Edukasi

Pantau Pegawai Bisa dari Rumah dengan Qasir Pro

26 Jul 2021, Ditulis oleh Bentangku

Pantau Pegawai Bisa dari Rumah dengan Qasir Pro

Usahawan, pandemi Covid-19 belum berakhir. Presiden Joko Widodo atau Jokowi memutuskan memperpanjang penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Level 4 hingga 2 Agustus 2021 dan hanya akan dilonggarkan jika angka penularan menurun dari hari ke hari.

Adanya pembatasan mobilitas kegiatan masyarakat (PPKM) juga membuat banyak hal yang biasanya dilakukan di toko harus dibatasi.  Salah satunya pembatasan jumlah pegawai perusahaan yang bekerja di kantor, terutama pada sektor nonesensial.

Situasi ini akhirnya memaksa banyak pekerjaan dilakukan di rumah. Namun bagi pemilik bisnis sepertimu, bisnis harus tetap jalan bukan meski ruang gerakmu terbatas? Beruntung kita berada di zaman di mana teknologi banyak sekali membantu kehidupan sehari-hari. Meski gerakmu terbatas, digitalisasi dapat membantu kamu perputaran bisnismu lho. Salah satunya dalam mengatur tim dari rumah.

Ya, kita tahu, tanpa ada pandemi sekalipun, mengurus tim itu repot. Apalagi jika karyawanmu bertambah jumlahnya karena usahamu semakin berkembang.

Nah, untuk memudahkanmu, Qasir punya jawabannya.

Kesulitan dalam Mengelola Pegawai

Menurut catatan Qasir, ada beberapa masalah yang sering dihadapi UMKM dalam hal ini. Lima di antaranya yakni:

1. Kesulitan dalam Rekrutmen

UMKM biasanya kesulitan menentukan standar rekrutmen. Umumnya mereka kurang cermat dalam menyesuaikan perekrutan pegawai dengan kebutuhan usaha.

2. Menetapkan Peraturan

Ada kekhawatiran, peraturan akan menjadi bumerang bagi pemilik UMKM.

3. Mengembangkan Kompetensi Pegawai

Konsentrasi pengusaha yang lebih fokus ke produksi, pemasaran keuangan, membuatnya lupa soal pengembangan potensi pegawai. Alhasil, tak ada SDM yang berkembang kompetensinya.

4. Sulit Menetapkan Upah Pegawai

Misal karena saudara, kamu menggajinya lebih banyak daripada karyawan yang lain yang jenis pekerjaannya sama. UMKM juga sering tidak percaya diri dapat memenuhi upah minimal.

5. Menilai Kinerja Karyawan 

UMKM pada umumnya memiliki keterbatasan dalam menilai kinerja karyawan. Sering tidak ada standar soal ukuran kinerja mereka. Oleh karena itu, reward maupun punishment sulit dijalankan.

Yang Harus Dilakukan Ketika Mulai Punya Pegawai

Berdasarkan pembahasan di atas, setidaknya ada tiga hal yang harus kamu perhatikan ketika mulai memiliki pegawai, seperti yang dilansir Kumparan.com.

Pertama, pahamilah untuk membangun komitmen karyawan butuh waktu cukup lama.

Komitmen tidak bisa dibangun semudah membalikkan telapak tangan, dalam waktu sehari atau seminggu.

Dekatkan diri dengan karyawanmu dan beri teladan. Jangan gengsi melakukan pendekatan dengan karyawan secara personal.

Kedua, beri karyawanmu pelatihan untuk meningkatkan kompetensinya.

Ketika kompetensi karyawan naik, niscaya memberi manfaat positif bagi peningkatan kinerja perusahaan.

Ketiga, jaga kualitas karyawan.

Kamu tetap perlu turun langsung memantau hasil kerja karyawan. Kumparan.com menyebut, sistem pengawasan ini akan membuat proses kerja menjadi lebih sehat.

Simpel Kelola Pegawai dengan Qasir

Nah, ketika kamu mulai punya pegawai, segera daftarkan mereka ke aplikasi Qasir tokomu. Dengan begitu, keamanan akun Qasir kamu akan lebih terjamin karena hanya pemilik akun dan pegawai yang terdaftar saja yang bisa login.

Berikut langkah-langkahnya:

  1. Download Qasir di handphone pegawai kamu.

  2. Klik ikon aplikasi Qasir pada handphone kamu untuk masuk ke aplikasi. Nah, akan muncul fitur onboarding, lalu klik lanjut.

  3. Setelah masuk ke aplikasi Qasir, kamu akan langsung diarahkan ke halaman login, lalu klik Masuk.

  4. Login dengan mengisi nomor handphone dan password pegawai yang sebelumnya sudah didaftarkan di akun Qasir pemilik.

  5. Setelah itu kamu akan diarahkan ke screen selanjutnya, pastikan pegawai klik di cabang dimana ia didaftarkan.

  6. Jika pegawai dengan hak akses Supervisor klik di cabang di mana ia ditempatkan, akan tampil halaman dengan menu berbeda.

  7. Jika pegawai dengan hak akses Operator klik di cabang di mana ia ditempatkan, akan tampil halaman dengan menu berbeda pula.

