Edukasi

Mengelola Usaha Laundry dengan Aplikasi Qasir

20 Aug 2021, Ditulis oleh Putri Anggia

Mengelola Usaha Laundry dengan Aplikasi Qasir

Jika kamu sedang menjalani usaha laundry, kamu sedang membuka artikel yang tepat. Karena di sini kamu akan menemukan cara mengelola usaha laundry kamu dengan mudah tanpa repot.

Usaha jasa mencuci pakaian kini nampak semakin menjamur, tidak hanya di kota-kota besar, tetapi juga di pinggiran kota. Makin padatnya penduduk dengan kesibukan masyarakat juga membuat jasa mencuci ini terus berkembang. 

Mencuci, buat mereka yang padat akan aktivitas memang jadi persoalan tersendiri, karena sangat menghabiskan waktu dan tenaga. Inilah yang membuat peluang usaha laundry semakin besar.

Saat ini jenis usaha laundry juga sudah cukup beragam. Selain usaha laundry kiloan, berkembang pula bisnis laundry koin yang menerapkan sistem yang lebih inovatif dan hemat waktu. Ada pula laundry khusus sepatu, tas, dan helm. 

Baca juga Ketahui Cara Memulai Usaha Laundry Bagi Pemula

Lokasi yang Tepat

Jika kamu baru akan membuka usaha laundry, satu hal yang harus kamu perhatikan sebelum mulai adalah lokasi. Ya, usaha laundry ini memang sangat bergantung pada lokasi. Sebagaimana disebut di atas, kunci dari usaha ini adalah daerah yang banyak penduduknya.

Lalu di mana saja sih lokasi yang direkomendasikan untuk membuka usaha laundry?

1. Area Kos-kosan

Area kos-kosan biasanya dihuni oleh mahasiswa dan karyawan. Mereka umumnya enggan melakukan kegiatan mencuci baju sendiri karena alasan tidak ada waktu ataupun malas dan bosan. Selain itu karena padatnya aktivitas, mahasiswa dan para karyawan ini juga lebih memilih terima beres dengan cara menyerahkan cucian mereka ke jasa laundry. 

2. Area Perumahan Baru

Di area ini, sebagian besar penduduknya biasanya adalah pasangan muda yang masih aktif bekerja. Layaknya mahasiswa dan karyawan di poin sebelumnya, pasangan muda yang penuh kesibukan, berangkat kerja sepagi mungkin dan kembali dari kantor sudah malam, mereka pun tidak memilki lagi waktu dan tenaga untuk mengurus cucian.

Megapa perumahan baru? Karena perumahan atau permukiman yang sudah lama dihuni biasanya berisi penduduk yang sudah mapan dan tidak produktif lagi. Tidak seperti pasangan muda, biasanya mereka sudah punya pembantu di rumah untuk mengerjakan kegiatan mencuci ataupun melakukannya sendiri karena punya banyak waktu.

3. Daerah Wisata

Jika kamu tinggal di kota-kota atau daerah yang memiliki banyak penginapan dan hotel karena menjadi daerah tujuan wisata, membuka usaha laundry juga bisa jadi peluang buatmu. Sebagaimana diketahui, laundry di hotel atau penginapan harganya sangat mahal. Itu mengapa orang yang pergi untuk beberapa hari ke suatu daerah untuk menginap atau berwisata, akan lebih memilih untuk mencuci pakaiannya di jasa laundry lokal. 

Jadi, sudah siap membuka jasa laundry? Tunggu dulu, usaha yang baik bukan hanya tentang menjual sebanyak-banyaknya produk ataupun layanan yang kamu punya ya. Tapi bagaimana cara kamu me-manage usaha itu, juga sangat penting bagi stabilitas dan pertumbuhan usahamu. Pasti kamu nggak mau kan punya usaha yang baru seumur jagung tapi udah tutup?

Mengelola Usaha Laundry

Apa saja sih yang harus diperhatikan dalam mengelola usaha laundry?

