Tips

5 Aplikasi Android untuk Memudahkan UMKM Mengelola Bisnis, Cek!

26 Apr 2021, Ditulis oleh Bentangku

5 Aplikasi Android untuk Memudahkan UMKM Mengelola Bisnis, Cek!

Zaman telah berganti, begitu pun dengan dunia UMKM. Kini, berbisnis tak lagi hanya bisa mengandalkan cara konvensional untuk memasarkan barang dagangannya atau mengelola usaha. Terlebih sejak adanya pandemi Covid-19. Perubahan besar terjadi dalam berbagai aspek ekonomi, terutama UMKM sejak hantaman pandemi di Tanah Air pada Maret 2020.

Sebagai penggerak ekonomi negara serta penyerap tenaga kerja, UMKM mengalami kerugian yang besar karena kegiatan usaha mereka tersendat dan mengalami penurunan pemasukan yang drastis. Survei yang dilakukan Paper.id berkolaborasi dengan SMESCO dan OK OCE bertajuk “Dampak Pandemi COVID-19 terhadap UMKM” mengungkap 78% respondennya mengaku mengalami penurunan omzet, dengan kategori yang terbesar terdapat pada penurunan lebih dari 20% (67,50%). Penurunan yang ada terjadi hampir menimpa seluruh bidang usaha.  Survei ini dilakukan secara daring dan dikirimkan kepada lebih dari 3000 UMKM yang ada di 22 provinsi Indonesia, seperti yang dirilis November 2020 lalu.

Oleh karena itu, penting untuk berinovasi dalam segala lini. Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menyebut, pengusaha harus memanfaatkan teknologi digital seperti cloud computing dan internet of things (IoT) untuk mendorong produktivitasnya di tengah pandemi Covid-19.

"Pandemi Covid-19 memang menjadi permasalahan dunia terutama adanya aturan pembatasan sosial. Sebab, diterapkannya social distancing, membuat terjadinya pergeseran dalam gaya hidup termasuk perputaran roda bisnis," kata Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin, Gati Wibawaningsih dalam keterangan resminya seperti dilansir Kontan, Selasa 27 Oktober 2020.

Pedagang bawang sedang menelepon
Imbauan ini masuk akal jika melihat angka pengguna e-commerce di Indonesia. CNN mengutip data dari GlobalWebIndex mengungkap, Indonesia merupakan negara dengan tingkat adopsi e-commerce tertinggi di dunia pada 2019. 90 persen dari pengguna internet berusia 16-64 tahun di Tanah Air pernah melakukan pembelian produk dan jasa secara online. Ingatkan ungkapan, "Dunia kini ada di jarimu"?

Oleh karena itu, pelaku UMKM harus melek akan teknologi informasi agar dapat memudahkan memasarkan produk hingga ke luar negeri. Juga supaya lebih mudah mengelola bisnis. Namun, tak jarang pelaku UMKM menemui kesulitan dalam penggunaan teknologi informasi yang tepat ini. Misal saja, gaptek dan tidak memiliki staf khusus yang ahli dalam bidang teknologi informasi yang dinamis. Banyaknya ragam produk teknologi juga membuat pelaku UMKM bingung memilih mana yang pas digunakan.

Jangan khawatir, ada 5 aplikasi Android untuk pelaku UMKM yang Qasir rangkum. Mengapa aplikasi Android? Pertama, menggunakan smartphone lebih mudah ketimbang laptop dan hampir semua orang sudah memilikinya. Kedua, sebagian besar smartphone menggunakan teknologi Android.

Yuk kita kupas satu per satu.

1. Google Drive

Google Drive merupakan media penyimpanan data online (daring) berbasis cloud atau Internet yang dikembangkan oleh Google. Media ini diperkenalkan pada 24 April 2012.  Aplikasi ini tersedia dalam bentuk dekstop (komputer) maupun smartphone. Pada beberapa jenis ponsel Google Drive atau GDrive menjadi aplikasi bawaan yang terinstal secara otomatis, jadi kamu tak perlu repot.

Google Drive memungkinkanmu menyimpan file atau data berupa dokumen, gambar, audio ataupun video dengan kapasitas hingga 15 Gigabyte secara gratis. Aplikasi ini memudahkanmu dalam mengakses data. Tak perlu repot jika handphone atau laptopmu tertinggal. Dengan menggunakan gadget milik orang lain, kamu pun bisa membuka filemu melalui email.

