Inspirasi

Sudahkah Kamu Punya Karakter untuk Jadi Usahawan Sukses? 

22 Aug 2020, Ditulis oleh Kezia Sabrina

Sudahkah Kamu Punya Karakter untuk Jadi Usahawan Sukses? 

Apa sih definisi sukses buat kamu? 

Banyak yang bilang sukses artinya melakukan sesuatu dan mampu berhasil. Ada yang mengejar kehidupan berlimpah sebagai parameter sukses. Ada juga yang bilang bahwa sukses itu bukan perkara materi, asalkan bisa hidup dengan nyaman dan bahagia. 

Apa pun hal yang kita kejar dalam perjalanan hidup, buah dari upaya yang sukses itu relatif. Meski begitu, sebagai sesama pelaku usaha, sukses biasanya digambarkan dengan kemampuan mengelola usaha dari kecil hingga mencapai titik stabil, bahkan mampu terus berkembang menjadi lebih besar dan menghasilkan keuntungan yang dapat terlihat jelas. 

Bagi usahawan yang baru merintis usahanya, mungkin mencapai tahap sukses rasanya begitu jauh. Menjalankan sebuah usaha, terlebih dari skala UMKM, butuh ketahanan yang kuat, karena selain perjalanannya dipenuhi oleh berbagai tantangan maupun percobaan yang gagal, ada begitu banyak aspek juga yang perlu dikelola secara cermat. Hasilnya juga tidak bisa kelihatan dalam satu atau dua hari, tapi dengan berproses, jalannya usaha akan semakin matang. Walau begitu, hasilnya akan setimpal kok! 

Pertanyaannya, apa bisa kita sebagai pemain di bidang UMKM jadi sukses? Eits, jangan salah. Banyak lho usahawan lokal yang berhasil merintis usaha dari bawah. Coba kita lihat empat contoh usahawan muda dan sukses ini. 

Pertama adalah Yasa Singgih, yang sejak remaja sudah giat memikirkan cara mendapatkan uang. Diulas oleh Finansialku, upaya Yasa tidak luput dari kegagalan mencoba berbagai bentuk usaha, sebelum kini berhasil dengan usaha di bidang fashion, Men’s Republic. Mengutip dari InterActive, beberapa anak muda tanah air juga berhasil mengembangkan usahanya menjadi yang unggulan. Misalnya Yukka Harlanda, yang sukses mengembangkan produk sepatu dari UMKM produksi skala kecil hingga menghasilkan brand Brodo. Reza Nurhilman perlu mencoba menekuni usaha barang elektronik hingga pupuk selama empat tahun, sebelum berhasil mengembangkan keripik pedas Maicih yang terkenal dan memiliki sejumlah reseller serta omset miliaran rupiah setiap bulannya. Kalau rajin main ke mall, mungkin kamu bertemu dengan gerai makanan penutup a la Jepang, Shirokuma. Dari kepekaannya melihat selera orang Indonesia, Michelle Widjaja bisa menghasilkan ide UMKM yang unik, menarik, dan tepat sasaran, bahkan bisa balik modal dalam waktu lima bulan serta berkembang pesat, sebagaimana diulas Tempo

Usahawan mana pun pasti menghadapi kegagalan dalam perjalanannya menuju sukses seperti saat ini. Coba bayangkan kalau keempat usahawan muda ini menolak mengerjakan setiap ide UMKM yang mereka miliki, membuat perencanaan yang seadanya saja, serta menyerah di tengah jalan. Apa yang terjadi? Mungkin mereka tidak akan mencapai tahap sukses seperti saat ini. 

Prosesnya berkepanjangan yang tidak terlepas dari tantangan, tapi hal yang menentukan hasil akhirnya adalah karakter dan pola pikir yang tepat. Mengapa karakter dan pola pikir ini menjadi begitu penting? Karena keduanya akan menuntun setiap tingkah laku dan pilihan yang kita buat sebagai usahawan, sehingga kemudian akan berimbas pada strategi yang kita terapkan. 

Kunci sukses terletak pada karakter dan pola pikir yang kita miliki dalam merespons setiap tantangan yang kita hadapi. Kunci sukses menjalankan sebuah usaha sebenarnya ada di tangan kita. 

Karakter dan Kualitas yang Menjadi Kunci Sukses dalam Menjalankan Usaha 

Mau jadi seperti para usahawan yang berhasil mengembangkan UMKM-nya? Yuk kita simak beberapa karakter serta kualitas yang biasanya ada pada diri pelaku usaha yang sukses. 

