Promo Qasir

4 Keuntungan Menggunakan Bank Syariah!

30 Jan 2023, Ditulis oleh Annisa

4 Keuntungan Menggunakan Bank Syariah!

 

Sejak tahun 1991, Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) berusaha mendirikan bank syariah pertama di Indonesia, yaitu Bank Muamalat. 

 

Jika menilik dari besarnya jumlah penduduk Muslim Indonesia, tentunya tak heran banyak sekali masyarakat yang menginginkan sistem perbankan yang sesuai dengan syariah Islam. Hal inilah yang mendasari munculnya Bank Muamalat, Bank Syariah pertama di Indonesia pada tahun 1991. 

 

Pada tahun 2008, pemerintah mengeluarkan regulasi yang memperkuat bank syariah, melalui UU No.21 Tahun 2008. Sejak saat itu, bank-bank syariah mulai bermunculan di Indonesia.

 

Apa yang Dimaksud Bank Syariah?

Bank syariah adalah jenis bank yang mengoperasikan bisnisnya berdasarkan prinsip-prinsip syariah atau hukum Islam. Prinsip-prinsip ini mengharuskan bank syariah untuk menghindari transaksi yang dianggap haram. Hal yang paling membedakan bank syariah dengan konvensional, adalah peniadaan bunga dan adanya sistem bagi hasil antara bank serta nasabah.

 

Perbedaan Bank Syariah dengan Bank Konvensional

Ada beberapa perbedaan bank syariah dengan bank konvensional, di antaranya:

 

1. Prinsip-prinsip Operasional

Bank syariah pada umumnya mengacu pada prinsip-prinsip syariah. Beberapa hal yang dihindari antara lain: bunga bank serta spekulasi (jual beli atas dasar mengira-ngira). Berbeda dengan bank konvensional mengacu pada prinsip-prinsip bisnis dan ekonomi secara umum.

 

2. Tak ada Sistem Bunga di Bank Syariah

Standar bank syariah yang paling utama bisa dilihat dari poin riba atau bunga ini. Jika di dalam bank konvensional menggunakan sistem tambahan biaya, yaitu bunga dalam transaksi ekonomi. Maka di bank syariah menggunakan sistem bagi hasil. 

 

3. Dewan syariah

Dewan syariah adalah pihak yang mengawasi, memastikan bank syariah menawarkan produk-produk yang sesuai dengan prinsip syariah Islam. Sedangkan bank konvensional tidak memiliki dewan syariah

 

4. Produk dan layanan

Bank Syariah menawarkan produk dan layanan yang sesuai dengan prinsip syariah Islam. Seperti: deposito, pembiayaan, asuransi. Sedangkan bank konvensional menawarkan produk dan layanan sesuai ekonomi umum seperti deposito, kredit, dan asuransi.

 

Ciri - Ciri Bank yang Menganut Prinsip Syariah

Ada beberapa ciri-ciri utama bank yang menggunakan prinsip syariah Islam, di antaranya:

1. Menghindari riba (bunga) di semua transaksi keuangan

2. Menghindari transaksi produk-produk yang diharamkan, seperti miras dan perjudian

3. Menjalankan bisnis dengan dasar mudharabah (berdasarkan kerja sama) dan musyarakah (berdasarkan kemitraan)

4. Memiliki Dewan Pengawas Syariah yang bertanggung jawab untuk memastikan bahwa operasional bank sesuai dengan prinsip-prinsip syariah

5. Menawarkan produk-produk keuangan yang sesuai dengan prinsip syariah, seperti pembiayaan berdasarkan prinsip bagi hasil

 

Manfaat Menggunakan Bank Syariah

Jika kamu pegiat UMKM ada beberapa keunggulan bank syariah yang bisa kalian dapatkan.

 

1. Sesuai dengan Nilai-nilai Agama Islam

Terkadang jika kita melakukan sesuai nilai kepercayaan, rasanya tenang. Nah hal ini bisa kalian dapatkan dengan menggunakan bank syariah

 

2. Bank syariah menerapkan sistem bagi hasil

Adanya sistem bagi hasil di bank syariah ini membuat nasabah merasa lebih terlibat dalam pengelolaan dana. Pasalnya, dana para nasabah akan diputar untuk modal para pembuat usaha, yang mana keuntungannya akan dibagikan menggunakan sistem bagi hasil.

 

3. Membantu usahawan mikro dan kecil

Tiadanya sistem bunga, menguntungkan masyarakat kecil yang mencari pinjaman untuk modal. 

 

4. Diawasi oleh pihak Dewan Syariah

Rasanya suka khawatir, 'benar tidak ya bank ini sesuai dengan prinsip syariah?'. Jangan khawatir, karena seluruh bank syariah yang resmi pasti diawasi oleh pihak Dewan Syariah. 

 

Nah setelah tahu keunggulan menggunakan bank syariah, kali ini Qasir mau memberi kamu hadiah potongan harga Rp 50.000,- untuk pembelian Qasir Pro 12 bulan. Khusus untuk kamu yang ingin menjadi nasabah Bank Hijra periode 26 Januari - 17 Februari 2023.

Keuntungan menggunakan Bank Hijra:
1. Bebas biaya bulanan dan biaya transfer antar bank
2. Tidak ada riba
3. Atur prioritas kebutuhan dan keinginan di Hijra Box.
4. Fitur islami unggulan
5. Bank syariah resmi yang diawasi OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dan peserta LPS (Lembaga Penjamin Simpanan).

Bagaimana sih cara menggunakannya. Kalian hanya perlu memasukkan kode QASIR pada kolom kode referral di aplikasi Hijra.

Yuk download aplikasi hijra di sini ya! Kalau masih ingin tanya-tanya, bisa juga langsung hubungi kami di sini!

 

 

Share artikel ini