Tips

5 Tips Membuat Website Sederhana untuk Usaha Kamu

23 Sep 2019, Ditulis oleh Kezia Sabrina

5 Tips Membuat Website Sederhana untuk Usaha Kamu

Di zaman sekarang ini, orang-orang mencari apapun yang mereka butuhkan di internet. Kehidupan sehari-hari telah terintegrasi dengan teknologi. Bahkan, Indonesia terbilang menjadi salah satu negara yang masyarakatnya menghabiskan waktu di internet melampaui rata-rata waktu secara global. Kumparan menjelaskan lebih lanjut bahwa dari riset dari HootSuite dan We Are Social yang dirilis Januari 2020, Indonesia termasuk dalam 10 besar negara yang paling lama mengakses internet. Waktu rata-rata yang dihabiskan masyarakat Indonesia di internet adalah selama 7 jam 59 menit per harinya. 

Orang Indonesia tergolong memiliki tingkat kecanduan internet yang cukup tinggi. Secara umum, hal ini sebenarnya berpotensi menghasilkan dampak yang kurang baik bagi individu, misalnya kekurangan interaksi sosial di dunia nyata, kurang produktif, potensi terjadinya insomnia dan depresi, serta masih banyak lagi. Meski begitu, screentime yang meningkat juga menghadirkan peluang dan manfaat beragam, termasuk untuk para pelaku usaha.

Ketika semakin banyak orang yang berada di internet, para pelaku usaha perlu turut mengarahkan perhatiannya ke sini. Layaknya nelayan yang mengejar ikan di laut, pengusaha perlu berupaya aktif untuk mendekatkan diri dan menarik perhatian calon pelanggan. Ada banyak strategi yang bisa dilakukan dalam pemanfaatan internet untuk meningkatkan usaha. Salah satunya adalah pembuatan website atau halaman web.

Situs informasi karier terkemuka CareerAddict memaparkan sejumlah manfaat yang sangat bisa didapatkan dari website usaha. Salah satunya adalah kredibilitas yang lebih baik. Dengan kehadiran di dunia online, usaha kamu dapat dipersepsikan sebagai usaha yang profesional dan berinisiatif menghadirkan kemudahan bagi para pelanggan. Meski begitu, cara ini akan memerlukan strategi matang. Internet dipenuhi oleh begitu banyak halaman web, sehingga pelaku usaha perlu menciptakan website perusahaan dengan model terkini, profesional, dan teroptimasi untuk memastikan hasil pencarian yang baik. Manfaat lain yang bisa didapat dari halaman web usaha adalah bisnis kamu dapat diakses oleh pelanggan setiap saat, tanpa kamu harus standby di luar jam operasional. Kamu pun bisa memantau layanan yang diberikan melalui website, sehingga kualitas pelayanan atau customer service lebih terjaga dengan cara yang efektif.

Memang, website untuk keperluan usaha butuh biaya yang tidak kecil, terutama untuk desain dan pemeliharaannya. Meski begitu, website usaha mampu memotong biaya staf, sewa toko fisik, pajak, serta beragam pengeluaran lainnya. Adanya teknologi ini memudahkan pelaku usaha menjangkau para pelanggan secara langsung dengan biaya yang efisien, sehingga walau membutuhkan ongkos besar dalam membangun website, pelaku usaha bisa mendapatkan keuntungan yang setara, atau bahkan jauh lebih besar. Dengan strategi yang lebih tepat sasaran ini, usaha kamu mampu berkembang dengan stabil dan kuat, apalagi dengan kemampuan meraih konsumen baru serta pasar yang lebih luas. Kamu pun dapat meningkatkan daya saing di tengah persaingan pasar yang semakin ketat, terutama dengan website yang menarik dan memberikan pengalaman berbelanja yang memuaskan bagi para pelanggan. 

