Inspirasi
15 Alasan Branding Penting untuk Mengembangkan Usaha
Di dunia bisnis, kita kerap mendengar kata 'branding'. Konon branding merupakan hal penting yang bisa membuat usaha semakin berkembang. Nah lho, kalau begitu apa sih branding itu?
Apa itu Branding?
Dilansir dari shopify, branding memiliki makna yang berarti proses membuat identitas sebuah bisnis agar terpatri di pikiran target marketing kita.
Proses branding ini bisa dilakukan melalui logo, desain visual, misi perusahaan, kualitas produk, pelayanan, bahkan harga, begitu juga aspek-aspek lainnya yang berujung pada perspektif target marketing terhadap produk kita.
Mengapa Branding itu Penting?
Apa yang terlintas di pikiran kalian ketika melihat logo McDonald's? Ayamnya enak, disukai semua kalangan, menunya ramah anak-anak, harganya rata-rata, nuansa merah kuning hitam, pelayanannya ramah?
Atau apa yang kalian pikirkan saat melihat brand Louis Vuitton? Mewah, Made in France, harga mahal, kualitas bagus, orisinil?
Nah dari contoh di atas, kita bisa melihat bahwa sebuah brand tentunya tidak ingin terlihat 'jelek' di mata target audiencenya. Sehingga sebelum itu terjadi, kalian harus melakukan branding yang bagus-bagus terlebih dahulu.
15 Alasan Branding Dibutuhkan untuk Mengembangkan Usaha
1. Membedakan dari Pesaing
Branding produk adalah salah satu cara untuk menonjolkan produkmu dengan brand pesaing.
2. Membangun Kepercayaan Pelanggan
Branding mampu meningkatkan kepercayaan, yang mana berujung memberikan rasa 'trusted' pada diri target audience kita.
3. Meningkatkan Nilai Usaha
Nilai usahamu bisa lho meningkat lewat cara branding yang tepat.
4. Mempermudah Mendapat Mitra Bisnis
Kalau usahamu mempunyai branding yang bagus, maka tak hanya pelanggan, tetapi calon mitra bisnis pun akan lebih percaya. Apalagi kalau kalian mempunyai bisnis yang harus bekerja sama dengan banyak pihak.
5. Meningkatkan Kesadaran Merek
Analoginya seperti ini, jika kita melihat font yang dipakai Disney, kendati bukan tulisan D i s n e y, tapi menggunakan kata lain, tetap saja yang terlintas di kepala kita adalah Disney.
6. Mempermudah Proses Pemasaran dan Promosi
Ketika kita sudah punya branding yang kuat, tentunya akan lebih mudah bagi kita untuk menjual produk.
7. Membantu Memberikan Reputasi Positif
Seperti yang sudah dibahas di atas, kita bisa menghindari reputasi yang jelek, apabila kita branding yang brand kita dengan apik terlebih dahulu.
8. Branding untuk Mempertahankan Pelanggan
Kalau sudah percaya pada produk kita, tentunya loyalitas mereka juga meningkat. Sehingga lebih sulit untuk berpindah ke produk lain, jika mereka sudah 'suka' dengan brand kita.
9. Membantu Menentukan Harga Produk dan Jasa
Ketika proses branding, kita bisa lho menaikkan dan menurunkan harga dengan lebih mudah. Semisal kita membranding produk kita mengalami kenaikan harga bahan, yang mana kalau tidak dinaikkan harga produknya, perusahaan bisa gulung tikar.
10. Mempermudah Menarik Calon Pelanggan Baru
Selain bisa mempertahankan pelanggan lama, branding juga bisa mempermudah kita menarik calon pelanggan baru lho!
11. Meningkatkan Daya Saing
Jangan khawatir kalah dengan saingan. Karena selama kamu bisa membranding produkmu dengan benar, akan selalu ada pelanggan yang akan beli.
12. Menciptakan Nilai Tambah
Ingat, branding yang bagus merupakan nilai plus di mata target marketing kita.
13. Mempertahankan Reputasi
Reputasi brand tidak selamanya bagus. Karena itu, proses branding ini harus dilakukan terus menerus.
14. Mempermudah Produk Laku
Produk kamu jadi lebih mudah terjual kalau pelanggan sudah cinta sama brand kamu!
15. Menciptakan Hubungan Jangka Panjang dengan Pelanggan
Branding merupakan salah satu cara untuk kita berkomunikasi dengan pelanggan. Semisal cara kita yang sopan menjawab box QnA, dan lain-lain itu adalah proses branding yang membuat hubungan brand kalian dan pelanggan awet.
Cara Branding yang Bagus untuk Menjalankan Usaha
1. Tentukan target pasar Anda dan fokuskan pada mereka
2. Buat nama dan logo yang mudah diingat
3. Gunakan warna, font, dan gaya bahasa yang konsisten dalam semua komunikasi bisnis
4. Luangkan waktu dan sumber daya untuk membangun citra merek yang kuat melalui media sosial, iklan, dan promosi
Jangan lupa untuk tidak berhenti branding usahamu terus menerus ya. Karena sekelas perusahaan besar saja yang brandnya sudah kuat saja, mereka masih terus menggelontorkan banyak dana untuk proses branding ini. Tentunya agar reputasi mereka terus bagus, dan mempertahankan kekuatan brand.
#Qasir #Branding #PersonaBranding