Promo Qasir

Penuhi Kebutuhan Belanja Buah dan Sayuran, Lebih Mudah dengan Miqro!

10 Jul 2019, Ditulis oleh Kezia Sabrina

Penuhi Kebutuhan Belanja Buah dan Sayuran, Lebih Mudah dengan Miqro!

BossQ, kita semua tentu akrab dengan slogan “4 Sehat 5 Sempurna”. Diulas dalam satu artikel media online Tirto, konsep 4 Sehat 5 Sempurna ini dipopulerkan oleh guru besar ilmu gizi pertama di Indonesia, Prof. Poerwo Soedarmo pada tahun 1950-an. Sejak saat itu, gagasan ini ditanamkan pada masyarakat Indonesia sejak usia belia menduduki bangku sekolah. Walaupun demikian, apakah kamu tahu bahwa pemahaman tentang hidup sehat kini telah mengalami pergeseran, dari konsep 4 Sehat 5 Sempurna menjadi kampanye “Isi Piringku”?

Seiring berkembangnya zaman, berkembang juga ilmu pengetahuan manusia. Sejak tahun 1990-an, kampanye “Isi Piringku” menggantikan konsep yang sudah lama kita kenal. Konsep 4 Sehat 5 Sempurna ditemukan mampu membantu masyarakat Indonesia memahami pola makan yang sesuai untuk mendukung kesehatan, tapi dengan porsi yang tidak memiliki standard jelas, konsep ini terbilang tidak memberikan pemahaman yang lebih dalam terkait kebutuhan asupan nutrisi dan gizi dalam setiap porsi makanan. Karenanya, ketidakpahaman ini dapat menimbulkan sejumlah masalah, misalnya malnutrisi atau obesitas. Dalam upaya meningkatkan gizi masyarakat Indonesia secara lebih efektif, lahirlah kampanye “Isi Piringku” yang menekankan gizi seimbang secara lebih spesifik dan tepat, yaitu satu piring yang terdiri dari 50% buah dan sayuran serta 50% karbohidrat dan protein.

Kenapa ini penting kita bahas?

Ternyata, terlepas dari panduan yang ada, masyarakat Indonesia masih belum memiliki kebiasaan makan buah dan sayuran yang baik. Mengutip hasil Riset Kesehatan Dasar tahun 2013 dalam Media Indonesia, masyarakat Indonesia tergolong kurang makan sayuran dan buah. Sebanyak 93,5% penduduk berusia di bawah 10 tahun tidak mengonsumsi sayuran dan buah sesuai dengan anjuran. Padahal, panduan konsumsi gizi seimbang ini bisa menentukan kualitas generasi masa depan bangsa ini. Butuh energi dan nutrisi yang memadai untuk menunjang pertumbuhan yang optimal.

Alasan masing-masing orang terkait angka konsumsi buah dan sayuran ini tentu sangat beragam. Meski begitu, meningkatkan konsumsi sayur dan buah tetap perlu menjadi prioritas kita bersama. Kesadaran untuk lebih sering makan dengan asupan gizi yang sesuai perlu kita tumbuhkan dalam diri masing-masing, sehingga kita bisa saling menularkan semangat gaya hidup sehat.

Menumbuhkan kebiasaan baru butuh usaha besar. Karenanya, buat kamu, Qasir punya solusi yang nggak cuma memudahkan, tapi juga praktis dan menguntungkan.

Belanja Kebutuhan Makan Sehat Melalui Kolaborasi Qasir dengan TaniHub

Hidup sehat tidak diragukan lagi menjadi harapan semua orang, tapi terkadang tidak semudah itu dalam menjalankannya. Ada sejumlah hal yang perlu dilakukan untuk menjalankan pola hidup yang lebih sesuai ini. Misalnya, mau makan buah dan memasak sayuran, tapi ternyata kulkas kosong. Mau belanja seringkali tidak sempat akibat aktivitas yang padat. Belum lagi kalau harus meluangkan waktu untuk berbelanja, menempuh perjalanan ke toko, serta membawa seluruh barang belanjaan sendiri.

Apa iya?

Zaman ini, sekarang semua bisa dibilang serba online. Apa pun bisa dilakukan dengan teknologi yang kian hari kian mutakhir, salah satunya berbelanja. Dengan munculnya beragam situs e-commerce dan toko online, membeli setiap kebutuhan terasa jauh lebih mudah, termasuk belanja buah, sayuran, dan stok dapur untuk kebutuhan asupan! 

Qasir kini telah bekerja sama dengan TaniHub, aplikasi e-commerce lokal yang menjual hasil pertanian. Misi TaniHub adalah memberdayakan petani lokal dengan menyediakan akses pasar dan akses keuangan, sehingga para petani Indonesia dapat menjual hasil panen dengan lebih mudah kepada berbagai pihak. Singkatnya, para petani difasilitasi untuk berjualan hasil panennya secara online. Dalam usaha ini, TaniHub mengedepankan tiga hal, yaitu pertanian, teknologi, dan dampak sosial. TaniHub dan Qasir memiliki tujuan serupa, yaitu menggunakan teknologi untuk menghasilkan peluang ekonomi yang setara untuk UMKM.

Jadi, apa kaitannya semua ini?

Pertama, dengan membeli kebutuhan buah dan sayuran di TaniHub melalui Qasir, kita turut mendukung pertanian Indonesia. Sumber daya alam, baik yang di daratan maupun perairan, merupakan salah satu kekuatan dalam perekonomian maupun dalam kebutuhan pangan masyarakat Indonesia. Dengan melakukan transaksi di TaniHub, bisa dibilang kita turut mendukung sekitar dua puluh ribu petani Indonesia yang tergabung dalam e-commerce ini. Kita pun turut mendukung UMKM dalam menjalankan usahanya, misalnya dengan permodalan dan edukasi petani, sehingga bisa turut berkembang, bersaing dalam ekosistem serba online, serta berkontribusi lebih besar bagi kemajuan kita bersama. Semakin banyak sektor usaha lokal yang lebih maju, semakin besar pula manfaat timbal balik yang kita rasakan sebagai satu bangsa.

Selain itu, buat kamu para pengguna aplikasi Miqro, belanja kebutuhan makanan kini jauh lebih praktis dan efisien. Hanya semudah buka aplikasi Miqro, cari kategori Makanan Segar, pilih produk-produk yang ingin kamu beli, dan lakukan pembayaran, transaksi selesai! Mulai dari ayam broiler, beras, ragam sayuran seperti bayam dan brokoli, buah segar, hingga bumbu dapur dan rempah-rempah, semua bisa dijangkau dengan lebih mudah dengan aplikasi online. Menarik kan?

Keseruannya nggak berhenti di sini. Belanja makanan segar di TaniHub melalui Miqro, memudahkan pembayaran karena kamu bisa melakukan transfer dari semua bank. Barang-barang kamu pun akan langsung diantar ke alamat tujuan, tanpa ongkos kirim. Mudah, murah, segar, dan nggak pake repot. Selain mendapatkan banyak manfaat, kita pun turut memberdayakan usaha lokal.

Buat kamu yang belum menggunakan aplikasi Miqro dan penasaran, langsung aja download aplikasi Miqro melalui aplikasi Google Play. Semudah mengisi data yang diperlukan dengan lengkap, kamu bisa dengan mudah mendapatkan kemudahan ini.

Jadi, nggak ada alasan lagi untuk asupan sayuran dan buah yang tidak memadai. Demi hidup lebih sehat di masa depan, tapi juga tetap cuan, BossQ!

#Qasir

Share artikel ini