  8. Kemudian akun Qasir kamu sudah siap digunakan.

Jika karyawanmu baru satu orang, kamu bisa gunakan Qasir Free.

Jika Pegawai Mulai Bertambah

Ketika usahamu mulai maju dan jumlah pegawai bertambah, kamu sudah harus upgrade ke Qasir Pro, BossQ. 

Kamu pasti memerlukan alat untuk memantau kehadiran pegawai hingga mencatat jam kerjanya bukan?

Qasir Pro bisa mengakomodasi ini semua.

Salah satunya dengan fitur Absensi yang ada pada Qasir Pro. Fitur ini bakal memudahkan pegawaimu untuk lakukan absensi masuk dan pulang secara akurat. Kamu juga bisa lihat laporannya secara real time.

Qasir Pro juga memiliki fitur Otorisasi Pegawai, di mana kamu bisa mengatur hak akses yang berbeda untuk setiap pegawai yang bekerja di tokomu. Jadi kamu tidak perlu khawatir bagian-bagian rahasia dalam data penjualan atau akses untuk sesuatu yang sensitif bisa dibuka oleh orang yang tidak kamu inginkan.

Sekarang, kita bahas satu per satu fitur yang ditawarkan Qasir untukmu Usahawan.

1. Absensi

Jika selama ini kamu kesulitan memantau jam kehadiran pegawai, Qasir memberikan solusinya dengan fitur Absensi.

Kamu bisa memantau kapan pegawai kamu datang dan kapan mereka pulang. Meski kamu sedang di rumah saja, kamu masih bisa memantau kehadiran pegawai.

Kamu juga bisa mengetahui tanggal mereka lembur, cuti atau jumlah masuk dalam sebulan. Jadi, kamu kamu tidak perlu repot lagi untuk mencatat secara manual. Semua sudah tersimpan di Qasir.

Cara Menggunakan Absensi

Simak cara penggunaan fitur Absensi berikut ini:

  • Untuk tampilan pada akun Pemilik, kamu bisa klik Absensi

  • Lalu akan muncul Laporan Absensi Harian dari para pegawai kamu.

  • Kamu bisa melihat nama pegawai dan jam masuk dan jam pulang mereka.

  • Jika ingin melihat laporan lebih detail lagi, maka bisa klik Laporan.

  • Setelah kamu klik, maka kamu akan langsung ke tampilan dashboard. Dimana pada dashboard kamu bisa filter sesuai tanggal yang kamu inginkan.

  • Pada tampilan rincian kamu bisa melihat seperti foto saat pegawai absensi, catatan yang diinput oleh pegawai dan titik koordinat saat pegawai melakukan absensi.

  • Ketika pegawai akan melakukan absensi, dia tinggal klik menu Absensi.

  • Klik Absen Masuk ataupun Absen Pulang sesuai dengan peruntukannya.

  • Setelah klik absen masuk, pegawai kamu akan dimintakan foto selfie. Ada juga kolom catatan yang bisa diisi atau tidak. Jika sudah maka bisa klik Absen Masuk dan titik koordinat otomatis sesuai dengan GPS yang ada di handphone pegawai.

Untuk mendapatkan semua kemudahan yang ada pada fitur Absensi, pastikan kamu sudah berlangganan Qasir Pro.

2. Otorisasi Pegawai

Otorisasi Pegawai adalah fitur yang memungkinkan kamu untuk mengatur hak akses atau otorisasi dari seluruh pegawaimu. Baik itu Supervisor atau Operator.

Untuk hak akses Supervisor , kamu bisa atur untuk batasan apa saja yang bisa diakses atau tidak mulai dari bagian Kelola Produk, Kelola Pegawai, Kelola Outlet, Transaksi Tertunda, Laporan dan Pelanggan.

Untuk hak akses Operator, kamu bisa atur untuk batasan apa saja yang bisa diakses atau tidak, mulai dari bagian Transaksi Tertunda, Riwayat Transaksi, Riwayat Kasbon, dan Pelanggan.

Siapa saja yang bisa menggunakan fitur ini?

Fitur Otorisasi Pegawai  hanya dapat digunakan oleh pengguna Qasir Pro.

Baca juga: Cara berlangganan Qasir Pro

Cara Menggunakan Fitur Otorisasi Pegawai

1. Untuk menggunakan Fitur Otorisasi Pegawai kamu dapat login aplikasi Qasir di akun Pemilik, Lalu pilih menu Pengaturan.

2. Jika sudah masuk ke menu Pengaturan, maka kamu sebagai Pemilik dapat mengatur berbagai macam hak akses dari Supervisor dan Operator.

3. Apabila pemilik sudah memberikan Otorisasi Pegawai Supervisor dan Operator.

Selengkapnya tentang Otorisasi Pegawai, baca di sini Fitur Pro: Otorisasi Pegawai.

Yuk permudah urusan kelola pegawai dengan mudah dari rumah hanya dengan berlangganan Qasir Pro. Hubungi tim kami via WA untuk mendapatkan penawaran menarik berlangganan Qasir Pro. 

Baca juga:

 

Share artikel ini