1. Membuat SOP yang Baku

SOP (Standard Operating Procedure) penting dalam mengatur berjalannya suatu kegiatan operasional dan membantu usahawan dalam menjalankan bisnisnya. Karena usaha laundry sangat erat kaitannya dengan pemberian jasa dan pelayanan, SOP jadi semakin penting karena berkaitan dengan kepuasan pelangganmu. Kesalahan sekecil apapun perlu diminimalisir dengan menggunakan SOP yang dimiliki.

Contoh SOP misalnya bagaimana menggunakan mesin, berapa banyak jumlah sabun dan pewangi, berapa suhu untuk tiap-tiap jenis kain, bagaimana jika ada complain, dan lain sebagainya. 

2. Melatih Karyawan

Kata siapa usaha laundry tidak membutuhkan skill? Tanpa skill tidak akan ada pelayanan yang memuaskan pelanggan. Karena itu penting untuk membekali pelangganmu dengan skill dalam hal menjalankan mesin dan perlakuan bahan, juka dalam hal pelayanan. Dengan karyawan yang terlatih, bukan hanya menguntungkan bagi pelanggan, namun karyawan juga akan lebih memiliki kepercayaan diri sehingga mampu membantu pemilik dalam mengelola bisnis laundry bersama.

3. Maintenance Alat

Kamu juga tidak boleh lupa dengan perawatan alat-alat dan mesin yang digunakan untuk proses laundry memerlukan perawatan secara berkala agar bisa digunakan secara optimal dan tidak gampang rusak. Buatlah jadwal rutin untuk pemeriksaan alat dan mesin laundry secara teratur. Menghindari dan mencegah kerusakan adalah pilihan bijak sebelum kerusakan yang akan sulit diperbaiki benar-benar terjadi.

4. Me-manage Keuangan dengan Benar

Mengatur Keuangan

Usaha jasa memang unik, tidak ada produk yang dijual, melainkan jasa. Namun jangan dianggap usaha jasa tidak memerlukan managerial yang ketat layaknya usaha lainnya. Paling tidak kamu harus tahu berapa omzet harianmu. Kamu juga harus punya catatan yang benar tentang berapa banyak cucian yang dikerjakan, yang sudah selesai, dan yang sudah diambil pemiliknya. Belum lagi catatan uang muka dan pelunasan dari pelangganmu.

Tenang, Qasir punya solusinya. 

Mulai Gratis Qasir untuk Usaha Laundry

Aplikasi kasir Qasir

Aplikasi Qasir adalah point of sale yang membantumu mengelola usaha dengan mudah tanpa repot hanya dengan menggunakan perangkat Androidmu. Ya, untuk menggunakan aplikasi Qasir kamu tinggal download saja secara gratis dari Google Playstore, lakukan registrasi, masukan produkmu (dalam hal usahawan laundry, produk bisa diisi dengan variasi layanan dan harganya), maka kamu sudah bisa menggunakannya. Gratisnya juga tidak ada batas waktu! Iya, kamu bisa menggunakan semua fitur gratis aplikasi Qasir berupa

  • Point of sale tanpa batasan jumlah produk

  • Pembayaran digital dengan QRIS

  • Jumlah outlet berapa pun tidak dibatasi

  • Jumlah karyawan tanpa batas

  • Laporan penjualan 30 hari terakhir

Qasir Pro untuk Usahawan Laundry

Bukan hanya fitur dasar yang lengkap, Qasir juga memiliki pilihan paket berlangganan untuk usahawan yang menginginkan akses lebih dalam mengurus usaha. Dengan hanya investasi sebesar Rp360.000 SETAHUN, kamu sudah bisa memiliki aplikasi kasir Qasir yang lengkap dengan

  • Laporan penjualan tanpa batasan waktu 30 hari terakhir

  • Laporan lebih detail dan lengkap, bukan hanya rangkuman

  • Bisa atur laporan otomatis ke emailmu sendiri

  • Dilengkapi fitur Otorisasi Pegawai untuk atur hak akses pegawaimu

  • Plus fitur Absensi untuk mudahkan absensi karyawan dan perhitungan gajinya

  • Pajak per produk

  • Masih banyak lagi

Bukan hanya itu, Qasir juga menyediakan berbagai kemudahan tambahan yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat kelola usaha laundry kamu jadi lebih simpel. 

