Studi Kasus

15 Aplikasi POS Lokal Terbaik untuk Mengelola Usaha

20 Mar 2023, Ditulis oleh Annisa

15 Aplikasi POS Lokal Terbaik untuk Mengelola Usaha


Pernah tidak sih kalian membayangkan betapa mudahnya mengelola usaha dengan aplikasi point of sale? Hmm, apa kegunaan aplikasi pos tersebut? Ada banyak sekali manfaat yang bisa kalian dapatkan dari aplikasi pos ini lho. 

Eits, tapi sebelum menggunakannya, kita cari tahu dulu yuk apa itu aplikasi pos.

 

Aplikasi POS (Point of Sales)

Aplikasi POS merupakan sejenis software yang digunakan untuk membantu para usahawan menjalankan transaksi penjualan, manajemen stok, sistem kasir, pencetakan struk, laporan keuangan, untuk mempermudah mengelola bisnis. 

Aplikasi POS bisa digunakan untuk seluruh jenis bisnis, mulai dari warung kelontong, toko retail, cafe, restaurant, supermarket, dan sebagainya. 

 

Kegunaan Aplikasi POS

Adanya fitur-fitur yang disediakan di aplikasi POS seperti: manajemen inventaris, pembayaran elektronik, laporan, hingga cetak struk, mampu meningkatkan efisiensi. 

Efisiensi ini juga bisa meningkatkan omzet, meningkatkan keamanan transaksi, serta mengurangi kerugian akibat human error.


15 Aplikasi POS Android buatan Indonesia Terbaik

1. Qasir

Aplikasi POS yang harganya terjangkau dengan berbagai fitur lengkap. Qasir menawarkan beberapa paket yang bisa disesuaikan untuk setiap step bisnis kamu. 

Mulai dari paket Qasir Free tidak berbayar untuk usaha awal, Qasir Pro dengan harga mulai dari Rp 33.000,- untuk fasilitas lengkap, sampai Qasir Pro Plus untuk bisnis yang sudah berkembang pesat!

2. Moka

Moka merupakan salah satu aplikasi POS yang cocok untuk manajemen bisnis kamu. Aplikasi POS yang satu ini menyediakan fitur manajemen stok, pencatatan transaksi, dan laporan penjualan real time. 

Aplikasi POS Moka ini berbasis cloud dan tersedia di GoStore, FB & IG Shops, Google Shopping, serta E-Wallet.

3. Majoo

Majoo merupakan salah satu aplikasi POS yang diciptakan sejak tahun 2019, dan terbukti sudah membantu banyak UMKM dengan berbagai fitur menarik yang bisa kalian gunakan untuk usahamu. 

Terdapat beberapa paket mulai dari starter, advance, hingga prime. Harganya masih tergolong terjangkau, dengan start 129K lho.

4. Pawoon

Aplikasi POS Pawoon ini bisa kalian gunakan untuk transaksi, baik secara online maupun offline. Tak hanya itu, Aplikasi POS Pawoon juga mempunyai sistem pembayaran tunai sampai digital.

5. Kasir Pintar

Pernah tidak terpikirkan berjualan pulsa bisa lebih mudah jika menggunakan aplikasi POS? Yup, dengan aplikasi POS Kasir Pintar kamu bisa menggunakannya untuk berbagai jenis bisnis, sampai jual pulsa aja bisa. 

Ada dua jenis paket yang bisa kalian ambil sesuai kebutuhan yaitu yang free dan berbayar.

6. Olsera

Aplikasi POS dengan berbagai fitur andalannya yang cocok untuk berbagai skala bisnis. Mulai dari bisnis kecil, menengah, hingga yang sudah berkembang akan lebih mudah menggunakan aplikasi POS Olsera. 

Beberapa fitur yang ditawarkan antara lain: manajemen inventaris, menghitung ongkos kirim, manajemen pembayaran, sampai CRM!

7. Jurnal Touch

Aplikasi POS yang terintegrasi dengan sistem jurnal apalagi lagi kalau bukan Jurnal Touch. Aplikasi POS yang satu ini terintegrasi dengan fitur akuntansi jurnal, sehingga kamu tak perlu memasukkan transaksi penjualan manual.

8. Accurate.id

Sama seperti Moka, Accurate merupakan salah satu aplikasi POS yang menawarkan percobaan menggunakan aplikasi gratis selama periode tertentu. 

9. Maspoint

Maspoint merupakan aplikasi POS yang bisa kalian manfaatkan beragam fasilitasnya seperti cetak katalog produk, scan barcode dengan kamera, POS untuk online dan offline.

10. Jubelio POS

Aplikasi POS Jubelio ini menyediakan fitur yang bagus untuk kamu yang memiliki toko fisik offline, maupun penjualan online. Mereka juga mempunyai fitur yang mana para pelanggan bisa memesan barang secara online dan mengambilnya sendiri!

Wah ada banyak sekali ya aplikasi POS terbaik buatan anak bangsa yang bisa kalian gunakan untuk mempermudah mengelola usaha. Ada yang sudah menggunakan aplikasi POS di atas?

#Qasir
 

Share artikel ini