Secara rinci, ada 5 kegunaan Google Drive:

1. Menyimpan File

Fungsi utama Google Drive adalah sebagai media penyimpanan data baik berupa dokumen, gambar atau video, tanpa harus menyediakan storage atau memori penyimpanan di perangkatmu.

2. Untuk Berbagi File

Dengan menggunakan Google Drive kamu dapat berbagi file secara langsung tanpa perlu melakukan konfigurasi yang rumit. Kamu hanya perlu mengundang pengguna lain melalui sebuah link dengan menggunakan email.

3. Edit File

Kita dapat melakukan editing data langsung tanpa harus mengunduhnya. GDrive mendukung fitur edit data teks yang terhubung dengan google spreadsheet. Aplikasi tersebut berfungsi mirip seperti MS Word atau Excel hanya saja berbentuk online tanpa harus melakukan instalasi software.

4. Back Up Data

Google drive memungkinkanmu untuk memback up data di komputer atau smartphone-mu. Jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di perangkatmu, kamu masih bisa membukanya nanti. Kamu bahkan bisa menyalin datamu ke perangkat barumu tanpa perlu bersusah payah. Datamu pun lebih aman tersimpan.

5. Mudah Digunakan

Kamu dapat menggunakan Google Drive di manapun dan kapanpun sesuai keinginan sepanjang device terhubung dengan Internet.

2. Canva

Canva adalah platform desain grafis yang bisa kamu gunakan untuk membuat grafis media sosial, presentasi, poster, dokumen dan konten visual lainnya. Misalnya, membuat logo, company profile, lembar presentasi atau undangan.Ada layanan gratis dan berbayar yang bisa kamu pilih.

Apa? Kamu tak bisa desain? Tak perlu pusing. Sebab, aplikasi ini menyediakan beragam template desain untuk kamu gunakan.  Aplikasi ini juga menyediakan gambar dan animasi yang bisa kamu pilih tanpa harus mendesainnya dari awal. Cara penggunaannya pun mudah alias user friendly. Dia pun menyediakan tools lembar kerja yang memudahkanmu dalam mengedit gambar.

Bagaimana cara menggunakan Canva?

1. Sign-Up Dulu

Kamu wajib memiliki akun Canva. Caranya bisa menggunakan Facebook, Gmail maupun registrasi manual dengan mengisi data pribadimu.

2. Pilih Kebutuhanmu

Setelah itu, kamu akan diberi pilihan layanan. Pilih sesuai kebutuhan. Misalnya, kamu butuh Canva desain logo bisnismu, baik untuk small business atau personal.

3. Mulai Desain

Kamu dapat memilih layout graphic sesuai seleramu. Canva menyediakan berbagai macam template layout dengan dimensi yang sudah disesuaikan untuk platformnya.

Kategori yang mereka sediakan adalah social media posts, documents, blogging, ebooks, infographics, marketing materials, events, dan ads.

Pilih salah satu layout yang paling sesuai. Jika tidak bisa menemukan template dengan ukuran dimensi yang dibutuhkan, kamu bisa memilih custom dimension yang ada di bagian kanan atas.

4. Pilih Gambar  

Kamu bisa memulai dengan lembar kerja yaitu segi empat berwarna putih yang akan menjadi area desainmu nantinya. Pilih gambar yang sudah disediakan atau mengunggah file dari perangkatmu.

5. Desain Sesuai Keinginan

Kamu bisa berkreasi sesukamu BossQ.

3. Mailchimp

Mailchimp menawarkan sejumlah layanan untuk marketing. Mulai dari membangun website hingga layanan engagement dengan email atau email marketing. Namun, dia terkenal dengan layanan engagement emailnya.

Email marketing ini murah dan cenderung lebih mudah digunakan. MailChimp memungkinkanmu mengirimkan email ke banyak penerima dalam waktu yang bersamaan. MailChmip didirikan oleh sebuah perusahaan asal Amerika Serikat pada 2001 lalu.

Aplikasi ini memiliki antarmuka paling intuitif dan ramah pengguna dibanding yang lainnya karena dirancang dengan mempertimbangkan kesederhanaan.