Fitur Tambahan Qasir untuk Usaha Laundry

Berikut fitur tambahan dari Qasir yang kami rangkum dari data aktivasi terbanyak tipe bisnis Laundry yang sudah menggunakan Qasir. Jadi kamu nggak akan salah pilih fitur, karena fitur berikut sudah digunakan oleh usahawan laundry sepertimu. Simak yuk, fitur apa sajakah itu?

1. Logo Usaha

Tidak seperti nama, logo toko lebih mudah diingat oleh pelanggan. Karenanya, jika kamu sudah punya logo usaha dan ingin logo usaha kamu ada di lembar struk, kamu bisa mengaktifkan fitur yang satu ini. 

Pelajari tentang Logo Usaha di sini. 

2. Atur Struk Tambahan

Kamu bisa mempersingkat hasil cetakan struk dan meng-customize sehingga hasil cetak struk sesuai dengan keinginan kamu dengan menghilangkan beberapa elemen seperti: tulisan Powered by Qasir, nama kasir, nama outlet, nama pelanggan, dan alamat outlet. 

Pelajari tentang Atur Struk Tambahan

3. Cetak Tiket Pesanan

Fitur ini memungkinkan kamu mencetak salinan pesanan ke printer lain secara bersamaan begitu order masuk ke frontdesk. Jadi begitu kasir di bagian depan menerima order dari pelangganmu, orderan itu juga akan tercetak di ruang cuci untuk dilihat dan dibaca oleh staff yang ada di sana. Jadi akan meminimalkan kesalahan pengerjaan ataupun cucian tertukar.

Pelajari tentang Cetak Tiket Pesanan

4. Catatan Tambahan

Dengan fitur ini kamu bisa input catatan pada lembar struk per transaksi, misalnya alamat pelanggan atau keterangan tentang isi pesanan. Misalnya ada cucian yang ingin extra wangi, tanpa pewangi atau tanpa pemutih, kamu bisa cantumkan di lembar struk dengan fitur ini. 

Pelajari tentang Catatan Tambahan

5. Ringkas Struk

Jika Atur Struk Tambahan memungkinkan kamu menghilangkan bagian-bagian tertentu dari lembar struk kamu, fitur Ringkas Struk secara otomatis membuat layout struk kamu menjadi lebih padat dengan mengurangi spasi sehingga struk kamu akan jadi lebih pendek, lebih hemat kertas, tentunya. 

6. Uang Muka

Dengan fitur Uang Muka, kamu bisa mencatat down payement dari pelangganmu. Jadi, semua transaksi yang belum lunas atau baru dibayarkan sebagian oleh pelanggan tetap aman tercatat di sistem Qasir tanpa takut tercecer ataupun tertukar. 

Pelajari tentang Uang Muka

7. Nomor Antrian

Membuat nomor urut manual tentu saja membuang waktu. Dengan fitur Nomor Antrian di Qasir, aplikasi kamu bisa memunculkan nomor urut pesanan secara otomatis. Kamu pun jadi bisa mengelola pesanan dengan tenang, sesuai dengan nomor urut yang tertera pada struk yang tercetak.

Pelajari tentang Nomor Antrian

Untuk mengaktifkan fitur tambahan, kamu bisa melakukannya langsung lewat Katalog Fitur yang ada di aplikasi Qasir kamu. Jika kamu mau bertanya dulu mengenai harga dan penggunaan fitur-fitur Qasir kamu bisa hubungi Customer Success Manager kami via WhatsApp di link ini

Dengan aplikasi Qasir, kamu bukan hanya akan terbebas dari kesulitan memantau laporan keuangan, tapi juga mendapatkan banyak solusi untuk permasalahan pengelolaan usahamu. Dengan Qasir, yakin deh #KamuJugaBisa sukses!

Baca juga:

 














 

Share artikel ini