Edukasi

Fitur Qasir yang Harus Dipunyai Usahawan Online

24 May 2021, Ditulis oleh Bentangku

Fitur Qasir yang Harus Dipunyai Usahawan Online

Teknologi dan usaha menjadi satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan pada era marketing 5.0 saat ini bagi usahawan. Apalagi, ketika kamu menekuni bisnis online. Oleh karena itu, jika tidak cekatan dalam mengadopsi fitur teknologi terbaru, kamu bakal kalah saing dengan usahawan online yang telah menjamur di Tanah Air.

Ya, kemudahan dalam membangun usaha online membuat usahawan di sektor ini menjadikannya banyak diminati oleh masyarakat. Bagaimana tidak? Kamu tak perlu repot-repot menyewa kios untuk memampang daganganmu jika berbisnis online. Namun, strategi pemasaranmu tetap harus dioptimalisasi agar usahamu melejit dan dikenal banyak orang.

Caranya?

Tentu dengan memanfaatkan teknologi. Teknologi diciptakan untuk mempermudah segala urusan kita bukan? Seperti fitur-fitur Qasir yang bakal memberikan kemudahan bagi usahawan.

Sejak awal didirikan pada 2016, Qasir berkomitmen memberi dukungan bagi usahawan, terutama UMKM, demi menciptakan kesempatan ekonomi yang sama melalui teknologi.

Lalu, fitur apa saja di Qasir yang harus kamu miliki sebagai usahawan online?

1. Website Usaha

Salah satu hal paling penting untuk dimiliki oleh usahawan online yaitu website usaha. Melansir dari https://futureaccess.ca, website usaha ibarat kartu identitas pendudukmu.

Melalui website, kamu dapat merinci semua produk atau jasa yang kamu tawarkan. Kamu juga bisa menjelaskan secara jelas dan detail soal produkmu. Selain memberi informasi ke calon pembeli, hal ini bertujuan agar mereka tak segan berlama-lama berkunjung ke “toko” milikmu.

Selain itu, pengusaha online bisa mengunggah foto dengan kualitas bagus untuk menarik para konsumen di website, sehingga pembeli tidak ragu melakukan transaksi pembelian.

Nah, Qasir menyediakan fitur pembuatan website usaha ini, BossQ. Caranya pun mudah lho, sehingga tak akan memakan banyak waktu.

  • Sebelumnya, pastikan aplikasi Qasir kamu sudah terupdate ya.
  • Setelah itu, kamu bisa langsung klik di bagian Kanal Jualan Online. 
  • Lalu dilanjut dengan memiliki menu “Website Usaha”.
  • Kemudian kamu akan diarahkan ke halaman "Kelola Usaha". Isi empat bagian dalam pengaturan, Informasi Usaha, Media Sosial, Toko Online, dan Katalog Online.

Pada bagian “Informasi Usaha”, masukkan logo usahamu berformat “jpg”, mengisi alamat website dengan nama tokomu, dan deskripsi tentang tokomu juga informasi tambahan seperti jam operasional toko.

Jika kamu memiliki lebih dari satu outlet, kamu bisa juga aktifkan tombol Tampilkan Semua Alamat Outlet. Ini bertujuan agar nantinya semua outlet akan muncul pada halaman website. Kemudian jangan lupa klik “Simpan”.

Pada bagian Media Sosial, Toko Online dan Kalatog Online, kamu juga tinggal mengikuti petunjuk yang sudah ada tepat di kolomnya.

  • Jika sudah selesai meng-input data-data tersebut, klik tombol “Publish” agar websitemu bisa diakses oleh pelanggan.
  • Ketika berhasil, akan muncul keterangan “Websitemu Berhasil Dibuat” beserta link-nya. Kamu bisa share link itu ke siapa saja deh.
Katalog Website Usaha
Katalog Website Usaha bisa juga digunakan sebagai buku menu digital untuk resto 

2. Integrasi GrabFood

Qasir telah terintegrasi dengan GrabFood, lho. Integrasi ini akan memudahkan dan menguntungkan pengguna. Kerja sama ini sekaligus mendukung percepatan digitalisasi untuk kalangan pengusaha mikro yang terkena dampak sejak pandemi.

