Event

Qasir, Asisten Terpadu untuk Manajemen & Keuangan Usaha Kamu

17 Aug 2019, Ditulis oleh Kezia Sabrina

Qasir, Asisten Terpadu untuk Manajemen & Keuangan Usaha Kamu

Kesehatan sering disebutkan sebagai harta manusia yang paling berharga. Apakah kamu setuju dengan anggapan ini, BossQ?

Tubuh kita menjadi aset utama untuk kita berkarya. Terlepas dari waktu, pekerjaan, relasi, dan harta benda yang kita miliki, hal-hal ini tidak akan bermakna ketika kita tidak dapat menikmatinya. Dari hari ke hari, sejak kita lahir hingga berapapun usia kita saat ini, tubuh kita menjadi andalan dalam beraktivitas. Meskipun demikian, tubuh hanya akan berfungsi secara maksimal ketika kita menjalankan kebiasaan baik dan membuat keputusan yang tepat untuk menjaganya. Tentunya dengan rutinitas yang meliputi olahraga teratur, tidur cukup, pola makan seimbang, dan konsumsi air putih sesuai kebutuhan, kesehatan jasmani kita akan tetap terjaga. Upaya yang sedikit lebih besar, seperti mengelola tingkat stres dan semangat positif, juga berperan dalam kesehatan jiwa kita. Dengan membiasakan rutinitas yang tepat, kesehatan pribadi akan terpelihara secara lebih optimal. Sebaliknya, jika kita mengesampingkan cara hidup ini, penyakit akan lebih mudah untuk melanda.

Sama halnya dengan tubuh kita, kesehatan usaha juga harus dijaga. Ini sangat diperlukan agar tidak mudah “masuk angin” ketika ada badai serta tidak mudah terkena sindrom buka-tutup, apalagi sampai harus gulung tikar. Nah, salah satu hal yang membuat usaha sering terkena “penyakit” adalah kemalasan dan kelalaian pelaku usaha dalam satu aspek dalam sistem manajemen yang terlihat biasa, yaitu mengurus pencatatan usaha.

Coba kita berandai-andai sejenak. Semakin hari, penjualan kelihatannya semakin meningkat. Ini hal baik, bukan? Kita pun semakin optimis dengan potensi usaha, sehingga merasa tidak perlu lagi mencatat setiap transaksi yang terjadi dan jumlah produk yang keluar-masuk. Ah, ini hanya pekerjaan remeh. Pelanggan juga tetap datang ketika kita tidak melakukan pencatatan secara detail, kan? Ya, pelanggan akan tetap datang pada awalnya. Walau demikian, kelalaian mencatat artinya lebih besar potensi pemasukan bolong karena hilang atau salah perhitungan keuangan, sehingga lebih besar pula kemungkinan merugi. Kemudian, kita perlu melakukan beberapa upaya lebih, misalnya mengeluarkan biaya tambahan untuk menjaga keberlangsungan bisnis. Bisa juga kita terdesak untuk menurunkan kualitas produk atau pelayanan usaha, yang dapat membuat pelanggan beralih kepada toko lain. Di atas semuanya itu, pencatatan usaha yang tidak lengkap mempersulit wirausahawan untuk mengurus Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) dan Tanda Daftar Perusahaan (TDP) sebagai bukti legalitas bisnis. Ini baru sebagian kecil dari rentetan “penyakit” yang dapat menghampiri usaha dan kondisi keuangan kita hanya karena sebuah tugas sederhana, yaitu pencatatan.

Selain mencegah terjadinya berbagai gangguan dalam berbisnis, mengapa pencatatan begitu penting?

Setiap wirausahawan tentunya ingin sukses terlepas dari tolok ukurnya masing-masing, namun hanya sebagian yang berhasil mencapai titik tersebut. Media teknologi BBN Times menjelaskan bahwa salah satu faktor penentunya adalah financial planning atau perencanaan keuangan. Perencanaan keuangan yang baik menghadirkan sejumlah manfaat bagi bisnis yang dijalankan, misalnya penggunaan dana secara lebih bijaksana. Dengan perencanaan matang terhadap pajak, gaji, serta segala pengeluaran lain, wirausahawan dapat mengidentifikasi keperluan biaya dalam usaha berdasarkan prioritas yang lebih jelas. Manajemen dan perencanaan yang baik dalam hal ini juga membantu dalam memilih strategi pemasaran yang diimplementasikan dengan mengacu pada rasio biaya dan keuntungan. Selain itu, kita dapat lebih mudah memantau aset dan liabilitas bisnis serta mengevaluasi keuntungan dan kerugian perusahaan, sehingga dapat memilih strategi yang tepat untuk diimplementasikan. Di samping semua ini, perencanaan keuangan yang memadai memudahkan bisnis untuk memiliki pandangan jangka panjang yang lebih jelas tentang alokasi dana mereka. Analisis dan alokasi dana secara efektif jelas dapat berdampak positif terhadap usaha kita dalam jangka panjang.

Siapa yang mengira kebiasaan mencatat punya dampak yang begitu besar bagi kesehatan usaha dan keuangan kita?

