Event

Qasir Menjadi Satu-satunya Startup yang Lolos dalam Program Tinc Batch 8!

22 Feb 2023, Ditulis oleh Annisa

Qasir Menjadi Satu-satunya Startup yang Lolos dalam Program Tinc Batch 8!

Apakah kalian pernah memikirkan bagaimana perusahaan rintisan atau yang dapat kita sebut sebagai startup dapat berkembang pesat dalam waktu singkat? Tentunya menjadi ada berbagai cara agar perusahaan ini dapat cepat berkembang, salah satunya melalui program akselerasi dari Tinc (Telkomsel Innovation Center).

 

Apa itu Tinc?

 

Tinc merupakan platform akselerasi startup untuk berbagai solusi digital berbasis teknologi terbaru, yang mana program ini bertujuan untuk mendorong pengembangan startup lebih cepat.

 

Teknologi terkini yang mereka gunakan untuk membantu para startup ini, antara lain: Internet of Things (IoT), Big Data, Artificial Intelligence (AI) & Machine Learning, solusi berbasis teknologi 5G, Financial Technology (Fintech), dan sebagainya. 

 

Seperti yang kita ketahui, inovasi digital memerlukan kolaborasi tiga pihak yaitu innovator, partner, dan investor. Pihak startup memiliki peran sebagai inovator yang mana memberikan ide dan cara merealisasikannya, partner adalah pihak yang memberikan dukungan para inovator untuk memperbesar serta memperkuat bisnis, sedangkan investor adalah pihak yang memberikan funding agar ide innovator terealisasi. Karena itulah Tinc hadir untuk memudahkan agar ketiga poin ini terpenuhi, sehingga startup lebih cepat berkembang dan settle.

 

Program Akselerasi Tinc 

 

Selanjutnya Qasir perlu menjalani program akselerasi. Di tahap ini, startup harus memiliki produk yang sudah dites fungsinya pada market kecil dan sudah mendapatkan respon yang positif dari public. Sehingga mudah untuk terakselerasi ke market yang lebih luas.

 

Proses Program Akselerasi yang akan Diikuti oleh Qasir

 

1. Pengajuan Ide

Memulai proses pengembangan bisnis dengan program intensif selama 6 bulan.

 

2. Bootcamp dan Workshop

Sesi bulanan yang diisi dengan pengetahuan baru dan studi kasus nyata yang bertujuan untuk memberitahu hal-hal penting yang kelak dibutuhkan untuk membuat solusi bisnis.

 

3. Mentorship

Mentoring di bidang bisnis, technical, dan industrial. Tinc akan memberikan fasilitas mentoring dengan sosok yang sudah berpengalaman di bidang-bidang tersebut.

 

4. Funding

Innovator akan bergabung bersama Tinc untuk menerima pembiayaan, berdasarkan penelitian serta pengembangan yang sudah ada di setiap tahapan.

 

5. Presentasi di Depan Para Investor

Tinc memberikan kesempatan agar para startup dapat mendapatkan investor terbaik. Para inovator akan dipersilakan mempresentasikan produk beserta solusi bisnisnya, di depan para investor potensial.

 

Qasir satu-satunya Startup yang Terpilih untuk Mengikuti Tinc Batch 8

 

Melalui penilaian yang ketat serta proses yang panjang, pada akhirnya Tinc memilih Qasir untuk bergabung di program akselerasi. Qasir dinilai terbukti menciptakan peluang ekonomi yang setara untuk UMKM. Hal ini dikarenakan, kendati sudah di era digital kenyataannya akses untuk mendapatkan teknologi yang bagus masih mahal dan susah digunakan untuk kaum menengah ke bawah.

 

Sejak tahun 2015, Qasir sudah membantu ribuan UMKM dengan menyediakan teknologi POS (Point of Sale) dengan harga terjangkau, dan mudah untuk digunakan. Tak hanya itu, Qasir juga berkolaborasi dengan komunitas usahawan di seluruh Indonesia dan memberikan dukungan langsung berupa pendampingan, edukasi, hingga bantuan permodalan agar UMKM mampu bersaing di era digital.

 

Tinc Melihat adanya Potensi Qasir Berkembang

 

Dalam kurun waktu 6 tahun, Qasir mampu menaikkan user hingga 60% di tahun 2021. Bahkan Qasir menjadi satu-satunya aplikasi POS yang digunakan 1 juta user pada kuartal pertama tahun 2022. 

 

Melihat hal ini, dewan juri yang terdiri dari senior leader Telkomsel dan para ahli di bidang startup pun memberikan feedback yang positif terhadap Qasir. Hal lain yang meyakinkan para juri adalah adanya tim internal Qasir yang dinilai solid dan memiliki business plan yang matang untuk memperluas pasar.

 

Dengan adanya kerjasama dengan Telkomsel dan lolosnya Qasir di program Tinc Batch 8, diharapkan dapat mempercepat perkembangan bisnis. Sehingga Qasir dapat menjadi salah satu perusahaan yang sehat secara finansial dan mampu terus membantu para pegiat UMKM di Indonesia!

 

#Qasir

Share artikel ini