Inspirasi
Jenis Diskon yang Paling Banyak Diminati Konsumen
Siapa yang tidak suka diskon? Kamu juga suka kan? Berapa kali kamu tergoda hingga akhirnya membeli barang yang sebenarnya tidak terlalu diperlukan gara-gara program diskon?
Ya, diskon memang menjadi senjata ampuh pemasaran. Untuk menumbuhkan kesetiaan pelanggan sekaligus menggaet pelanggan baru, program diskon perlu dilakukan sesekali.
Tapi perlu diingat, diskon hanyalah strategi jangka pendek dan dilakukan sesekali saja dengan tujuan meningkatkan penjualan, terutama di saat-saat penjualan tengah mengalami penurunan. Penting juga untuk mensosialisasikan program diskon di tokomu agar banyak yang melihat, mengetahui dan tertarik untuk membeli.
Ada beberapa alasan spesifik mengapa diskon perlu dilakukan, bahkan oleh usaha mikro dan usaha kecil sekalipun.
Meningkatkan Kunjungan
Ini berlaku bagi usaha online maupun offline. Berikan jangka waktu yang terbatas agar pelanggan merasa perlu memanfaatkan program diskon ini dengan segera. Meningkatkan kunjungan bukan hanya berguna untuk membuat laris produk dengan harga diskon saja, namun juga kesempatan untuk pelanggan melihat produk reguler pun jadi lebih besar. Sebesar kemungkinan mereka tertarik untuk membelinya.
Meningkatkan Volume Penjualan
Sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui. Dengan adanya program diskon, kemungkinan konsumen juga membeli produk reguler selain produk dengan harga diskon juga lebih tinggi. Dengan demikian, maka penjualan secara keseluruhan pun akan mengalami peningkatan dibanding tanpa program diskon. Jadi, selalu ingat untuk tidak hanya terfokus pada produk yang didiskon, namun perhatikan juga produk regulermu.
Memenuhi Target Laba
Banyak faktor yang membuat penjualan menjadi lesu, sementara target keuntungan tetaplah harus dipenuhi. Program diskon dapat menjadi jalan keluarnya. Pastikan kamu sudah melakukan perhitungan yang matang agar program diskon benar-benar bisa mendatangkan revenue, bukan hanya meningkatkan volume belanja.
Memperkuat Ikatan dengan Pelanggan
Ucapan terima kasih kepada pelanggan setia tidak melulu harus berupa hadiah. Kamu juga bisa memberikannya lewat program diskon. Jika semakin banyak pelanggan yang betah berbelanja terus menerus di tokomu, bukan tidak mungkin mereka akan mempromosikan toko dan produkmu dengan sukarela.
Menghabiskan Stok (Cuci Gudang)
Ketika produk baru sudah tersedia namun produk lama belum habis, apa yang harus dilakukan? Jual dengan harga diskon. Tempatkan barang-barang yang didiskon di depan toko kamu untuk membuatnya lebih terlihat. Ingat untuk mengatur besaran diskon dengan cermat agar tidak mengganggu keuntungan kamu.
Baca juga:
Pilih Jenis Diskon yang Paling Cocok
Ada banyak jenis diskon yang belakangan ini sedang naik daun. Qasir merangkumnya agar bisa kamu pilih sesuai tipe usaha, bujet, dan konsumen yang cocok dengan usaha kamu.
1. Diskon Pesanan Pertama
Diskon pesanan pertama adalah cara yang sering digunakan penjual online belakangan ini. Singkatnya, kamu menawarkan diskon baru kepada pelanggan baru untuk pembelian pertama mereka dari toko kamu. Agar pelanggan tidak pergi setelah melakukan pembelian pertama, kamu perlu kombinasikan dengan kualitas yang terjaga konsistensinya serta layanan pelanggan terbaik. Jika berhasil menjaga itu semua, dijamin kamu akan bisa memenangkan kepercayaan dan loyalitas pelanggan.
2. Diskon BOGO (Buy One Get One)
Journal of Marketing menemukan sesuatu yang pelanggan lebih suka daripada potongan harga, yaitu barang gratis. Cukup dengan menggunakan kata gratis dalam promosi, kamu dapat mendorong lebih banyak pembeli untuk membeli. Meski "beli satu, dapatkan satu gratis" secara angka sama dengan diskon 50% untuk dua item — tetapi yang pertama terdengar jauh lebih menggiurkan bagi pelanggan.
Alasan utama pembeli karena pembeli membenci jika harus menghitung. Pembeli tidak ingin menghitung berapa harga setelah ada diskon 20% atau berapa banyak pesanan mereka jika ingin menggunakan kupon diskon dengan nilai tetentu. Dengan diskon BOGO, tidak ada matematika! Yang ada: Gratis!
3. Diskon Ongkir
Menurut studi Business Insider, biaya pengiriman yang tinggi adalah penyebab nomor satu transaksi online gagal diselesaikan. Itulah sebabnya menawarkan diskon pengiriman gratis dapat membantu memenangkan pelanggan baru. Agar tidak rugi, kamu bisa menetapkan diskon atau gratis ongkir dengan menentukan ambang batas nilai pesanan minimum.
