Tips

10 Tips untuk Meningkatkan Customer Trust

07 Mar 2023, Ditulis oleh Annisa

10 Tips untuk Meningkatkan Customer Trust

Kalau diartikan, customer trust mempunyai arti kepercayaan pelanggan. Kepercayaan pelanggan ini merupakan keyakinan yang dimiliki pelanggan kita akan kredibilitas, kualitas produk, servis, maupun integritas terhadap brand kita. 

 

Mengapa Meningkatkan Customer Trust ini Penting?

Meningkatkan customer trust rupanya menjadi salah satu aspek yang penting dalam menjalankan usaha. Hal ini dikarenakan customer trust mampu mempertahankan loyalitas pelanggan untuk terus membeli produkmu. Dengan meningkatkan customer trust, kamu juga mampu membuat mereka 'jatuh cinta' dengan brandmu. Mereka pun akan mempromosikan produkmu ke orang-orang di sekitar mereka, tanpa perlu kita suruh.

Jadi meningkatkan customer trust ini rupanya mampu memberikan efek vertikal (loyalitas pelanggan) dan horizontal (pelanggan baru). 

Kalau sudah tau alasan mengapa meningkatkan customer trust itu penting. Sekarang saatnya melihat tipsnya!

 

10 Tips untuk Meningkatkan Customer Trust

1. Berikan Pelayanan yang Baik secara Konsisten

Memberikan pelayanan yang baik dan terus menerus bisa meningkatkan customer trust? Pastinya bisa! Ketika kita memberikan pelayanan yang baik secara konsisten, hal tersebut akan memberikan kesan shopping experience yang 'nagih'. Pelayanan ini menjadi nilai plus yang bisa kalian jual.

Contohnya, kalian responsif kepada pelanggan, sopan, siap membantu, dan lain sebagainya. Brand yang terkenal akan pelayanan yang baik ini adalah Starbuck. Kalian juga bisa belajar dari kasus viral mengenai servis satpam BCA yang selalu mendapat pujian dari masyarakat.

 

2. Transparansi Meningkatkan Customer Trust

Transparansi itu apa sih? Ketika kalian tidak menyembunyikan informasi yang penting dan relevan untuk pelanggan, maka dinamakan transparansi. Semisal mereka membeli suatu tas, maka jangan lupa untuk memberikan deskripsi detail mengenai ukuran, keaslian, bahan, dan lain-lainnya. 

Tentu saja, informasi tersebut haruslah fakta. Jadi kejujuran atau transparansi ini mampu meningkatkan customer trust.

 

3. Komunikasi yang Interaktif

Kalian pasti suka punya teman yang 'sefrekuensi', 'nyambung', dan nggak searah. Sama seperti bisnis! Ketika kita membangun komunikasi yang interaktif, aktif membalas komentar, menanggapi pembeli di chat, membuat konten promosi dengan Call to Action agar followers kalian komentar, itu mampu meningkatkan customer trust. Yes, simple tapi membekas di hati pelanggan kalian!

 

4. Menjaga Kualitas Produk

Memang tidak selalu produk berkualitas tinggi itu populer. Namun kualitas produk yang bagus pasti membuat orang ingin datang lagi. Karena itu menjaga kualitas produk merupakan salah satu cara untuk meningkatkan customer trust. 

Apakah kalian pernah mendengar cerita orang yang makan di suatu tempat dan 'rasanya berubah', kemudian tidak ingin datang lagi? Nah begitulah pentingnya mempertahankan kualitas produk, yang secara otomatis akan mempertahankan customer trust.

 

5. Berikan Apresiasi untuk Meningkatkan Customer Trust

Apa saja sih contoh apresiasi yang bisa meningkatkan customer trust? Ada banyak, salah satunya dengan program loyalitas diskon. Seperti memberikan poin yang akan didapat setiap pembelian produk kamu. Semakin lama dikumpulkan, maka kelak akan mendapat hadiah. Kalian juga bisa membuat member card, yang mana jika menggunakannya akan diberikan diskon atau great deal. 

