Event

Kopi Darat Komunitas Bukalapak Banten dengan Qasir Hadirkan Kemudahan dalam Usaha

30 Sep 2019, Ditulis oleh Kezia Sabrina

Kopi Darat Komunitas Bukalapak Banten dengan Qasir Hadirkan Kemudahan dalam Usaha

BossQ, apakah saat ini kamu tergabung dalam sebuah komunitas?

Hampir setiap manusia menjadi bagian dari setidaknya satu komunitas dalam kesehariannya. Komunitas menjadi satu bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan kita sebagai makhluk sosial. Manusia butuh relasi dengan orang lain untuk memenuhi berbagai macam kebutuhannya. Seperti kata sebuah pepatah terkenal, “Jika kamu ingin pergi dengan cepat, berjalanlah sendirian. Jika kamu ingin pergi jauh, berjalanlah bersama-sama.” Karenanya, terciptalah perkumpulan dalam masyarakat berdasarkan lingkungan tempat tinggal, ketertarikan, tujuan, kebutuhan, serta berbagai kondisi hidup yang kurang lebih serupa.

Dari tahun ke tahun, komunitas banyak digunakan sebagai sarana pemberdayaan manusia. Kompas menjelaskan bahwa komunitas merupakan suatu proses pribadi dan sosial yang menyediakan ruang bebas untuk mengasah kemampuan pribadi, kreativitas, serta kebebasan bertindak. Biasanya, pemberdayaan komunitas diarahkan untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia, misalnya melalui peningkatan kualitas pendidikan, kesehatan, pengentasan kemiskinan, hingga rupa-rupa kesenjangan sosial. Contoh sederhananya begitu banyak di sekitar kita, mulai dari komunitas pegiat sejarah, kesehatan mental, usaha kecil, kegiatan keagamaan, pembaca buku, dan masih banyak lagi. Dalam skala yang besar, kita juga bisa lihat adanya Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), yang berfokus pada pemberdayaan komunitas untuk menyelesaikan sejumlah masalah dalam masyarakat, mulai dari yang terkecil hingga masalah yang cukup besar.

Mengapa komunitas ini begitu diperlukan? Selain karena manusia tidak bisa hidup sendirian, ada berbagai manfaat yang dihadirkan oleh kelompok sosial ini. Dua di antaranya adalah menjadi sarana untuk saling memberi motivasi antarindividu serta meningkatkan kehidupan dalam bidang ekonomi maupun sosial. Dengan partisipasi aktif dari setiap anggota yang terlibat, komunitas mampu mewujudkan apa yang menjadi tujuan akhirnya masing-masing, yang biasanya adalah untuk menghasilkan masyarakat yang mandiri serta berdaya bagi sesama.

Di era digital ini, komunitas terlihat berkembang dengan jauh lebih pesat. Adanya teknologi memungkinkan kita untuk lebih mudah terhubung dan menjangkau satu sama lain meskipun tidak saling mengenal atau tinggal di daerah yang berdekatan. Dengan kebutuhan atau minat yang sama, komunitas sudah dapat tercipta secara online atau virtual. Misalnya Kaskus, forum komunitas dunia maya nomor satu di Indonesia tempat jutaan masyarakat berkumpul memperbincangkan beragam hobi mereka.

Dengan tujuan besar mewujudkan masyarakat yang berdaya, perusahaan dan brand juga semakin melirik ke arah komunitas. Di samping tugas mulia untuk memberdayakan masyarakat, CoHive memaparkan bahwa brand dapat memanfaatkan komunitas untuk menjadi channel marketing dengan engagement tinggi, sumber informasi terkait tren yang berkembang, serta sarana umpan balik untuk meningkatkan kualitas usaha. Jadi, sebenarnya keberadaan komunitas yang berjalan secara optimal dapat menguntungkan berbagai pihak dalam skala yang cukup besar.

Inilah yang dilakukan oleh Bukalapak melalui komunitas pelaku usaha yang dibina.

Temu Hangat untuk Memajukan Pemilik UMKM

Bukalapak punya sebuah kepercayaan bahwa semangat berkomunitas adalah pemersatu para pemilik UMKM, yang kerap disapa pelapak. Dari sini terciptalah Komunitas Bukalapak, yang merupakan sebuah wadah bagi para pelapak dan pembeli untuk dapat saling berdiskusi, bertukar pikiran, berbagi pengalaman, serta belajar mengenai tips dan trik jual beli online di Bukalapak. Komunitas ini berdiri untuk menjadi wadah para pemilik UMKM untuk berinteraksi secara langsung dengan sesama anggota agar mampu sukses bersama.

Dalam perjalanannya, komunitas ini secara rutin mengadakan kopi darat di berbagai daerah di Indonesia untuk berbagi pengalaman dan wawasan dalam meningkatkan penjualan masing-masing pelaku usaha. Beranggotakan lebih dari 100.000 pelapak yang tersebar di ratusan kota dan kabupaten Indonesia, perkumpulan pelapak UMKM ini melakukan kegiatan berbagi ilmu, menambah jaringan pertemanan, serta menambah rekan bisnis potensial dengan menjunjung prinsip “Nambah Ilmunya, Laris Jualannya.” 