Masih ada begitu banyak manfaat yang dapat diraup oleh pemilik usaha melalui halaman web untuk bisnis. Website jelas sudah jadi komponen penting di dunia usaha yang mampu menjadikan usaha lebih mudah terlihat.

Lantas, muncul pertanyaan berikutnya: bagaimana cara membuat website untuk usaha?

Menciptakan Halaman Web untuk Usaha, Perlu Apa Saja?

Meski dunia online dapat terlihat asing bagi yang belum terbiasa menggunakannya, bukan berarti kamu harus langsung menyerah, bukan? Segala hal bisa dipelajari, terlebih dengan akses informasi yang begitu mudah di masa kini. Tidak harus langsung menciptakan website yang canggih dan rumit, kamu bisa memulai dari website usaha yang sederhana, karena yang terpenting adalah fungsi dasarnya. Yuk kita lihat lima tips membuat website berikut ini!

Tips #1: Tentukan Nama Domain yang Mudah Diingat

Bagi kamu yang masih belum tahu, nama domain dapat dipahami secara sederhana sebagai nama website. Nama domain adalah alamat yang digunakan oleh pengguna internet untuk mengakses website kamu. Sebagai contoh, website Qasir ini memiliki nama domain: qasir.id. Mudah kan, ya?

Pemilihan nama domain sangatlah penting karena ini akan menjadi identitas bisnis kamu. Media Inc. menekankan pentingnya nama domain untuk meningkatkan kredibilitas usaha. Untuk mendukung hal ini, perlu nama domain yang dipilih secara teliti. Melihat pentingnya nama domain ini, sebaiknya kamu memilih nama domain yang cukup singkat dan mudah dieja, diingat, serta diucapkan. Dalam beberapa kondisi tertentu yang memungkinkan, kamu juga bisa menciptakan nama domain sesuai usaha yang benar-benar untuk, seperti yang dilakukan Google.

Salah satu cara termudah adalah pilih nama domain yang paling menjelaskan usaha kamu. Misalnya, kamu ingin membuat website untuk usaha pengembangbiakan ikan koi, maka beberapa pilihan nama domain yang bisa kamu gunakan adalah ikanhias.com, koijuara.com, atau jualikanhias.com. Sudah terbayang nama domain yang kira-kira tepat untuk usaha kamu?

Tips #2: Pilih Layanan Hosting Sesuai Kebutuhan 

Layanan hosting bisa diibaratkan sebagai lahan tempat kamu akan mendirikan website kamu. Jasa ini mendukung individu atau organisasi untuk membuat sebuah website atau mengunggah halaman web ke internet. Ketika penyedia layanan hosting mengalokasikan ruang pada server untuk penyimpanan data sebuah website, mereka mendukung setiap berkas atau data yang tercakup dalam sebuah website atau halaman web dapat tertampil secara online. Setiap website pasti memiliki layanan hosting.

Dalam memilih penyedia layanan hosting yang tepat, Google Domains memaparkan empat langkah penting. Pertama, kita perlu memahami kebutuhan website yang akan kita buat. Coba periksa hal-hal seperti tools untuk membangun website, kapasitas penyimpanan, kecepatan, dll. Setelah itu, tetapkan rencana antara membangun website sendiri dari nol atau memilih menggunakan layanan website builder. Ketika kamu sudah memahami setiap kebutuhan, lakukan riset terkait fasilitas yang disediakan oleh setiap penyedia layanan hosting. Terakhir, bandingkan satu penyedia jasa dengan yang lain terkait kriteria seperti harga, kemudahan, dan pengelolaan, lalu pilih yang dapat memenuhi kebutuhan serta kriteria kamu.

Untungnya, saat ini sudah ada banyak penyedia layanan hosting dengan rentang harga yang variatif, sehingga kamu dapat memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuanmu. Masing-masing penyedia juga telah mempersiapkan paket-paket yang bisa kamu sesuaikan dengan budget. Bahkan, kini ada juga yang menyediakan paket hosting gratis domain juga. Seperti peribahasa sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui, kamu bisa mendapatkan dua elemen penting dalam membangun website melalui jasa yang menyediakannya.

