Tips

10 Manfaat Menggunakan Pembayaran Online

05 Feb 2023, Ditulis oleh Annisa

10 Manfaat Menggunakan Pembayaran Online

Di zaman serba digital seperti sekarang, banyak hal yang bisa mempermudah kita dalam mengelola usaha. Salah satunya adalah pembayaran online atau E-Payment. Pembayaran online ini mempunyai berbagai manfaat, yang bisa membuat omzet usaha juga meningkat.

 

Wah menarik juga ya pembayaran online ini. Tapi apa sih kiranya pembayaran online itu?

 

Apa itu Pembayaran Online?

 

Pembayaran online atau E-Payment, merupakan pembayaran produk yang memanfaatkan internet sebagai medianya. Masyarakat lebih sering menggunakan pembayaran online, dikarenakan lebih praktis dan aman. 

 

Hal ini dibuktikan dengan riset yang dirilis Consumer Payment Attitudes Study yang dirilis oleh Visa di tahun 2022. Bahwa sebanyak 78% masyarakat Indonesia lebih suka pembayaran non tunai. Mereka menganggap pembayaran non tunai lebih aman. 

 

Kemungkinan menggunakan pembayaran non tunai ini pun semakin meningkat setiap tahunnya. Pembayaran non tunai ini ada banyak jenisnya, seperti penggunaan kartu dan pembayaran online.

 

Manfaat Penggunaan Pembayaran Online untuk Meningkatkan Omzet

 

Kalau sudah dilihat dari perilaku masyarakat Indonesia yang cenderung untuk lebih menggunakan cashless transaction, berarti sebagai pegiat UMKM kita harus memberikan fasilitas pembayaran untuk para pelanggan. Karena, masih berdasarkan riset VISA yang sama, 63% masyarakat Indonesia lebih memilih toko yang menerima pembayaran non tunai.

 

Kalau begitu, apa saja sih keuntungan dari menggunakan pembayaran online ini untuk usahamu?

 

1. Kemudahan

Berbeda dengan kartu debit dan kredit, menggunakan pembayaran online memudahkan pelanggan. Karena kebanyakan orang sekarang ini pasti membawa handphone ke mana-mana. Handphone yang sudah tersambung ke internet ini membuat pelanggan membayar dengan praktis.

 

2. Keamanan

Ada banyak sekali kasus di mana kartu tidak bisa digunakan alias eror. Kalau menggunakan cash, takut diambil orang. Maka yang dirasa aman adalah pembayaran online. Selain handphone yang notabennya dibawa ke mana-mana, pembayaran online pun dilengkapi password. Sehingga meskipun membawa handphonenya, belum tentu bisa membuka aplikasinya.

 

3. Kecepatan

Tidak usah diragukan lagi kecepatan menggunakan pembayaran online ini. Dikarenakan tersambung dengan internet, pastinya dalam sekejap sudah terbayar otomatis dibandingkan dengan transfer melalui bank atau cek.

 

4. Ekonomis

Biaya transaksi online tetap cenderung murah dan praktis, serta tidak perlu mempnyai tempat yang besar untuk menampung uang pelanggan.

 

5. Transparansi

Struk pembayaran online bisa dilihat kedua belah pihak, karena otomatis tersimpan di aplikasi. Sehingga ada transparansi untuk kedua belah pihak.

 

6. Dipakai Banyak Orang

Sejak Bank Indonesia membuat teknologi bernama Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS), banyak orang yang menggunakannya dengan alasan mudah untuk digunakan. Maka, pembayaran online menggunakan QRIS di Indonesia pun diterima dengan mudah pula. 

 

7. Akuntabilitas

Sistem pembayaran online ini membuat kita sebagai orang yang mempunyai usaha, mudah untuk melakukan pelacakan dan transaksi. Apalagi jika menggunakan aplikasi POS yang bisa terhubung ke laporan penjualan, sehingga bisa kita lihat kapan saja, di mana saja.

 

8. Fleksibilitas

Kalian bisa menggunakan pembayaran online untuk apa saja jenis usahanya, bahkan tagihan listrik, air, dan lain sebagainya. Sehingga membuat orang lebih suka menggunakannya.

 

9. Efisiensi

Menghemat waktu, uang, dan tenaga semakin memungkinkan dengan pembayaran online ini.

 

10. Mengembangkan Bisnis

Percaya atau tidak, dengan mengakomodasi kemudahan pelanggan, pelanggan akan semakin 'senang' berbelanja. Transaksi cepat juga mampu meningkatkan kredibilitas brand kamu. Hal ini tentunya sejalan dengan omzet kamu yang akan meningkat!

 

Pembayaran Lebih Mudah dengan Layanan QRIS di Qasir

Fitur pembayaran online di Qasir apa ada ya? Tentu saja ada! Qasir menyediakan layanan pembayaran online atau QRIS yang bisa terhubung ke beragam e-wallet seperti OVO, Shopee, Gopay, Dana, dan lain sebagainya.

 

Kalian bisa mendapatkan fitur ini di akun free dan Qasir Pro

 

Jadi, setelah melihat berbagai keuntungan menggunakan pembayaran online ini, apakah kalian tertarik untuk mencobanya?

 

#Qasir #pembayaran online

Share artikel ini