Studi Kasus

Pandemi Covid-19 Memberikan Dampak yang Positif bagi UMKM

22 Mar 2023, Ditulis oleh Annisa

Pandemi Covid-19 Memberikan Dampak yang Positif bagi UMKM


Saat pandemi Covid-19 terjadi, ekonomi hampir di semua belahan dunia menurun. Namun, seperti kata pepatah akan selalu ada hal baik dari hal yang buruk, begitu juga efek pandemi bagi UMKM. Wah mengapa hal itu bisa menjadi efek yang positif untuk UMKM ya?

Pandemi Covid-19 Mendorong Digitalisasi UMKM

Saat pandemi covid-19, masyarakat terbatas untuk bepergian. Sehingga proses berjualan pun menjadi serba susah, sehingga mau tak mau UMKM mulai memikirkan jalan keluar lain. Ya, semakin banyak UMKM menggunakan teknologi digital, yang mana tidak membutuhkan orang keluar untuk bisa melihat promosi yang dibuat. 

Menurut survei data dari Katadata Insight Center (KIC), sebanyak 77% pelaku UMKM bisa bertahan dengan memasarkan produk melalui marketplace. Dilansir dari katadata.co.id, Manajer Survei Katadata Insight Center, Vivi Zabkie mengatakan 86% UMKM yang menjadi responden menggunakan 1 hingga 3 platform marketplace untuk memasarkan produk mereka. 

Selain digitalisasi, apakah ada dampak positif lainnya yang bisa didapat UMKM usai pandemi COVID-19?

5 Dampak Positif Pandemi COVID-19 bagi UMKM

1. Meningkatkan Keberanian Membuat Usaha

Saat pandemi kemarin, banyak sekali orang yang terkena layoff. Sehingga akhirnya memberanikan diri membuka usaha sendiri seperti berjualan snack. Tak sedikit orang akhirnya membeli produk jualan, sebagai bentuk support di awal. Yang mana menjadi pondasi, untuk berjualan ke pasar yang lebih luas.

2. Perubahan Pola Konsumsi Masyarakat

Sedikitnya orang beraktivitas di luar rumah, seperti pesta, kerja, olahraga, membuat orang harus terus menerus berada di dalam rumah. Dan untuk membunuh waktu, salah satunya adalah dengan berselancar di internet. Dilansir dari The Wall Street Journey, saat pandemi orang online 4 jam lebih lama. 

Masyarakat online untuk bermain game, menonton video, dan shopping. Ya, salah satu motivasi mereka adalah shopping. Sehingga tidak mengherankan jika mereka online salah satunya untuk check out barang!

3. Promosi di Media Sosial

Seperti yang sudah dibahas di atas, pandemi mendorong proses digitalisasi UMKM. Salah satunya adalah penggunaan sosial media untuk promosi. 

Dengan meningkatnya durasi orang online, ditambah gencarnya UMKM promosi di sosial media, rupanya membuat informasi promosi ini cepat sampai. Sehingga bisa dikatakan promosi di media sosial sekarang menjadi semakin lazim, berkat adanya pandemi covid-19 ini!

4. Dukungan dari Pemerintah dan Komunitas Lokal

Pandemi COVID-19 telah mendorong pemerintah dan komunitas lokal untuk memberikan dukungan pada UMKM. Hal ini dapat membantu UMKM dalam menghadapi tantangan, serta memberikan peluang untuk mengembangkan bisnisnya. 

Beberapa dukungan yang dilakukan pemerintah antara lain: program pemulihan ekonomi, pembebasan pajak di bawah 500 juta, bantuan dana modal, dan lain sebagainya.

Baca juga: Pajak UMKM Terbaru Tahun 2023

5. Peluang untuk Inovasi

Pandemi COVID-19 telah memaksa UMKM untuk beradaptasi dengan situasi yang berubah dengan cepat. Sehingga tidak sedikit orang yang membuat inovasi produk untuk menarik lebih banyak pelanggan. Salah satu inovasinya adalah, warteg yang memberikan layanan antar makanan hanya dengan kirim pesan.

6. Menurunnya Kompetitor dari Perusahaan Besar

Saat pandemi COVID-19, selain banyak orang lebih memilih membeli dari produk orang-orang terdekatnya dengan alasan saling membantu. Di saat yang bersamaan, banyak sekali perusahaan besar yang bangkrut. Hal ini memberikan peluang agar UMKM bisa berkompetisi dengan perusahaan besar yang sebelumnya sudah settle.


Qasir Membantu Proses Digitalisasi UMKM

Di era digital ini, UMKM bisa menggunakan internet untuk berjualan. Mulai dari berjualan di marketplace, promosi di social media, juga website. Karena itu, Qasir berinisiatif untuk membantu proses digitalisasi UMKM dengan memberikan teknologi aplikasi POS. 

Kamu bisa menggunakan aplikasi POS ini untuk transaksi penjualan cashless melalui QRIS, terintegrasi dengan Grab Food online, dan laporan lengkap yang bisa kalian akses real-time kapanpun dan dimanapun asalkan terkoneksi dengan internet.

Nah, jika kalian tertarik untuk mencobanya, kalian bisa tap linknya di sini ya!

#Qasir
 

Share artikel ini