Inspirasi

Pentingnya Pelayanan Walau Usahamu Bukan Bidang Jasa

10 Sep 2020, Ditulis oleh Putri Anggia

Pentingnya Pelayanan Walau Usahamu Bukan Bidang Jasa

Dunia usaha sangat erat kaitannya dengan pelayanan. Bila kamu menjadi pelanggan, tentu akan senang kalau mendapatkan pelayanan yang baik. Dengan memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan, kamu bisa menciptakan pelanggan yang loyal.

Kepuasan pelanggan loyal memang mahal harganya. Semakin puas, maka mereka akan dengan senang hati merekomendasikan usaha kamu kepada orang lain. Ini yang namanya the power of word of mouth atau pemasaran dari mulut ke mulut. Dengan pemasaran dari mulut ke mulut, otomatis kamu akan membuat kelompok pelanggan-pelanggan baru. Bila hal ini terus dilakukan, maka tak heran kalau usaha kamu akan semakin besar dengan cara organik. 

Namun efek dari mulut ke mulut ini ibarat pedang bermata dua, jika pelayanan toko kamu tidak memuaskan, kamu juga perlu waspada nih, BossQ. Bisa-bisa yang tersebar adalah berita dan kabar buruk tentang tokomu. Efeknya pun sama besarnya bahkan berdampak fatal pada nama baik usaha kamu. 

Lalu bagaimana sih cara memberikan pelayanan yang baik untuk pelanggan kamu? Simak tipsnya berikut ini. 

Cara Meningkatkan Pelayanan dalam Usaha Kamu



Pelayanan yang baik menjadi kunci sukses dari setiap usaha. Setiap pelanggan bisa menilai baik atau tidaknya usaha dari pelayanan yang diberikan. Supaya kamu bisa meningkatkan kualitas usaha kamu, yuk cari tahu apa saja yang perlu kamu lakukan.

1. Respon Cepat dan Tanggap

Sedang ingin tahu informasi layanan, namun responnya saja lama. Bayangkan kalau itu terjadi pada kamu. Pasti kamu akan kesal, kan? Nah, mayoritas pelanggan tentu ingin dilayani dengan cepat dan tanggap, meskipun mungkin masalah mereka tidak langsung selesai saat itu juga. Pastikan juga informasi yang dibutuhkan sesuai dengan apa yang diinginkan oleh pelanggan. 

Pelajari juga apa yang dikeluhkan oleh pelanggan. Misalnya jika antrean pesanan terlalu panjang, maka kamu bisa menggunakan mesin nomor antrean, menyediakan tempat tunggu yang nyaman, dan menambahkan hiburan berupa televisi agar pelanggan tidak bosan saat menunggu antrian masuk.

2. Pentingnya Call Center atau Social Media Admin yang Tanggap

Saat membuat usaha, berikan pelayanan pelanggan yang baik. Prioritaskan pelanggan berdasarkan channelnya. Umumnya pelanggan yang menghubungi via telepon memiliki urusan yang lebih penting dibandingkan dari media lain, seperti direct message pada social media, SMS/ WhatsApp, atau e-mail. Ketika kamu membuka usaha, sebaiknya pastikan agar kamu memposisikan seseorang untuk menjawab segala keluhan pada layanan call center. Selain itu, pastikan juga bahwa orang tersebut dapat diandalkan dalam melayani pelanggan. 

3. Berikan Tanggapan Solutif

Selain cepat dan tanggap pelanggan juga mengharapkan keluhannya didengar. Bukan hanya sekedar mendengarkan segala keluhan mereka, kamu juga diharapkan dapat memberikan tanggapan yang solutif atas permasalahannya dengan penuh perhatian. Sebab dengan mendengarkan, pelanggan akan merasa dirinya dihargai. Dengan begitu, tingkat kepuasan mereka pun akan bertambah karena kamu telat menjawab segala keluhan mereka.

4. Tekan Emosi dan Tingkatkan Kesabaran

Mendengarkan segala keluh kesah pelanggan terkadang memang menguras emosi. Apalagi ketika mereka menyampaikannya juga dengan emosi tinggi. Saat mendapatkan yang seperti ini, sebaiknya tarik napas dalam-dalam agar kamu tidak ikut terpancing, mengeluarkan kata-kata yang nggak pantas didengar, dan berpikiran jernih.

Sebab respon yang buruk tentu akan memperburuk keadaan dan membuat segalanya jadi semakin rumit. Ketika respon yang diberikan buruk, pelanggan pun akan memberikan penilaian layanan yang buruk pada usaha kamu. 

5. Jaga Kesopanan dan Tetap Santun

Dekat dengan pelanggan tentu sangat dianjurkan. Namun kedekatan itu juga ada batasnya. Jangan sampai ketika kamu merasa sudah dekat, kamu jadi berperilaku kurang sopan dan santun kepada mereka. 