Bagi pengguna Qasir yang ingin masuk ke Grab pun dapat mendaftar dengan mudah. Kamu hanya perlu melakukan aktivasi. Lalu, membeli GrabFood Integration dan menjalankan proses aktivasinya.

Qasir telah mempunyai fitur lengkap yang cocok untuk semua jenis usaha online, mulai dari restoran, warung, coffee shop, minuman, hingga snacks. Jadi kamu jangan khawatir untuk mengaktifkan fitur integrasi ini.

Keuntungannya, kamu tak cuma bisa mengelola semua produk jualan dengan mudah, tapi juga memantau rekap penjualan dan omzet, mengatur stok, hingga melihat produk apa yang paling laris dijual. Semua fitur dasar, disediakan gratis tanpa batas waktu.

Caranya:

  • Untuk mengaktifkan Integrasi GrabFood di aplikasi Qasir kamu bisa mengaktifkan langsung pada menu "Beranda" di bagian "Premium Store".
  • Setelah kamu klik Integrasi GrabFood pada bagian Premium Store, maka kamu akan diarahkan langsung untuk melakukan pengisian "Form Pendaftaran Premium Fitur Integrasi GrabFood ke Qasir".
  • Apabila sudah dilakukan pengisian, selanjutnya akan ada tim Qasir yang menghubungi untuk membantumu melanjutkan proses aktivasi/pendaftaran fitur Integrasi GrabFood.
  • Kelengkapan data pada Form Pendaftaran Integrasi GrabFood kamu akan diperiksa ulang. Jika semua sudah lengkap dan sesuai, maka tim Qasir akan mengaktifkan Integrasi GrabFood ke akun kamu.
  • Jika akun kamu sudah diaktifkan, maka di aplikasi Qasir yang kamu miliki akan muncul notifikasi "Fitur Premium Telah Aktif".
  • Selanjutnya kamu sudah bisa melakukan pengaturan untuk menu pada aplikasi GrabFood melalui aplikasi Qasir.

Integrasi Grab dan Qasir

3. Catatan Tambahan

Salah satu produk dari Qasir yang memudahkan usahamu adalah Catatan Tambahan. Fitur ini bakal membuat kamu makin mudah mengolah data usaha, termasuk pelanggan.

Di "Catatan Tambahan", kamu bisa memasukkan alamat pelanggan atau keterangan tentang isi pesanan. Untuk bisa menggunakan fasilitas ini, pastikan kamu sudah melakukan pembelian fitur premium "Catatan Tambahan". Berikut caranya:

  • Pada saat pelanggan melakukan pembelian, maka pada menu pembayaran kamu tinggal aktifkan tombol Catatan Tambahan.
  • Setelah aktif, kamu sudah bisa input catatan tersebut pada kolom yang telah disediakan. Maksimal 200 karakter.Catatan yang sudah diinput tadi akan muncul di bagian bawah struk.
  • Catatan tambahan juga muncul pada riwayat transaksi. Sehingga kamu bisa melihat kembali catatan tambahan setiap transkasinya.


 

4. Nomor Antrian

Tak hanya pembelian offline, usaha online juga bisa diserbu pelanggan. Terkadang hal itu membuat pusing, siapa yang harus lebih dulu dilayani. Biasanya, layanan dilakukan berdasarkan urutan pemesanan.

Tapi jika kamu membuat nomor urut manual, bakal membuang waktu dan ada risiko tertukar.

Nah, Qasir sudah menyiapkan fitur "Nomor Antrian" yang bisa memunculkan nomor urut pesanan secara otomatis. Kamu pun jadi bisa mengelola pesanan dengan tenang, sesuai dengan nomor urut yang tertera pada struk yang tercetak.