Karakter Sukses #1: Berpikiran kreatif dan terbuka


Apa sih persamaan empat usahawan sukses tadi? Ya, seperti semua usaha lainnya, usaha mereka pun dimulai dari sebuah ide. Meski kelihatannya kecil, ide adalah bibit yang menentukan pertumbuhan usaha. Mereka mampu melihat segala sesuatu di sekitar mereka dengan pola pikir terbuka dan menjadikannya peluang baru. Karena itu, sangat penting untuk terus berusaha menghasilkan ide baru serta strategi kreatif yang lebih baik dalam menjalankan usaha. Cobalah untuk tidak cepat puas dengan hasil atau keadaan saat ini, tapi biasakan diri untuk berpikir di luar ide yang biasa dan mencari solusi yang berbeda. 

 

Karakter Sukses #2: Punya gairah yang besar terhadap bidang yang diminati

Susah cari ide usaha? Tidak perlu sulit mencari yang terlalu muluk kok! Coba mulai dari hal-hal sederhana yang kamu minati, misalnya makanan, pakaian, atau kerajinan tangan. Kenapa? Karena kalau kita tidak punya gairah untuk mengerjakan usaha kita, akan sangat sulit untuk menjalankannya, apalagi mencapai titik sukses yang diharapkan. Lebih baik tidak memaksakan bidang yang tidak menarik untuk kita. Sebaliknya, ketika benar-benar suka dengan bidang usaha kita, meskipun berat, kita akan punya kecintaan serta dedikasi yang lebih besar dalam mengerjakannya, bahkan memberikan upaya yang lebih dari biasanya, sehingga terdapat potensi lebih besar menjadikannya usaha yang sukses. 

 

Karakter Sukses #3: Punya motivasi tinggi

Bukan hanya gairah dan minat yang penting, tapi juga bagaimana kita menghidupinya dari hari ke hari. Proses menjalankan usaha memang tidak mudah, tapi bukan berarti langsung kalah dan menyerah. Ketika usahawan punya minat dan hasrat yang besar terhadap ide dan bidang usaha yang ditekuni, ia tidak akan tanggung-tanggung untuk mengerahkan waktu dan tenaganya agar bisa meluncurkan serta menjalankan usaha tersebut. Dalam sebuah wawancara, Steve Jobs pernah mengatakan, "Saya yakin bahwa sekitar setengah dari apa yang membedakan pelaku usaha sukses dari yang tidak sukses adalah ketekunan murni." Motivasi yang dipupuk terus menerus dan tertuang dalam setiap usaha tidak akan pernah sia-sia, bahkan menjadi karakter yang menetap serta kekuatan untuk kita melalui segala tantangan yang ada. 

 

Karakter Sukses #4: Optimis dalam berpikir

Perhatikan cara kamu berpikir. Lebih banyak positif atau negatifnya? Seperti tadi kita sudah bahas, proses menjalankan usaha akan dihadiri oleh banyak tantangan. Kalau kita punya pola pikir yang cenderung lebih negatif, semangat kita akan cepat habis lalu menyerah. Bahaya, kan? Karena itu, lebih baik kita memikirkan hal-hal yang memang bisa kita lakukan dengan sebaik mungkin, terlepas dari keadaan yang sedang dihadapi. Karakter optimis bisa kita tumbuhkan secara perlahan. Ketimbang memikirkan tentang kesalahan di masa lalu atau kemungkinan untuk gagal, lebih baik fokus untuk melangkah maju. Ganti cara pandang kita melihat tantangan sebagai peluang, bukan lagi aral melintang, sehingga kita terus meraih hasil yang lebih baik dan menjadi selangkah lebih dekat menuju sukses. 

 

Karakter Sukses #5: Disiplin dan fokus ke masa depan

Apa visimu untuk 1, 2, atau bahkan 5 tahun ke depan? Usahawan sukses biasanya selalu melihat ke masa depan. Ide, minat, dan semangat tidak cukup kalau tidak memiliki rencana yang terarah. Tidak jarang mereka membuat tujuan spesifik yang diinginkan, bahkan membuat perencanaan yang jelas untuk mencapai tujuan tersebut. Tidak mengherankan kalau mereka punya peluang yang lebih tinggi untuk mencapai definisi sukses yang diharapkan. Di samping fokus terhadap strategi yang membuat usaha berjalan, mereka juga mengambil langkah untuk terus maju setiap harinya secara disiplin dan konsisten. 

