Studi Kasus

10 Jenis Usaha yang Diprediksi Laris saat Pemilu 2024

19 Mar 2023, Ditulis oleh Annisa

10 Jenis Usaha yang Diprediksi Laris saat Pemilu 2024


Mendekati pemilu 2024, tak hanya politisi yang sibuk untuk mempersiapkan kampanye. Namun berbagai elemen masyarakat lain pun sudah mulai menaruh perhatian lebih pada isu ini. Tapi sebagai orang dengan berjiwa bisnis yang tinggi, tentunya pemilu 2024 ini bisa dijadikan peluang usaha yang menjanjikan.

 

Ada beberapa jenis usaha yang diprediksi akan laris manis saat pemilu 2024 nanti lho. Mumpung masih ada banyak waktu menanti pemilu 2024 tahun depan, kita bisa prepare dari sekarang. Berikut beberapa peluang usaha yang bisa kalian jalankan saat pemilu 2024 yang akan datang!

 

 

1. Jasa Desain

 

 

Ketika kita ingin melakukan kampanye, tentunya visual gambar menjadi salah satu cara untuk menarik perhatian masyarakat. Jasa desain visual ini akan menjadi high demand saat pemilu 2024 nanti. 

 

Nah jika kalian seorang desain grafis maupun ilustrator, tentunya kalian bisa mencoba peluang bisnis menawarkan jasa desain ini di pemilu 2024 nanti!

 

 

2. Jasa Sablon 

 

 

Jasa sablon merupakan jenis usaha yang tak akan sepi saat musim pemilu 2024. Pasalnya, saat pemilu 2024 akan ada merchandise seperti kaos dan spanduk yang membutuhkan jasa sablon. 

 

3. Percetakan

 

 

Selain jasa sablon yang laris manis saat pemilu, bisnis lainnya yang mirip dan tak kalah peminatnya saat pemilu 2024 ntar adalah percetakan. Kalau sablon, kita menyablon gambar, entah partai atau nama calon yang diusung di media seperti kain sehingga kalian bisa menaruhnya di kaos atau spanduk. 

 

Sedangkan bisnis percetakan bisa digunakan oleh pihak yang berkepentingan untuk kampanye, untuk mencetak brosur, leaflet, baliho, banner, maupun poster. 

 

 

4. Menjual aksesoris

 

 

Tujuan berkampanye salah satunya untuk mengenalkan calon yang diusung kepada masyarakat luas. Maka pihak yang akan berkampanye bisa memanfaatkan bendera saat pawai maupun pin yang digunakan untuk menarik perhatian orang di mana-mana. 

 

Nah, kalian bisa membuka usaha aksesoris saat pemilu 2024 nih, seperti berjualan pin, bendera, ikat kepala, dan sebagainya.

 

 

5. Penyewaan tenda, kursi dan panggung untuk Pemilu 2024

 

 

Saat orang melakukan pemilu 2024 serentak di seluruh daerah, pastinya membutuhkan tempat masyarakat memilih calon yang diusung. Momen ini membutuhkan tenda, kursi, panggung atau bilik. Kalian bisa membuka usaha menyewakan tenda, kursi, dan panggung untuk pemilu 2024 ini!

 

 

6. Konsumsi untuk petugas Pemilu 2024

 

 

Waktu pemilu 2024 berlangsung, tentunya akan ada konsumsi untuk para panitia. Mulai dari snack, makanan berat, dan minuman. Jika kalian berencana memulai usaha katering, kalian bisa menawarkannya saat pemilu ini. Pertama, saat pemilu 2024, akan ada banyak orang sehingga bisa sekalian dijadikan lahan promosi. Berikan harga yang lebih murah agar pihak panitia mempertimbangkan untuk memakai catering kalian.

 

 

7. Pemasangan iklan online 

 

 

Apakah kalian mempunyai usaha agency, periklanan? Yuk tawarkan jasa pembuatan iklan online kepada para calon untuk kampanye di pemilu 2024 nanti! Biasanya, metode untuk memperkenalkan kandidat menggunakan cara konvensional. Seperti pemasangan baliho, buat spanduk, aksesoris, dan kostum kaos partai. 

 

 

Di sini kalian bisa menawarkan iklan secara digital. Karena selain bisa menjangkau lebih banyak orang, ads online ini bisa membuat anak muda tertarik untuk melek politik sehingga mengurangi angka golput.

 

 

8. Layanan Fotokopi

 

 

Saat pemilu 2024, ada banyak sekali dokumen yang membutuhkan layanan fotokopi. Beberapa dokumen yang perlu difotokopi antara lain: Formulir pendaftaran pemilih, KTP atau KK, kertas berisi daftar calon, dan dokumen pendukung lainnya yang diperlukan oleh KPU. 

 

Jika ini dilakukan oleh seluruh masyarakat dan semua daerah. Tentunya usaha fotokopi ini bisa jadi peluang bisnis yang menjanjikan saat pemilu 2024 ya!

 

 

9. Pembuatan website atau aplikasi

 

 

Calon kandidat ingin memaintain website atau membuat website atau aplikasi khusus yang berisi informasi lengkap saat kampanye? Untuk kalian yang mempunyai profesi sebaga web designer atau web developer atau posisi tech yang sejenis, mungkin bisa menawarkan jasa kalian ini! 

 

 

 

10. Penyedia internet

 

 

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, kini kampanye di era digital jadi mungkin dengan adanya internet. Sehingga orang-orang yang menawarkan penyedia internet ini bisa memanfaatkan momen pemilu 2024 ini. Apalagi jika kalian mempunyai usaha konter atau mempunyai profesi sebagai sales provider.

 

Meskipun usaha-usaha di atas diprediksi mempunyai banyak pelanggan, dan buat cuan. Pastikan kalian sudah riset mengenai target pasar serta kelayakan usaha sebelum memulainya ya!

 

 

Apakah kalian tertarik mencoba usaha di atas saat pemilu 2024 nanti? Apa pun jenis usahanya, jangan lupa untuk menggunakan aplikasi POS Qasir agar semakin mudah mengelolanya ya!

 

 

#Qasir

 

Share artikel ini