Biasanya, perencanaan keuangan dalam bisnis memang membutuhkan tim penasihat dan pengelola keuangan. Meskipun begitu, tidak ada salahnya kita sebagai wirausahawan memahami dan menerapkan prinsip dasarnya, kan? Hal yang perlu kita pahami adalah untuk mampu mewujudkan usaha yang sukses, kita butuh perencanaan yang baik, dalam hal keuangan maupun aspek lainnya. Perencanaan yang baik akan selalu membutuhkan rekam jejak usaha sebagai data. Layaknya kita butuh melihat ke masa lalu untuk belajar dari kesalahan dan mampu menentukan langkah ke depan, begitu juga usaha kita membutuhkan data untuk dasar perencanaan strategi secara efektif. Untuk mendapatkan data yang tepat bagi sistem manajemen, butuh pencatatan yang dilakukan secara akurat, tidak peduli betapa membosankan dan melelahkannya.

Untungnya, di era digital ini, beragam masalah yang seringkali ditemui oleh wirausahawan sudah bisa ditangani secara mandiri dengan bantuan teknologi. Salah satunya aplikasi Qasir, suplemen paling mujarab untuk menjauhkan segala penyakit terkait manajemen dalam usahamu.

Fitur Lengkap Penunjang Kesehatan Usaha dan Keuangan

Chief Marketing Officer Qasir, Rachmat Anggara, menjelaskan peran dan kemampuan Qasir untuk menyehatkan usaha kita dalam acara Entrepreneur Talks yang diselenggarakan oleh Hana Gemintang School of Excellence. Mengusung tema “Financial Planning for UMKM”, kegiatan ini dilangsungkan di Ngalup Coworking Space, Malang pada bulan Juli 2019 silam.

Dengan begitu banyak aspek yang perlu diperhatikan secara rinci, mengelola usaha bukanlah perkara mudah. Ini sangat nyata dalam hal administrasi atau pencatatan usaha, yang tidak hanya terasa membosankan, tapi juga memakan banyak waktu dan tenaga. Belum lagi kalau kita tidak memiliki pengetahuan akuntansi sebelumnya.

Bagaimana cara kerja Qasir dalam menunjang usaha kita? 

Ketika kamu rutin menggunakan Qasir dalam operasional bisnis sehari-hari, ada beberapa efek yang bisa kamu rasakan secara jelas. Pertama, kamu bisa terbebas dari kekhawatiran akan biaya aplikasi. Mengapa? Karena aplikasi Qasir bisa digunakan secara gratis, tanpa batas waktu, batas akses pemakaian, maupun masa percobaan (trial). Dengan demikian, kamu pun bisa lebih awet muda karena tidak perlu mengernyitkan dahi memikirkan dampaknya terhadap kondisi keuangan kamu! Selain gratis, Qasir pun memiliki fitur yang lengkap dan mudah digunakan untuk pelaku usaha dengan segala usia.

Sebagai aplikasi, Qasir bisa dikatakan sebagai paket lengkap karena memiliki fitur yang mencakup segala aspek kegiatan usaha, seperti mengelola transaksi, produk, staf, stok barang, pajak, pembayaran, dan masih banyak lagi. Kita telaah lebih dalam yuk!

Fitur transaksi memberikan para wirausahawan pilihan untuk mencetak struk transaksi atau mengirimkannya via email kepada pelanggan sesuai kebutuhan. Aplikasi Qasir pun tetap bisa digunakan dalam kondisi offline. Semua data transaksi tersimpan dalam aplikasi dan akan dipindahkan ke dalam sistem secara otomatis setelah kembali terkoneksi dengan internet, sehingga manajemen operasional bisnis tidak terganggu. Qasir juga menyediakan pilihan pembayaran keuangan secara cash dan cashless untuk kenyamanan pelanggan. Fitur berikutnya, yaitu manajemen produk, memudahkan kamu untuk menambah, mengatur, dan menghapus produk dari toko Anda. Di samping kemudahan memantau kondisi stok, pelaku usaha bisa memesan berbagai produk dari distributor yang sudah bekerja sama dengan Qasir. Untuk wirausahawan yang memiliki lebih dari satu outlet, kamu bisa memantau setiap transaksi dari berbagai outlet melalui aplikasi ini. Tidak hanya itu, aplikasi Qasir juga mampu membantumu mengelola pegawai usaha, mulai dari data, lokasi kerja, dan hingga transaksi yang dilakukan. Terakhir, melalui Qasir, kamu pun dapat memasukkan jenis, persentase, status, serta produk yang dikenakan pajak. Dengan mudah, Qasir akan mencatat dan membuatkan laporan pajak toko kamu melalui sistem.

Sebagai aplikasi point of sales, Qasir menghadirkan asupan nutrisi baik secara lengkap untuk manajemen usaha yang lebih sehat di Indonesia. Dari beragam fitur yang ada, ini jelas bukan sekadar opini belaka, namun sebuah fakta. Setiap harinya, wirausahawan dapat mengetahui keuntungan, kerugian, barang yang paling laku, hingga pelanggan yang paling setia. Data dianggap barang mahal di era ini, sehingga akses untuk mendapatkan data kondisi usaha secara detail dan transparan menghasilkan manfaat besar dalam berbisnis. Dengan pengetahuan ini, setiap implementasi strategi dan manajemen usaha akan jauh lebih tepat sasaran, tanpa harus kesulitan!

Selain memberikan asupan nutrisi dan suplemen agar usaha lebih kuat, Qasir juga setia memantau usaha kamu dan menjawab keluh kesahmu. Mulai dari pelatihan (training) penggunaan aplikasi, program rutin EduQasir, hingga tim Customer Happiness yang siap dan sigap membantu ada di Qasir. Lengkap sudah rutinitas dan kebiasaan baik yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan usahamu!

Setelah ini, BossQ mau berbisnis secara lebih sehat bersama Qasir?

#Qasir

Share artikel ini