Studi Kasus

Jalan Perubahan Toko Mada Jaya dengan Manajemen yang Lebih Efisien

11 Jan 2018, Ditulis oleh Kezia Sabrina

Jalan Perubahan Toko Mada Jaya dengan Manajemen yang Lebih Efisien

Di Jalan Menjangan Raya, Pondok Ranji, Tangerang Selatan, berdiri toko kelontong milik Marathun yang dinamakan Toko Mada Jaya. Menjadi seorang pengusaha mandiri, kesehariannya selalu dipenuhi oleh kesibukan dalam berdagang, mulai dari mengurus transaksi penjualan hingga melakukan transaksi pembelian barang ke distributor.

740

Dalam menjalankan sejumlah proses di tokonya selama ini, Marathun menemukan sejumlah kendala. Awalnya, kendala ini bisa diabaikan, tapi lama kelamaan menjadi sebuah hambatan yang semakin jelas terlihat. Pertama, saat melakukan transaksi penjualan, Mada Jaya masih menggunakan pencatatan manual dengan kertas seadanya. Tidak ada pencatatan penjualan yang dilakukan secara rutin, apalagi catatan untuk stok barang. Masalah lain yang tidak kalah penting adalah kurangnya kontrol stok yang rutin dan teratur. Meskipun Marathun menata rapi setiap resi pemesanan dan penerimaan barang stok, namun ia masih belum terbiasa untuk memastikan stok yang diterima sesuai yang dipesan serta mencatat jumlah stok yang masuk. Sebagai toko kelontong, Marathun pun belum memiliki strategi pemasaran. Tokonya tidak melakukan promosi apapun. Di samping beragam proses tersebut, Mada Jaya juga menerima jasa antar barang (delivery service) dan sistem pembayaran kasbon, sehingga toko ini benar-benar memerlukan sistem yang lebih teratur untuk menghindari terganggunya kelangsungan usaha.

BossQ, apa kamu pernah berada dalam keadaan serupa dengan Toko Mada Jaya?

315430

Di Indonesia, masih banyak pelaku UMKM yang belum sadar akan pentingnya pencatatan yang rapi, baik terkait keuangan maupun stok barang. Padahal, proses ini sangat penting untuk setiap bentuk usaha, tidak terkecuali Mada Jaya. Seperti disebutkan dalam sebuah artikel Kompas, kesuksesan UMKM tidak hanya ditentukan oleh penjualan produk atau jasa yang ditawarkan, tapi juga oleh strategi pemasaran yang dijalankan serta pencatatan keuangan usaha yang rapi. Pelaku usaha perlu mengetahui kondisi dagangannya secara detail, mulai dari jumlah barang yang laku, total penjualan per hari, jumlah stok yang tersedia, dan masih banyak lainnya.

s__93134859

Penulis dan pebisnis Mark Sanborn pernah mengatakan, kesuksesanmu dalam hidup bukan ditentukan oleh kemampuan untuk sekadar berubah, tapi ditentukan oleh kemampuan untuk berubah lebih cepat daripada kompetitor, pelanggan, serta bisnismu. Zaman telah berubah dan akan terus berubah. Menghadapi hukum alam ini, manusia dari berabad-abad yang lalu pun berevolusi dalam budaya dan cara hidup mereka untuk mampu menyesuaikan diri dengan era masing-masing. Butuh kemauan dari diri kita untuk beralih dari cara yang lama menuju cara yang sesuai dengan masa kini, termasuk dalam berbisnis. Berubah tidak hanya ketika ada masalah, tapi juga ketika ada metode baru yang memang lebih efektif dan menguntungkan. Kita pun perlu belajar lebih peka untuk mengetahui waktu yang tepat untuk berubah. Tidak ada waktu yang lebih tepat dari sekarang.

Kembali kepada topik sistem dan pencatatan yang rapi, mengapa hal ini begitu penting dalam sebuah usaha? Karena kualitas manajemen menjadi kunci keberhasilan sebuah usaha.

Ada berbagai aspek yang berperan dalam kelangsungan sebuah usaha. Beberapa hal di antaranya adalah manajemen produksi, manajemen pemasaran, manajemen personalia, manajemen keuangan, dan manajemen administrasi. Secara sederhana, manajemen produksi menangani ketersediaan bahan atau produk yang akan ditawarkan dalam bisnis. Aspek ini meliputi beberapa hal seperti proses produksi, kualitas produk, penataan barang, serta kontrol stok persediaan. Pemasaran tentu berkaitan dengan strategi perencanaan dan pelaksanaan yang diperlukan untuk memperkenalkan produk kepada pasar dan kemudian meningkatkan potensi penjualan. Dalam manajemen personalia, fokus pengelolaan adalah pegawai atau karyawan yang dipekerjakan. Seperti namanya, manajemen keuangan berurusan dengan sumber dan penggunaan dana usaha. Terakhir, manajemen administrasi adalah pengelolaan terhadap administrasi setiap kegiatan usaha, inventarisasi, serta pengarsipan data dan informasi. Ketika sejumlah aspek ini dijalankan secara tepat, proses kerja yang terjadi mampu mendukung kelangsungan usaha dengan baik. Sebaliknya, ketika pengelolaan tidak berjalan lancar, risiko terjadinya masalah dalam usaha pun semakin tinggi. Meskipun Toko Mada Jaya belum menghadapi masalah yang berarti, potensi kejadiannya di masa depan tetap ada.