 

Karakter Sukses #6: Proaktif berusaha

Dengan motivasi dan determinasi yang tinggi, usahawan sukses biasanya tahu kalau mereka harus mulai dari diri sendiri, bukan menunggu ajakan orang lain. Mereka secara langsung menetapkan standar dan memastikan bahwa setiap upaya yang terlibat dalam proses usaha sesuai. Biasanya, mereka juga tergerak untuk mencari informasi yang dibutuhkan secara mandiri untuk kemudian diterapkan dalam usaha masing-masing. Mengapa karakter ini penting? Karena di tengah zaman yang begitu cepat ini, mau tidak mau kita perlu terus mengasah kemampuan dan mengikuti perkembangan supaya tidak mudah kalah dalam persaingan. 

 

Karakter Sukses #7: Terampil membangun relasi dengan orang lain



Ketika memulai dan menjalankan sebuah usaha, biasanya kita tidak sendirian, kan? Pasti butuh bantuan orang lain dalam berbagai aspek untuk bisa bersama mewujudkan keberhasilan usaha. Karena itu, kita perlu belajar membangun relasi yang baik dengan orang lain. Misalnya, cobalah jadi lebih ramah dan hangat dengan orang-orang di sekitar kita, sehingga lambat laun mereka akan lebih terbuka untuk mendengarkan ide yang kita miliki. Hal ini sangat penting, apalagi kalau baru memulai usaha, karena pasti memerlukan dukungan dari orang-orang di sekitar. Bagaimana kalau kita sebenarnya punya karakter yang sulit bersosialisasi? Sadari kalau ini bukan untuk keperluan pribadi, tapi keberhasilan usaha kita. Ketika kita bisa membangun komunikasi dan hubungan yang baik, akan lebih mudah untuk menjual ide kita secara meyakinkan, mendapatkan pelanggan potensial, atau bahkan memotivasi orang lain memberikan bantuan yang berharga untuk menjadi sukses. 

Baca juga:

 

Karakter Sukses #8: Adaptif & banyak akal

Meskipun kita akan bekerja sama dengan banyak orang dalam perjalanannya, biasanya kita akan lebih banyak berupaya sendiri di masa awal usaha, misalnya dalam melakukan pencatatan dan pembukuan, mengelola operasional sehari-hari, atau bahkan menangani penggunaan media sosial dan e-commerce. Karenanya, sangat perlu untuk menumbuhkan karakter adaptif dalam diri. Apalagi, di tahap ini sangat perlu untuk menghemat biaya. Mau tidak mau, kita perlu untuk siap dan bisa beradaptasi dengan berbagai situasi yang tidak biasa ini. Agar bisa sukses, usahawan perlu bisa memanfaatkan apa pun yang mereka miliki, baik waktu, uang, maupun tenaga dengan berbagai cara secara adaptif namun tetap cermat, sehingga menghasilkan solusi yang dibutuhkan dalam usaha. Agar tidak membebani operasional usaha kamu, pakai aplikasi Qasir. Satu aplikasi saja untuk segala kebutuhan. Download di sini.

 

Karakter Sukses #9: Berani dan mampu membuat keputusan

Usahawan harus mau mengambil risiko untuk bisa menjadi sukses, tapi bukan sembarang risiko. Usahawan perlu tetap membuat perencanaan serta perkiraan terkait hal-hal yang belum terlihat dari risiko tersebut. Setiap keputusan diperhitungkan agar dapat memberikan hasil terbaik untuk diri dan usaha yang dijalankan. Meski begitu, seringkali mengambil risiko dan membuat keputusan bukan langkah mudah, ya? Tidak jarang kita meragukan diri sendiri serta khawatir akan hasil dari keputusan tersebut. Perlu kita ingat bersama bahwa tidak ada ruang untuk menunda mengambil keputusan dalam sebuah usaha. Setiap hari adalah peluang yang sangat berarti, sehingga ketimbang dibiarkan berlalu begitu saja, setiap hari perlu diisi dengan keputusan yang berani namun tetap hati-hati agar tetap bermanfaat. 

Bagaimana menurut kamu, BossQ? Sudah semakin paham kunci sukses untuk menjalankan usaha? Pastinya beberapa karakter serta pola pikir ini bisa jadi acuan bersama untuk lebih siap lagi menempuh perjalanan panjang sebagai usahawan. Nah, bagaimana kalau belum punya karakter dan kualitas seperti ini? Jangan khawatir! Kita akan selalu bisa membentuk diri jadi lebih baik lagi kok, asalkan ada kemauan. Ini hal-hal yang sebenarnya bisa kita mulai dan lakukan mulai dari diri sendiri, mulai dari hari ini. Ingat, seperti UMKM yang dijalankan akan berproses, kita sebagai usahawan pun perlahan akan berproses, supaya nantinya sesuai harapan, kita benar-benar bisa mencapai titik sukses. Semangat terus ya!

#Qasir

Share artikel ini