Inspirasi

Mau Aplikasi Kasir Gratis? Cari Infonya di Sini!

13 Dec 2020, Ditulis oleh Devi Septi

Mau Aplikasi Kasir Gratis? Cari Infonya di Sini!

Aplikasi berbasis digital menjadi salah satu komponen wajib yang dibutuhkan pelaku UMKM saat ini. Sudah semestinya memang, usahawan perlu menyadari pentingnya memanfaatkan aplikasi penjualan. Untungnya kini tersedia pilihan aplikasi kasir POS (Point of Sale) yang banyak ditemukan di internet. Beberapa melabeli dirinya dengan kata-kata gratis. 

Coba saja kamu buka di mesin pencari dengan mengetik keyword “software untuk toko”, “software POS gratis”, atau “aplikasi kasir gratis”. Nah, supaya nggak penasaran, kamu boleh mendownload berbagai aplikasi kasir online yang sudah ditemukan. 

Di antara semua aplikasi kasir online yang tersedia, kamu yang baru memulai usaha atau baru hendak menggunakan aplikasi kasir mungkin akan mencari yang gratis atau minimal yang terjangkau, agar tidak membebani biaya operasional usaha kamu. 

Namun apakah aplikasi kasir gratis yang ada benar-benar memenuhi apa yang kamu butuhkan? 

Aplikasi kasir online banyak menawarkan berbagai fitur untuk membantu meringankan pekerjaan kalian. Sebelum menggunakan aplikasi kasir toko ini, ada baiknya kamu memahami dulu apa itu aplikasi kasir atau software POS gratis.

POS (Point of Sale) adalah sebuah aplikasi digital yang dapat membantu proses transaksi jual dan beli secara langsung. Jika dahulu sebuah transaksi masih menggunakan proses manual, lain halnya saat menggunakan aplikasi kasir online ini. Seluruh transaksi dapat diproses secara  otomatis dengan akurat dan cepat. 

Kamu tidak perlu lagi pusing memikirkan biaya perangkat komputer dan mesin kasir jadul. Jadi, kamu cukup mengoperasikan tablet atau smartphone untuk menghubungkan aplikasi kasir POS ini. Ya, teknologi memang semakin mudah digunakan, semakin mudah dicapai, dan semakin simpel bentuknya.

Sekarang sudah tahu kan penjelasan singkat tentang aplikasi POS (Point of Sale) ini? Lalu, tipe bisnis seperti apa yang membutuhkan aplikasi kasir POS ini?

Sebenarnya apa pun jenis usaha kamu bisa menggunakan software POS ini. Mulai dari kedai, restoran, retail, salon, toko, hingga bisnis lain. Pasalnya semua jenis bisnis pasti membutuhkan aplikasi untuk mencatat penjualan. Semua ini dilakukan untuk mempermudah bisnis dan menekan biaya oprasional. Kamu cukup investasi dengan menginstal aplikasi kasir POS untuk mendapatkan untungnya.  

Namun aplikasi kasir yang seperti apa yang sebenarnya kamu butuhkan?

Dengan banyaknya aplikasi yang tersedia di pasaran, kamu mungkin kebingungan apa saja yang harus ada dalam sebuah aplikasi kasir hingga dinyatakan layak untuk kamu gunakan. Sebelum memilih aplikasi kasir POS yang akan kamu gunakan, kamu perlu memikirkannya secara matang untuk menentukan aplikasi kasir POS yang terbaik untuk usahamu.

Inilah bebrapa hal yang perlu kamu cermati!

1. Lakukan Riset

Sebelum memutuskan memilih aplikasi kasir online, buatlah riset kecil-kecilan. Kamu bisa memantau dari media sosial, internet, bahkan surat kabar. Cari tahu informasi terhadap pengembang aplikasi kasir POS mulai dari perusahaan mana yang mengembangkan aplikasi tersebut hingga klien mereka. Cari tahu seberapa berpengalamannya mereka terhadap pelayanan hingga fitur produknya.

2. Carilah Review

Selain riset, ada lagi yang perlu kamu perhatikan, yaitu review dari sesama usahawan terhadap aplikasi kasir yang digunakan. Melalui sesama pebisnis mereka bisa memberi tahu detail menyangkut aplikasi penjualan tersebut. Jadi, kamu bisa lmeyakinkan diri  terhadap pilihan mana aplikasi kasir online terbaik.

3. Pilih Fitur yang Sesuai

Jika sudah mengetahui aplikasi kasir yang tepat. Saatnya mencocokan fitur pada setiap aplikasi penjualan. Aplikasi kasir saat ini memiliki fitur yang beragam. Fitur-fitur inilah yang akan membantu usahawan dalam proses transaksi.

Kamu bisa mencari fitur yang paling tepat untuk bisnis/usahamu. Jangan sampai kamu memilih aplikasi yang banyak fiturnya tetapi tidak sesuai dengan kebutuhan bisnis. Justru bisa menghambat operasional bisnis.