Rumit? Melakukan manajemen usaha memang tidak semudah mengucapkannya. Meski begitu, Toko Mada Jaya menemukan satu solusi yang mampu mempermudah proses dalam berbisnis.

2670

Aplikasi Kasir Digital, Tiket Menuju Pengelolaan Usaha Tepat Guna

Sekarang, semua hal serba digital. Cara hidup manusia telah melekat dengan kemajuan teknologi, sehingga sudah seharusnya kita semua lebih melek teknologi, termasuk para pedagang warung. Ketika manajemen dan proses kerja dalam usaha perlu ditingkatkan, bukankah kita bisa juga menengok kepada teknologi untuk menemukan jawaban atas hal ini?

Salah satu kemudahan yang dihadirkan oleh teknologi adalah adanya sistem point of sales (POS) berbasis aplikasi. Lebih dari mesin kasir biasa yang berfungsi merekam transaksi dan mengumpulkan uang tunai, POS membantu para pengusaha memiliki laporan penjualan yang lebih detail, lengkap, dan terintegrasi. Kini, POS pun ada yang berbasis aplikasi dan mudah dijangkau oleh pengusaha dari berbagai lapisan. 

Kalau kamu masih menggunakan pencatatan manual atau mesin kasir biasa, tidak apa-apa. Manajemen cara lama tidak selalu berarti salah, tapi coba kita intip sejenak alasan pentingnya aplikasi kasir digital ini. Pertama, kasir digital bisa membantu menghemat waktu dan biaya. Dengan kasir digital, transaksi bisa diselesaikan dengan lebih cepat, praktis, dan minim kesalahan. Tidak perlu lagi khawatir lupa mencatat atau kehilangan kertas catatan. Kemampuannya menyimpan data secara akurat dan real-time juga memudahkan pengusaha memantau stok produk dan kondisi keuangan. Setiap ada transaksi, jumlah produk dalam stok kamu langsung diperbarui, tanpa harus bolak-balik menggantinya secara manual di akhir hari. Karenanya, kamu bisa mengetahui perkembangan usahamu dengan lebih mudah. Data yang terekam dan bisa diakses kapanpun juga dapat mendukung pengambilan keputusan dan strategi bisnis yang lebih tepat sasaran. Bantuan teknologi ini tentu meringankan kerja karyawan di toko, sehingga waktu dan tenaga mereka bisa kamu alihkan untuk mengerjakan tugas lain yang lebih mendesak. Alhasil, kamu punya toko yang beroperasi dengan jauh lebih efisien. Selain itu, toko kelontong yang menggunakan kasir digital akan terlihat keren, bukan? Ini bisa jadi daya tarik tersendiri bagi pelanggan untuk berbelanja di toko kamu.

Dari sejumlah hal ini, dapat disimpulkan bahwa pelaku bisnis, baik yang kecil maupun besar, punya berbagai pilihan untuk meningkatkan manajemen usahanya menjadi lebih optimal. Kendala yang dihadapi sebagian besar pemilik toko kelontong di Indonesia kini ada solusinya. Marathun pun merasakan sendiri kemudahannya bersama Qasir.

Ketika diperkenalkan dengan aplikasi Qasir oleh tim Qasir, Marathun pun tertarik untuk mencoba. Melihat fitur Qasir yang mudah dan lengkap, ia sadar akan perlunya aplikasi seperti ini untuk Toko Mada Jaya. Sesuai dengan namanya, Qasir berfungsi sebagai mesin kasir dengan beberapa tambahan fitur melalui teknologi, yaitu melakukan transaksi penjualan, merekam transaksi, mencatat stok yang tersisa, membuat laporan penjualan, bahkan sampai bisa melakukan pemesanan barang melalui distributor tertentu. Dalam penggunaannya, aplikasi ini menjadi solusi yang tidak hanya lengkap dan efisien, tapi juga sangat mudah digunakan, mulai dari proses unduh melalui smartphone secara sederhana, sampai penggunaan yang user-friendly dan nyaman. Qasir pun lebih ramah untuk kantong pelaku usaha, karena bisa diunduh dan digunakan secara gratis, tanpa pungutan biaya!

Inilah saatnya kamu, para pelaku usaha dan pemilik toko kelontong, mengambil langkah berani untuk memajukan usahamu. Beradaptasi dengan zaman tidak harus sulit dan menakutkan, bahkan bisa dilakukan semudah mengunduh aplikasi baru di smartphone kamu. Jadikan bisnismu lebih dari rata-rata dengan kasir digital yang tepat guna, tanpa biaya, andalan pengusaha Indonesia!

#Qasir

Share artikel ini