 

6. Manfaatkan Social Media

Social media untuk meningkatkan customer trust sudah menjadi hal yang umum di era digital seperti sekarang ya! Apalagi pasca pandemi yang mana orang mulai berlomba-lomba untuk berjualan di social media. Penggunaan social media ini merupakan salah satu branding, yang mana mampu meningkatkan customer trust. Yuk manfaatkan social media untuk bisnis kamu!

 

7. Simpan Data Pelanggan dengan Baik

Jangan sampai kamu menurunkan kepercayaan pelanggan dengan menyalahgunakan data mereka. Kamu juga bisa memanfaatkan sistem CRM untuk membantu menyimpan keseluruhan data pelanggan dengan aman. Karena siapa sih yang suka privasinya diganggu? 

 

8. Berikan Ruang untuk Kritik dan Saran

Kunci meningkatkan customer trust lainnya adalah jangan mudah baper. Baper yang gampang tersinggung ya. Jika kita memberikan ruang untuk mereka kritik dan saran, lantas kalian mendengarkannya, hal itu mampu membuat mereka merasa 'special'. 

Contoh kasusnya adalah brand Mujigae dengan produk Jajangmyeon Mujigae. Banyak sekali pelanggan yang merasa produknya terlalu asam, sehingga mereka mengubah resepnya dan menyesuaikan dengan lidah pasar. Hal ini kemudian dimanfaatkan mereka untuk branding saat launching new recipe produk tersebut kembali.

 

9. Tampilkan Testimoni 

Jangan lupa untuk menampilkan testimoni untuk produkmu ya, dan jangan takut jika mereka menulis jelek. Karena kalau kalian yakin dengan pelayanan serta kualitas produk kalian yang bagus. Pastinya banyak yang akan memberikan testimoni baik. Jika ada testimoni jelek bagaimana? Berikan jawaban yang baik dan sopan untuk menanggapi atau menyelesaikan masalah si pelanggan ya!

 

10. Gunakan Website untuk Meningkatkan Customer Trust

Selain social media, cara lain yang bisa dilakukan adalah menggunakan website. Dengan memanfaatkan website, kalian bisa branding produk dengan bagus dan meningkatkan customer trust. Seperti pelayanan via website cepat, mempermudah pelanggan, dan lain sebagainya.


Fitur-fitur Qasir untuk Meningkatkan Customer Trust

 

1. Program Poin Loyalitas Pelanggan

Poin loyalitas Qasir merupakan fitur untuk penjual memberikan poin kepada pelanggan, usai mereka berbelanja dengan syarat tertentu. 

Yang mana poin ini bisa dikumpulkan untuk mendapat reward seperti potongan belanja di transaksi berikutnya. Poin loyalitas ini mampu meningkatkan customer trust.

Fitur ini bisa kamu nikmati di Qasir Pro!

 

2. Fitur Kelola Diskon

Ingin memberikan apresiasi atas pelanggan karena sudah membeli dalam jumlah besar? Atau sering memberikan promo? Gunakan saja fitur kelola diskon! 

Pengaturan diskon lengkap ini mampu memberikan keleluasaan yang usahawan butuhkan untuk efisiensi waktu, serta menghindari kesalahan saat memberikan diskon. Fitur ini bisa kalian gunakan dengan berlangganan Qasir Pro Plus atau beli satuan.

 

3. Website Usaha

Butuh website usaha untuk memudahkan pelanggan berbelanja? Kalian bisa menggunakan website usaha yang bisa kalian dapatkan jika menggunakan Qasir Pro.

Hmm, ternyata untuk meningkatkan customer trust ini merupakan investasi yang bagus untuk mempertahankan bisnis ya. Adakah tips di atas yang sudah pernah kalian coba untuk meningkatkan customer trust?

#Qasir

Share artikel ini