Inspirasi

Ketahui Tandanya Usaha Kamu Sudah Butuh Modal Tambahan

18 Jun 2021, Ditulis oleh Putri Anggia

Ketahui Tandanya Usaha Kamu Sudah Butuh Modal Tambahan

Tidak terasa ya, usaha yang dulu kamu rintis dengan susah payah sekarang sudah berjalan beberapa tahun. Di awal permulaan membuat usaha, rasanya tidak terbayang kalau usaha ini bisa bertahan sejauh ini, bahkan banyak perubahan yang tidak direncanakan yang membuat usahamu tumbuh hingga seperti sekarang. Tapi begitulah dunia usaha, begitu dinamis dan kadang tidak bisa diprediksi meskipun semua sudah direncanakan dengan matang. 

Semua pencapaian ini tentu saja harus disyukuri, namun kita tidak bisa cukup berpuas diri dengan baru mencapai satu titik saja kan? Jangan lupa jika usahamu lebih sukses lagi, akan banyak orang-orang yang terbantu. Usaha yang berkembang juga bukan tentang seberapa banyak rupiah yang kamu kumpulkan tapi seberapa besar impact dan value yang kamu sebarluaskan melalui usahamu ini. 

Untuk itu, kamu perlu meninjau lagi ulang kondisi usahamu, jangan-jangan ini sudah waktunya usahamu mendapatkan suntikan dana tambahan. Sebelumnya kamu perlu tahu dulu ya, apa aja sih, tujuan suntikan dana tambahan untuk usaha yang sudah berjalan seperti milikmu?

1. Buka Cabang

Ini adalah alasan yang paling umum suatu usaha membutuhkan suntikan dana tambahan. Buka cabang atau ekspansi usaha.

Misalnya begini, kamu punya toko roti panggang di daerah Ciputat. Karena uniknya roti panggang kamu terkenal sampai ke Cipete. Sekali dua kali, pelangganmu yang di Cipete masih mau datang atau beli via OJOL, namun akhirnya merka mulai rewel minta kamu buka cabang di Jakarta Selatan. Tapi sayangnya dana yang ada belum mencukupi. Inilah saatnya kamu membutuhkan modal tambahan.

Ekspansi juga bisa terjadi karena alasan lain, misalnya usaha sudah berjalan stabil dan ingin menambah jumlah produksi, kamu melihat peluang keuntungan yang lebih besar dari model bisnismu sudah tervalidasi, bisa juga karena memang permintaan semakin besar dan kamu sudah tidak memenuhinya tanpa tambahan sumber daya. 

2. Tambahan Inventaris

Selain rencana untuk ekspansi, menambah inventaris juga bisa menjadi alasan yang tepat bagi kamu untuk menambah suntikan modal. Misalnya saja kamu bakery yang sudah membutuhkan oven tambahan atau alat lain yang bisa membuat skala produksimu semakin besar. 

3. Stabilitas Arus Kas

Ada kalanya, usaha berjalan tidak sesuai dengan apa yang sudah direncanakan, seperti tiba-tiba terjadi pandemi atau kamu mengalami kerugian ataupun kendala lain yang mempengaruhi arus kas bisnis. Tentu saja, Kalau sudah begini, mau tidak mau kamu harus segera membuat arus kas kembali stabil. 

Tapi bagaimana caranya mendapatkan modal tambahan?

Saat ini banyak sekali lembaga keuangan yang berani memberikan pembiayaan modal untuk usaha. Namun ada hal-hal yang perlu kamu perhatikan dalam memilih lembaga pemberi pembiayaan. 

  1. Pastikan lembaga pembiayaan tersebut sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

  2. Memiliki Reputasi yang Baik. Reputasi yang baik menunjukkan bahwa perusahaan tersebut memiliki pelayanan yang baik bagi nasabahnya. 

  3. Perhatikan metodenya. Bagaimana pendaftarannya, apakah ada potongan, berapa bunganya, bagaimana sistem pencairan dan pelunasannya. Sistem apa yang digunakan, konvensional atau syariah. 

Itu semua harus kamu ketahui sebelum memutuskan mengambil pembiayaan ya. 

Untuk pengguna aplikasi Qasir, untungnya kamu nggak perlu memusingkan itu semua, karena sekarang kamu bisa mendapatkan kesempatan meraih modal pembiayaan dari partner Qasir yaitu KoinWorks dan Alami (Syariah). Kedua fintech ini sudah memiliki reputasi yang dipercaya sejak lama dan oleh banyak sekali nasabahnya.

Selain itu, kamu juga bisa memilih jika ingin menggunakan metode konvensional, kamu bisa memilih KoinWorks, sebaliknya jika menginginkan pembiayaan syariah, kamu bisa mengajukan untuk Alami. Kedua lembaga keuangan ini sebagaimana Qasir, juga memiliki kepedulian untuk memajukan UMKM seperti kamu dan membantu usahawan mikro kecil dan menengah untuk bisa mengembangkan usahanya dengan cara yang mudah. 

Dengan mengajukan pembiayaan modal melalui Qasir, kamu tidak perlu lagi melakukan pelaporan kondisi usaha, karena jika kamu sudah aktif bertransaksi dengan Qasir selama 6 bulan berturut-turut, usaha kamu sudah bisa dikatakan tervalidasi untuk bisa mendapatkan modal usaha. Kamu hanya perlu menambahkan beberapa dokumen pribadi saja untuk kelengkapan administrasinya.

Program pembiayaan modal usaha ini juga memungkinkan kamu mendapatkan kesempatan atas pembiayaan modal usaha dalam bentuk supply chain/PO financing dengan 2 metode pembayaran, cicilan dan lunsump. Namun untuk sementara, program ini baru tersedia di pulau Jawa saja ya, Usahawan. 

Jika kamu telah menggunakan Qasir secara aktif selama 6 bulan dan berada di pulau Jawa dan tertarik mendapatkan modal usaha, langsung saja isi form di link ini. Atau jika kamu ingin bertanya-tanya dulu seputar pembiayaan modal usaha Qasir, kamu bisa hubungi kami melalui WhatsApp di link ini

Baca juga:

 

Share artikel ini