4. Diskon Bundel
Diskon bundel adalah salah satu cara kamu dapat membuat pelanggan baru untuk mencoba beberapa produkmu sekaligus. Diskon ini juga berguna untuk menolong produk yang kurang populer. Bukan karena produk itu jelek, tapi orang-orang mungkin belum “ngeh” dengan value-nya. Dengan harga spesial membeli bundel, pelanggan akan merasa tidak terlalu rugi banyak dengan mencoba beberapa produk sekaligus.
5. Diskon dengan Periode
Dengan memberikan program diskon pada waktu yang ditentukan, misalnya “Dapatkan diskon 50% all item di setiap pembelanjaan mulai pukul 12.00 – 18.00”, atau mungkin program “Friday Sale”, kamu bisa menumbuhkan rasa khawatir dalam diri konsumen jika tidak segera membeli produkmu. Tapi pastikan diskonnya signifikan, atau gunakan produk terlaris.
6. Diskon Barter Posting
Memberikan discount 20% bagi pelanggan yang mengepostkan foto produk yang sudah dibeli sebelumnya ke dalam social media (Facebook, Instagram, Twitter, dll) disertai dengan kata-kata yang dapat menarik pelanggan lain untuk membeli produk tersebut adalah jenis promosi yang banyak diberlakukan belakangan ini. Pembeli nantinya juga harus mention account social media tempat menjual produk tersebut. Cara ini ampuh untuk mengembangkan brand awareness di kalangan konsumen dan calon konsumen.
7. Diskon Ulang Tahun
Memberikan diskon pada pelanggan yang sedang berulang tahun dapat memberikan kesan akrab dan personal antara brand kamu dengan konsumen. Pembeli hanya perlu menunjukkan kartu tanda pengenal mereka (KTP). Promo seperti ini biasanya diterapkan di banyak klinik kecantikan, restoran, dan tempat-tempat lainnya. Bisa juga diterapkan untuk mereka yang berulang tahun di bulan yang sama dengan tokomu, atau dengan hari besar nasional.
9. Diskon Cashback
Pemberian cashback sebetulnya sama dengan diskon potongan harga, hanya saja yang membedakan adalah, diskon diberikan berupa potongan dalam bentuk persentase atau potongan harga, sedangkan cashback dapat berupa rupiah. Gunakan cara ini untuk pembelian jumlah besar agar konsumen termotivasi untuk memperbesar basket size mereka.
10. Diskon Member
Jika biasanya diskon model ini menggunakan kartu keanggotaan, kamu juga bisa melakukannya dengan cara “membawa 5 struk diskon 50% pemesanan ke-6”. Program seperti ini merupakan strategi promosi dari brand untuk mempertahankan pelanggannya. Kamu pun bisa mencobanya untuk menjaga loyalitas pelanggan.
Kesalahan untuk Dihindari dalam Menetapkan Program Diskon
Hati-hati, jangan sampai penjualan produkmu tergantung pada diskon! Banyak produsen atau penjual yang tidak bisa menjual tanpa adanya program diskon. Mengapa demikian? Untuk menjawabnya, hindari empat kesalahan diskon yang paling umum:
1. Mendiskon tanpa tujuan yang jelas.
Tetapkan tujuan konkret, jika kamu sudah bisa menetapkan ini, kamu akan lebih tegas menyetop program diskon mana kala tujuan sudah dicapai. Jangan terlena dengan penjualan yang membludak saat diskon. Justru penjualan saat tidak diskonlah yang harus jadi perhatian utama.
2. Lupa mempertimbangkan keuntungan.
Penjualan yang lebih sering belum tentu sama dengan margin yang lebih banyak, terutama kalau penjualan itu bertumpu pada promo atau diskon. Memang ada biaya yang dihabiskan untuk promosi. Tapi semuanya harus melalui perhitungan agar kamu tidak tekor, tapi tetap CUAN.
3. Mendiskon terlalu sering.
Jangan sampai pelanggan berfikir, nanti saja belinya, toko “Anu” pasti ngasih diskon kok. Tunggu aja. Kalau pelanggan sudah meremehkan program diskon yang kamu buat, artinya kamu sudah kelewat sering memberi diskon.
4. Gagal mengubah pelanggan baru menjadi pelanggan setia.
Ada diskon untuk menarik pelanggan baru, ada diskon dengan tujuan meningkatkan loyalty. Selang-selingi program diskon di tokomu agar pelanggan lama tidak merasa diabaikan.
Set Diskon Lebih Mudah dengan Aplikasi Qasir
Qasir kini hadir dengan fitur Kelola Diskon. Dengan fitur ini kamu bisa mengelola diskon kamu sekali saja untuk diterapkan secara otomatis selama periode yang bisa kamu atur sesuai kebutuhan.
Dengan fitur Kelola Diskon, kamu akan mendapatkan keleluasaan untuk:
-
Membuat diskon dalam persentase
-
Membuat diskon dalam nominal
-
Mengatur periode diskon
-
Membuat jadwalkan diskon
-
Mengatur minimum pembelian
-
Memantau laporan diskon
-
Mengatur beberapa model diskon sekaligus
Untuk bisa memanfaatkan fitur ini, aktifkan dulu fitur premium di halaman Beranda pada aplikasi. Kamu hanya perlu membayar satu kali saja untuk pemakaian fitur Kelola Diskon ini. Jika belum memiliki aplikasi Qasir untuk usahamu, klik di sini untuk mendownload. GRATIS!