4. Instagram

Instagram merupakan salah satu media sosial yang paling efektif untuk melakukan personal branding dan marketing.

Instagram memiliki fitur yang lebih spesifik, sederhana dan mudah untuk digunakan untuk berbagi maupun mencari informasi. Juga untuk berkomunikasi tanpa ada batasan ruang dan waktu.

Aplikasi ini memiliki update infromasi yang begitu cepat sesuai dengan fungsinya. Instagram merupakan aplikasi yang mengkhususkan penggunanya untuk berbagi informasi baik berupa foto maupun video.

Lalu bagaimana agar branding yang kamu lakukan lewat Instagram berjalan efektif?

1. Beralih ke Profile Bisnis

Sebelum kamu mulai memikirkan rencana pemasaran di Instagram, pastikan kamu memiliki akun bisnis Instagram. Sangat mudah untuk mengganti profile personal ke akun bisnis.

2. Gunakan Instagram Tools Gratis

Profil bisnis di Instagram tidak terlalu berbeda dari profil bisnis Facebook. Kamu dapat melihat statistik seperti tayangan, data keterlibatan, dan banyak lagi.

Kamu bahkan dapat memperoleh rincian demografi pengikutmu, termasuk informasi tentang usia, jenis kelamin, lokasi, dan jam paling aktif.

3. Teasers Produk

Instagram adalah tempat yang tepat untuk mengiklankan produkmu. Dan jika kamu memainkan “kartu” dengan benar, hasilnya akan maksimal. Salah satunya denhan menunjukkan kelebihan produkmu lewat foto atau video.

4. Buat Iklan Sponsor

Kamu dapat mengontrol seberapa banyak dana yang ingin dihabiskan untuk promosi di Instagram.

5. Manfaatkan Instagram Story

Jika kamu ingin menghasilkan lead yang baik dalam membangun branding, mulai aktif menggunakan Instagram story.

Cerita Instagram berbeda dari posting biasa karena hadir dalam format "slideshow". Jadi, kamu bisa mengunggah atau meriview produkmu dengan lebih lengkap.

5. Qasir

Ingin memperoleh fitur lengkap untuk semua kebutuhan usahamu? Qasir jawabannya. Qasir menjadi pilihan tepat untuk menghemat waktumu dalam mengelola usaha.

Aplikasinya pun gratis, tanpa biaya sepeser pun. https://www.qasir.id/feature.

Fitur-fitur Qasir begitu universal dan cocok untuk berbagai jenis usaha. Mulai dari salon, cuci mobil, barbershop, laundry, resto, coffee shop, booth jajanan, mini market, apotek, toko baju, bahkan online shop.

Banyak fitur yang ditawarkan aplikasi ini. Beberapa di antaranya:

Catat Penjualan dan Stok Tanpa Ribet

Mencatat transaksi penjualan dan produk yang terjual setiap harinya dengan mudah dan praktis. Berapa pun outlet cabangmu.

Cara Pembayaran Kekinian

Lengkapi kecanggihan usahamu dengan pilihan metode pembayaran masa kini. Mulai dari scan QR code, hingga transfer via Virtual Account. Tanpa kontak, tanpa ribet hitung kembalian.

Pantau Kondisi Usaha dengan Caramu

Berapa total penjualan, berapa keuntungan, produk yang paling laku, berapa sisa produk, dan informasi lainnya bisa kamu ketahui secara real-time dengan mudah. Dari aplikasi, dari browser, atau dari e-mail.

Membuat Website dan Logo

Tak perlu ribet lagi untuk membayar orang saat membangun website atau membuat logomu. Cukup menggunakan kasir, kamu bisa memilih template yang siap digunakan.

Kelola Diskon

Tingkatkan penjualanmu dengan aneka program diskon. Diskon cashback, diskon persentase, diskon ulang tahun, atau diskon dengan minimum pembelian, semua bisa dilakukan secara otomatis dengan cara yang mudah. Tak perlu khawatir akan rugi lagi meski memberi diskon ke konsumen.

Qasir cukup memudahkanmu sebagai pelaku UMKM bukan? Untuk cara menggunakan dan informasi terkait fitur lengkap Qasir, kamu cukup klik di sini.

Nah, tunggu apalagi, segera download Qasir


Baca juga:

 

Share artikel ini