4. Penyedia Aplikasi yang Terpercaya

Sebuah aplikasi digital ada kalanya mengalami masalah. Misalnya saja, aplikasi yang tidak berjalan, fitur tidak bisa diakses, atau keluhan lain yang membutuhkan penaganan segera. Oleh karena itu, pastikan pihak penyedia aplikasi yang mudah dihubungi dengan respon cepat.

Jadi, saat ada masalah, penyedia aplikasi cepat menangani keluhan kamu. Jika respon yang diberikan cepat artinya kamu sudah memilih penyedia aplikasi kasir yang tepat. Pastikan jangan sampai kamu memilih penyedia aplikasi yang sudah dihubungi. Pelanan dan bisnis kamu pun akan terganggu.

5. Sesuaikan Budget

Pilih aplikasi kasir yang memiliki spesifikasi dan fitur yang baik dan harga terjangkau. Apakah harga yang ditawarkan sesuai dengan fitur yang ditawarkan? Carilah informasi akan hal itu sebanyak-banyaknya. Siapa tahu kamu bisa menemukan aplikasi kasir gratis yang sesuai dengan harga terjangkau.

Berbicara aplikasi kasir gratis. Tahukah kamu? Kalau software POS ini ada yang bisa digunakan gratis?  Ya benar GRATIS! Aplikasi kasir gratis ini bernama, Qasir. Benarkah aplikasi secanggih ini bisa digunakan secara gratis? Jawabannya bisa!

Seperti kita ketahui, sejak awal didirikannya Qasir berkomitmen memberi dukungan kepada UMKM untuk membantu pelaku usaha mengembangkan usahannya. Melalui teknologi semua berhak mendapatkan kesempatan yang sam, meraih sukses termasuk usaha UMKM.  Jadi, usahawan nggak perlu ribet lagi, semua fitur Qasir dapat meringankan pekerjaanmu!

Semua fitur dasar  yang ada pada aplikasi Qasir dapat kamu coba. Caranya mudah cukup  bermodalkan smartphone dan akses internet, kamu sudah bisa menggunakan Qasir. Aplikasi kasir gratis memudahkan usahawan untuk  memantau keuangan secara berkala.  Kamu bisa melakukan perekapan data laporan transaksi, kelola produk dan stok, kelola outlet, kelola pegawai, laporan, serta pembayaran digital lho.

Lebih jelas mari kita bahas satu per satu fitur dasar pada aplikasi Qasir.

1. Transaksi

Aplikasi Qasir dapat mencatat transaksi tunai dan digital. Jadi, usahwan bisa bertransaksi kepada pelanggan dengan cara online atau pun offline.

2. Kelola Produk dan Stok

Pernah merasa pusing mengatur produk jualan? Sekarang bukan mimpi! Qasir memiliki fitur kelola produk dan stok yang memudahkan kamu untuk mengatur produk, menambah, hingga mengedit variasi produk.

3. Kelola Outlet

Qasir memiliki fitur kelola outlet pas untuk usahawan yang memiliki outlet/toko lebih dari satu. Kamu bisa memantau transaksi dari berbagai outlet hanya dengan satu login saja. Cukup melihat apliaksi Qasir semua informasi transaksi, stok barang, dan pegawai per outlet sudah tersedia.

4. Kelola Staff

Qasir memiliki fitur kelola staff/pegawai. Fitur ini dapat membantu usahawan untuk mengelola staff, mulai dari data pegawai, lokasi kerja, hingga transaksi yang dilakukan. Jadi, kamu bisa memantau dan mengatur hak akses staff/pegawai setiap outlet.

5. Laporan

Qasir memiliki fitur laporan yang berisi daftar produk terlaris, laporan penjualan lengkap per kategori, serta berbagai informasi lain untuk mendukung usaha.

6. Pembayaran Digital

Qasir memiliki fitur pembayaran digital. Ya, semua transaksi lebih mudah dan cepat dengan sistem pembayaran non-tunai digita. Cukup memanfaatkan  satu QR code (QRIS) tanpa perlu tambahan mesin EDC khusus. Gimana menarik bukan?

Intinya kalau pilih Qasir Free, kamu bisa mendapatkan berbagai benefit di antaranya sebagai berikut:
•    Input produk kamu tanpa batas
•    Sistem kasir/pencatatantransaksi tanpa batas
•    Bebas atur pegawai dan outlet
•    Terima pembayaran digital via QRIS
•    Cetak struk dan scan produk
•    Cek laporan penjualan selama 30 hari terakhir

Seperti yang dijelaskan di atas. Qasir Free menyediakan fitur dasar yang dapat diakses secara cuma-cuma alias gratis tis tis. Semua fitur dasar ini bisa digunakan selamanya lho! Cek laporan penjualan bisa diakses selama 30 hari terkahir.

Qasir Free cocok untuk semua jenis usaha baru, tanpa beban tambahan biaya operasional. Jika sudah menginstal aplikasi Qasir. Kamu sudah memilih jalan yang tepat. Qasir Free berisi sistem Qasir yang lengkap. Kamu dapat melihat fitur dasar pada halaman Beranda. Cuma Qasir Free yang gratisnya tanpa batas waktu. Yuk, daftarkan tokomu sekarang juga!

Download Qasir GRATIS di sini.

#Qasir

Baca juga:

 

Share artikel ini