Tips #3: Pahami Aspek Teknis Dasar dari Website

Dalam membuat website, ada beberapa hal dasar yang wajib kamu pahami. Di atas segalanya, kamu harus paham betul akan tujuanmu membuat sebuah website. Lalu, kamu perlu mendalami infrastruktur website, yang meliputi beberapa aspek teknis yang sebaiknya kamu pelajari terlebih dahulu. Salah satu alasannya adalah untuk memastikan kalau website atau halaman web kamu bisa diakses oleh segala macam user. Artinya, website kamu sudah dirancang untuk pengguna desktop (komputer) maupun mobile (smartphone). Selain itu, beberapa hal seperti fitur, pengelolaan, spesifikasi, dan isi website juga perlu dirancang dengan baik agar fungsi website dapat berjalan dengan efektif, optimal, serta sesuai dengan tujuan awal.

Tips #4: Perhatikan Desain dan Pengalaman Pengguna

Mari kita ibaratkan website sebagai toko. Tertarik atau tidaknya konsumen untuk membeli produk ditentukan oleh seberapa nyaman mereka selama berada di dalam toko. Kenyamanan konsumen sendiri ditentukan oleh banyak hal, mulai dari layout toko, suhu ruangan, hingga sikap dari staf yang membantu mereka.

Nah, beruntungnya, untuk menciptakan kesan nyaman dalam sebuah website jauh lebih mudah daripada toko fisik. Kamu hanya perlu membuat website yang memberikan kenyamanan bagi konsumen untuk mencari informasi lebih lanjut tentang usaha kamu, melihat-lihat produk yang ditawarkan, bahkan hingga menyelesaikan transaksi pembelian dengan praktis. Inilah yang kini banyak dibahas sebagai user experience, atau pengalaman yang didapatkan oleh pengguna internet dari mengakses sebuah website. Baik melalui desain website yang baik hingga ke cara navigasi yang sederhana, website atau halaman web ini perlu dikembangkan agar usaha kamu bisa dipandang secara lebih berkualitas serta terpercaya di mata pelanggan.

Tips #5: Ciptakan Traffic Website Secara Rajin

Terkadang, website yang berdiri sendiri belum cukup untuk menciptakan traffic. Traffic dapat diartikan secara sederhana sebagai jumlah orang yang mengakses website bisnis kamu dalam satu waktu. Semakin banyak pengunjung, maka semakin tinggi angka traffic website. Lalu, bagaimana cara meningkatkan traffic dari website yang kamu miliki?

Pertama, kamu bisa membuat sejumlah konten yang menarik dan dapat dibagikan oleh para pembacanya. Konten ini bisa berupa artikel, infografis, serta e-book yang dapat diunduh secara gratis. Cara kedua yang bisa kamu lakukan adalah rajin bermain ke blog dan forum online. Cobalah menaruh komentar atau opini kamu dalam komentar atau thread forum dengan disertai dengan link website kamu. Selain itu, kamu dapat menciptakan traffic dengan membuat koneksi website ke platform media sosial. Tiga cara ini dapat meningkatkan kesadaran (awareness) pasar terkait usahamu, sehingga turut meningkatkan akses terhadap website berdasarkan rasa ingin tahu mereka.

Inilah lima tips membuat website sederhana untuk usaha kamu. Secara kasat mata, tips ini mungkin terkesan repot. Meski begitu, percayalah bahwa hasil yang ditawarkan akan sangat sebanding. Coba juga mampir ke website Qasir, yang dipenuhi dengan inspirasi dan tips praktis baru seputar usaha, informasi untuk optimalisasi aplikasi Qasir, serta kini telah tampil dengan wajah baru. Mungkin saja ini bisa jadi referensi untuk website maupun halaman web usaha kamu!

Selamat mencoba, ya!

#Qasir

Share artikel ini