  • Untuk mengaktifkan, klik tombol di sebelah kanan "Nomor Antrian" di bagian akhir transaksi/sebelum dilakukan pembayaran.
  • Jika melalui menu Beranda, kamu cukup membuka bagian Premium Store pada aplikasi Qasir. Kemudian pilih fitur Nomor Antrian.

Cara menggunakannya:

  • Apabila kamu sudah mengaktifkan fitur Nomor Antrian, lakukan transaksi seperti biasa. Selanjutnya, sebelum kamu memilih Pembayaran, maka akan ada menu Nomor Antrian. Pada menu tersebut, terdapat tombol yang harus diaktifkan.
  • Klik nama fitur, lalu akan muncul pop up yang berisi kolom yang dapat kamu isi dengan nomor awal urutan atau antrean. Untuk kamu yang baru memiliki 1 outlet, kamu bisa mengisi dengan nomor 1. Namun, jika kamu sudah memiliki beberapa outlet, kami sarankan kamu mulai dengan 1001 untuk outlet pertama, 2001 untuk otlet kedua, dan seterusnya. Maksimal nomor yang dapat ditampilkan adalah 9999.

5. Opsi Tambahan

Opsi Tambahan adalah fitur yang kamu bisa gunakan untuk menambahkan menu pelengkap tanpa harus memasukkan nama produk yang baru. Jadi kamu bisa mengkreasikan banyak varian menu baru dari produk yang sudah ada, hanya dengan menambahkan menu pelengkap atau tambahan. Opsi Tambahan ini hanya bisa diakses oleh akun Pemilik dan Supervisor saja melalui aplikasi Qasir.

Bagaimana caranya?

  • Masuk ke menu Kelola Produk, kemudian pilih menu Opsi Tambahan.
  • Selanjutnya pilih Tambah Opsi Tambahan untuk mulai menambahkan Opsi Tambahan atau pilih Opsi Tambahan yang sudah ada untuk diedit.
  • Nah, pada tampilan Tambah Opsi Tambahan, terdapat 3 informasi yang perlu diisi, yakni Nama Opsi Tambahan, Varian Opsi Tambahan, dan Terapkan Produk.
  • Jika semuanya sudah sesuai kamu dapat klik " Simpan ".

6. Kelola Diskon

Diskon merupakan bentuk promosi penjualan yang sederhana dikarenakan hanya berupa pengurangan harga produk yang bersifat sementara. Strategi tersebut bertujuan untuk mendongkrak penjualan produk dalam periode waktu tertentu.

Dengan adanya diskon bisa menarik perhatian pelanggan. Lalu, cara menerapkannya di toko online kamu? Nah, kalau kamu pakai Qasir, itu sangat mudah!

Qasir kini hadir dengan fitur Kelola Diskon. Dengan fitur ini kamu bisa mengelola diskon kamu sekali saja untuk diterapkan secara otomatis selama periode. Periode diskonnya juga bisa kamu atur sesuai kebutuhan.

  • Untuk bisa memanfaatkan fitur ini, kamu bisa klik menu Pengaturan lalu pilih menu Kelola Diskon.
  • Selanjutnya klik Tambah Diskon Baru untuk mengatur diskon sesuai dengan yang kamu inginkan.
  • Kamu bisa memberikan nama pada diskon-nya. Kamu bisa juga memilih apakah diskonnya dalam bentuk persen (%) ataupun berupa nominal (Rp).
  • Kamu bisa juga mengatur tanggal mulai dan berakhirnya program diskon, bahkan kamu bisa juga mengatur agar diskon baru bisa diterapkan jika telah memenuhi jumlah pembelian minimal.
  • Jika semua data sudah kamu isi maka klik Simpan.

Bagaimana mudah bukan Usahawan? Produk dari Qasir ini dijamin bisa membantu usaha kamu makin lancar. Jika kamu belum download Qasir, kamu bisa download melalui link ini. Selamat mencoba!

Baca juga:

Share artikel ini