Agar pelayanan kamu terus meningkat, sebaiknya jaga komunikasi dengan bersikap sopan dan santun. Dengan begitu, mereka akan merasa nyaman dan memberikan nilai yang baik pada usahamu. Hal ini tentu juga berlaku pada pelanggan yang telah memberikan impresi buruk padamu.

6. Akui Kesalahan dan Minta Maaf

Performa pelayanan tentu tak selamanya baik. Ketika merasa lelah, ada kalanya performa pelayanan juga turun. Saat performa kamu sedang tidak dalam keadaan baik, sebaiknya akui kesalahan yang telah kamu lakukan. Kemudian minta maaf dan segera kembalikan kepercayaan pelanggan pada usaha kamu.

Ada berbagai macam cara meminta maaf yang bisa kamu lakukan. Kamu bisa menawarkan kompensasi berupa perbaikan kepada pelanggan secara gratis, menjelaskan kesalahan yang terjadi, kemudian tunjukkan bahwa kamu menyesal dan tidak akan mengulangi kesalahannya berulang kali.

7. Say No to Janji Palsu

“Min, produk yang ini habis? Re-stok lagi kapan?” Kalau kamu belum tahu pasti kapan barangnya ada lagi, cobalah untuk tidak mengumbar janji-janji. Sebab pelanggan yang membutuhkan tentu akan mengingat kapan produk tersebut tersedia. Sebaiknya jawablah pertanyaan pelanggan dengan jujur. Alih-alih membuat pelanggan puas dengan jawaban palsu, kamu malah bisa kehilangan kepercayaan pelanggan.  Pelanggan akan dengan mudah berpindah ke toko lain yang menawarkan produk serupa dengan pelayanan lebih baik. Karena itu, yuk mulai kelola cara menjawab yang bijak dan baik agar pelanggan tetap percaya, kualitas usaha kamu pun jadi meningkat.

8. Training Khusus Pegawai

Selain memberikan peraturan mengenai cara bersikap maupun merespon, kamu juga perlu memberikan training khusus pegawai setiap beberapa bulan sekali. Dalam training ini, kamu perlu memberi tahu tugas serta kewajiban mereka. Sementara itu untuk pegawai baru, kamu juga bisa memberikan training dalam sebulan penuh, agar mereka lebih memahami seluk beluk usaha kamu dan beradaptasi dengan lingkungan barunya. 

9. Pentingnya Saran dan Kritik Pelanggan

Saran dan kritik pelanggan adalah vitamin yang baik bagi pertumbuhan setiap usaha. Setiap saran dan kritik yang diberikan oleh pelanggan tentu bisa menjadi masukan berharga untuk usaha kamu supaya terus meningkat. Selain itu, hal ini juga bisa membantu kamu dalam menilai kepuasan mereka terhadap pelayanan yang kamu berikan.

Misalnya dalam usaha kuliner, kamu bisa meminta respon pelanggan saat kamu mulai membuat menu baru. Buatlah menu tersebut secara gratis, lalu tanyakan pandangan pelanggan tentang menu tersebut secara langsung. Adapun cara lainnya adalah membuat games review senyum yang umumnya diletakkan di layar tablet pada kasir, games review pelanggan pada Google Bisnisku, atau dengan cara sederhana seperti kartu saran dan kritik yang bisa ditukar dengan hadiah tertentu.

Itu dia sembilan cara yang bisa kamu berikan untuk meningkatkan pelayanan dalam usaha. Dengan memberikan pelayanan terbaik tentu kamu juga bisa mendapatkan banyak keuntungan, termasuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap usaha kamu. Dengan memberikan pelayanan terbaik, tidak menutup kemungkinan akan ada banyak brand yang melirik usahamu untuk diajak kolaborasi. Hasilnya, usaha kamu bisa jauh lebih dikenal dari sebelumnya. 

Kamu juga bisa memperpanjang usia dari usaha kamu. Misalnya kalau diperhitungkan usaha kamu bisa bertahan 10 tahun, dengan kamu memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan, kamu bisa memperpanjang usianya lebih lama lagi.

Untuk lebih mengenal pelanggan kamu, mengetahui rekam jejak belanjanya, dan reward apa yang tepat untuk diterapkan, kamu bisa memanfaatkan fitur Pelanggan yang ada di aplikasi Qasir. Fitur ini bisa kamu gunakan secara gratis jika kamu download aplikasi Qasir sekarang. 

Qasir juga menyediakan aneka fitur premium tambahan yang bisa kamu beli sesuai dengan kebutuhan usahamu. Jika kamu ingin meningkatkan loyalitas pelanggan dengan program diskon, Qasir bisa bantu kamu dengan fitur Kelola Diskon. Aktifkan fitur Kelola Diskon di sini.

Kembangkan usahamu bersama aplikasi yang tepat. 

#Qasir

Baca juga:

Share artikel ini