga perlu memperhatikan layout, font, warna dan desain secara keseluruhan dari halaman web-mu. Lebih penting lagi, kamu perlu memperhatikan narasi apa tentang brand yang ingin kamu bangun dalam website

3. Melakukan Pemasaran 

Apa yang paling ingin orang lihat dalam website-mu? Ya. Produk.

Jika mereka sudah pernah datang sekali ke tokomu dan puas dengan produk dan pelayananmu, mereka akan datang ke website untuk melihat produk apa lagi yang kamu miliki, atau pelayanan apa yang ditawarkan brand-mu untuk konsumen.

Selain itu, dengan website, konsumen juga akan lebih mudah merekomendasikan produkmu kepada orang-orang yang mereka kenal. Mereka tinggal membagikan link website-mu ke mana saja, tanpa batasan jarak dan waktu. Ini tentu akan sulit terjadi jika kamu belum punya website, kan?

 4. Menghadapi Persaingan 

Jika kamu pikir memiliki akun media sosial saja sudah cukup, ketahuilah, mereka yang tidak memiliki situs web tidak dapat bersaing dengan yang memilikinya. Karena jangkauan website lebih luas dibanding cakupan media sosial. Media sosial mungkin berpengaruh besar dalam cakupan komunitas, namun website bisa melakukan yang lebih dari itu.

Dengan website khusus jualan, kamu bukan hanya bisa memperkenalkan produkmu, namun pelangganmu juga bisa langsung memesan produkmu. Praktis kan?

5. Bahan Analisa

Ada banyak data yang tersedia dari situs web. Sangat mudah untuk melihat dari mana pengunjung masuk, pada jam berapa, dan apa yang mereka cari untuk sampai ke sana.

Ini sangat penting bagi pemilik usaha termasuk usaha kecil. Tidak ada lagi dugaan-dugaan karena semua bisa dilihat secara faktual dalam data, terutama tentang perilaku dan pola pikir orang.

Pemilik situs web dapat melihat berapa lama audiens mereka tetap login ke suatu halaman. Mereka dapat melihat kata kunci mana yang mereka cari. Mereka juga dapat melihat situs mana yang mereka tuju setelah situs mereka.

Langkah Membuat Website

Berikut adalah lima langkah mudah untuk membuat sebuah website.

1. Pilih nama domain 

2. Pilih plaftorm pembuat situs web 

3. Pilih penyedia hosting dan pilih paket hosting yang sesuai 

4. Pilih template design

5. Buatlah konten 

Cara Mudah dan Murah Memiliki Website Usaha 

Jika membuat website sendiri masih terlalu rumit untuk dijalani, jangan sedih dulu, ada cara yang jauh lebih mudah.

Jika kamu adalah pengguna POS Qasir, ini benar-benar kabar gembira buat kamu. Karena Qasir memiliki fasilitas fitur berlangganan bernama “Website Usaha”. Sesuai namanya, fitur ini memungkinkan kamu memiliki website untuk brand-mu dengan cara yang MUDAH sekaligus MURAH.

Dengan fitur ini, impianmu memiliki website sendiri bisa segera terwujud. Kamu bisa memasukkan semua informasi tentang brand-mu di sini. Mulai dari alamat outlet, jam buka tutup, daftar produk yang kamu jual, hingga link yang menghubungkan ke akun media sosial brand kamu. 

Kamu juga bisa menerim pesanan dari pelangganmu melalui website usaha ini.

Baca juga: Terima Pesanan Online lewat Website Usaha

Cara Mengaktifkan Website Usaha

Untuk memiliki website usahamu sendiri, caranya sangat mudah, kamu cukup ikuti langkah-langkah ini. Untuk berlangganan, kamu bisa memilih mulai dari 3 bulan, 6, atau 12 bulan. Khusus berlangganan 12 bulan, ada harga spesial untukmu.

Untuk membuat website ini, kamu bahkan tidak perlu mengabiskan banyak waktu, karena informasi produk termasuk juga foto produk tidak perlu kamu masukkan satu per satu, anamun otomatis akan ter-impor dari aplikasi Qasir yang sudah kamu gunakan. Mudah banget kan? Untuk mengatahui cara membuat website di Qasir, cek di artikel dengan klik link ini.

Bio Link: Satu Link untuk Semua

Bukan hanya katalog online yang bisa kamu dapatkan dengan mengaktofkan fitur Website Usaha di aplikasi Qasir, namun juga Bio Link, sebuah link untuk menampung semua link yang berhubungan dengan usahamu. Misalnya link marketplace, link social media Instagram, Facebook, WhatsApp dan link lainnya. Untuk mendapatkan Bio Link ini, kamu tidak perlu membayar lagi, cukup dengan Rp360.000, kamu sudah bisa mendapatkan Katalog Online di Website Usaha dan Bio Link.

Baca juga: Mengapa Bio Link di Website Usaha Lebih Menguntungkan untuk Kamu

Promo Website Usaha

Khusus bulan Juli hingga akhir Agustus 2021, kamu bisa mendapatkan Website Usaha dengan bonus yang bisa kamu pilih, berupa:

1. Potongan harga Rp20.000 atau bonus 2 Fitur Tambahan untuk berlangganan selama 12 bulan (harga Rp180.000)

2. Potongan harga Rp50.000 atau bonus 3 Fitur Tambahan untuk berlangganan selama 24 bulan (harga Rp300.000)

Untuk klaim promo ini, kamu bisa langsung menghubungi Tim Customer Success Manager kami melalui WhatsApp di link ini.

Tingkatkan penjualan online-mu sekarang juga dengan dukungan Website Usaha dari Qasir. 

Baca juga:


 

Share artikel ini