Di Banten, Komunitas Bukalapak dibangun atas kekuatan pola komunikasi yang kental akan integritas dan kekompakan satu sama lain. Komunitas Bukalapak Banten didirikan sekitar tahun 2014 dengan Om Hakiki sebagai koordinator lapangannya. Di komunitas ini, tidak ada ketakutan pada masing-masing anggota untuk berbuka soal dapur usaha masing-masing, karena serupa dengan nilai komunitas secara keseluruhan, prinsip mereka adalah mengurangi kompetisi dan memperbanyak kolaborasi demi memajukan komunitas pelapak di Banten.

Tim Qasir yang diwakili oleh Antony Kurniawan (Regional Sales Manager Qasir), Faiz Kamal (Community Officer Qasir), serta Willman Candra dan Aditya Dharma (Coach Qasir) mendapat kesempatan berharga untuk berbagi informasi mengenai aplikasi Qasir di acara Kopi Darat Bukalapak Banten. Pada tanggal 29 September 2019, acara ini diadakan di rumah Tante Mitia, salah satu anggota Srikandi Komunitas Bukalapak Banten. Berlangsung hangat, acara dimulai dengan sharing session antara sesama pengusaha. Om Hakiki memandu acara sebagai MC dan Om Hendra Wijaya menjadi Pelapak Jawara yang menjadi pemateri dalam kegiatan ini.

Om Hendra berbagi kisah perjalanan usahanya menuju kesuksesan sebagai seorang pelapak aneka jam dan kalkulator yang kini sudah berukuran besar di daerah Banten. Jalan panjang yang ia lalui menggambarkan bahwa tidak mudah membangun usaha yang dirintis dari nol hingga membuahkan hasil. Antusiasme para pelapak lainnya pun terbangun, terlihat jelas dari banyaknya pertanyaan yang dilontarkan kepada Om Hendra dan Om Hakiki.

Setelah ishoma dan makan siang bersama-sama, agenda kegiatan berlanjut ke sesi berbincang dan mengobrol bersama Tim Qasir, yang secara apik dimulai dengan cerita Om Hakiki mengenai pengalamannya menggunakan aplikasi Qasir. “Aplikasi ini sangat membantu dalam menjalankan usaha terutama untuk mencatat seluruh transaksi,” papar Om Hakiki. Ia pun tak segan merekomendasikan Qasir pada para pelapak yang ada di Banten maupun di seluruh Indonesia.

Di samping ambil bagian dalam kumpul komunitas ini, Qasir sendiri juga sering mengadakan sejumlah acara nongkrong serta QTalks atau workshop bersama para pemilik UMKM Indonesia. Misi Qasir adalah secara konsisten memberdayakan UMKM melalui teknologi guna menghadirkan peluang ekonomi yang setara. Melalui aplikasi kasir untuk mencatat penjualan, mengelola stok, serta memantau transaksi dalam usaha, fokus utama Qasir adalah ekosistem yang menunjang UMKM di Indonesia agar kegiatan usaha mampu berjalan secara lebih efektif, efisien, serta produktif. Tidak mengherankan kalau dalam acara kopi darat ini Tim Qasir mampu dengan mudah menyentuh dan membangun relasi dengan para pemilik UMKM yang hadir. Fitur lengkap dalam aplikasi kasir serbaguna ini tentu dapat memberikan manfaat besar bagi usaha mereka secara pribadi. Para pelapak terlihat sangat serius dan penuh konsentrasi ketika Faiz memberikan contoh penggunaan aplikasi Qasir. Sementara itu, para pelapak lainnya mencoba langsung penggunaan aplikasi Qasir dengan dibantu oleh Antony, Willman, dan Adit.

Kegiatan kopi darat ditutup manis dengan pertukaran buah tangan antara Tim Qasir dan Komunitas Bukalapak Banten. Kedua belah pihak juga antusias berfoto bersama sebagai wujud kenang-kenangan. Usai kegiatan, para pemilik UMKM ini menyatakan berharap komunikasi dan silaturahmi Komunitas Bukalapak Banten dengan Qasir bisa berlanjut ke depannya karena aplikasi Qasir yang dirasa sangat membantu jalannya usaha masing-masing.

Mimpi besar Qasir adalah agar kamu, para pejuang UMKM Indonesia, punya fasilitas serta peluang yang setara untuk menunjang keberhasilan usaha agar mampu maju bersama. Melalui kegiatan secara mandiri maupun kolaborasi dengan berbagai pihak seperti BukaLapak, perlahan-lahan kita melangkah bersama menuju mimpi besar itu.

Tertarik untuk bergabung? Mau merasakan punya teman seperjuangan untuk berbagi suka duka menjalankan usaha? Masih ada banyak kegiatan seru yang akan hadir untuk kamu, jadi lain kali ada kegiatan kumpul lagi bersama Qasir, kunci jadwal kamu dan langsung ikutan ya!

#Qasir

Share artikel ini