Tips

Cara Beriklan di Instagram Ads untuk UMKM dan Pemula

07 Sep 2021, Ditulis oleh Putri Anggia

Cara Beriklan di Instagram Ads untuk UMKM dan Pemula

Bagi pemilik usaha, beriklan sudah menjadi hal penting yang harus dilakukan. Jika dahulu beriklan seolah jadi sesuatu yang eksklusif dan hanya bisa dilakukan oleh pebisnis besar saja, tidak demikian di zaman sekarang. 

Sekarang ini, untuk beriklan sudah semakin mudah, seiring dengan banyaknya platform media sosial yang bisa dimanfaatkan. Misalnya Facebook, LinkedIn, Twitter, Instagram, dan lain-lain. Namun yang masih jadi primadona saat ini memang Instagram, karena penggunanya di Indonesia masih yang paling besar dan terus bertambah setiap tahunnya. 

Dikutip dari statista.com, Indonesia merupakan negara pengguna Instagram keempat terbesar di dunia setelah India, Amerika Serikat dan Brasil, dengan jumlah 93 juta pengguna. Untuk itu, beriklan di Instagram sangatlah efektif, jika kamu tahu bagaimana mengoptimalkannya.

Instagram menyediakan sebuah fitur yaitu Instagram Ads. Dengan fitur ini, kamu sebagai pelaku bisnis bisa dengan mudah mengenalkan produkmu kepada jutaan pengguna Instagram yang tersebar tak hanya di Indonesia, tapi juga di seluruh dunia. Instagram sangat pas bagi kamu yang ingin mempromosikan produkmu lewat visual. 

Tools yang Digunakan

Untuk memasang iklan di Instagram, kamu bisa menggunakan beberapa cara. Yaitu melalui aplikasi Instagram itu sendiri, melalui Facebook Ads Manager, Instagram Partners, Facebook Marketings API, dan Facebook Power Editor. 

Tipe Iklan di Instagram

Jika kamu sudah mengetahui tools yang bisa kamu gunakan, sekarang kamu bisa mulai menyiapkan bahan atau visual aset yang akan kamu iklankan. Ada beberapa tipe visual yang bisa kamu mainkan dan juga ditawarkan oleh pihak instagram, antara lain adalah Stories Ads, Video Ads, Photo Ads, dan Carousel Ads.

Pada awalnya, kamu mungkin masih bingung untuk menentukan tipe iklan yang akan kamu pasang di Instagram, namun jika nanti kamu sudah terbiasa, kamu akan dengan mudah bisa menjalankan iklan di Instagram. Jika ada pertanyaan mana yang lebih mudah, menjalankan iklan di Facebook atau Instagram, Qasir akan lebih merekomendasikan Instagram karena  penggunaanya lebih mudah.

Cara Beriklan di Instagram

Berikut ini beberapa hal yang harus kamu lakukan saat ingin mulai beriklan langsung dari aplikasi Instagram.

  • Ubah Akun Menjadi Profil Bisnis

Jika akun Instagram usahamu masih personal, segera ubah ke akun bisnis. Bukan hanya untuk keperluan beriklan, akun dengan tipe profil bisnis juga nantinya berguna untukmu bisa melihat jumlah Engagement terhadap postingan akunmu, termasuk Like dan Followers.

Caranya dengan masuk ke menu Pengaturan, lalu klik Beralih Ke Akun Profesional. Kamu akan menemukan  dua pilihan yaitu Kreator dan Bisnis, klik akun Bisnis. Berikutnya tentukan kategori bisnis apa yang kamu dijalankan. Lalu masukkan alamat email, nomor telepon, dan alamat bisnis. 

  • Koneksikan Instagram dan Facebook

Ini yang tidak kalah pentingnya. Pastikan akun Instagram yang kamu gunakan sudah terkoneksi dengan akun Facebook-mu. Ini adalah syarat mutlak untuk beriklan di Instagram. Usahakan halaman Facebook yang dihubungkan juga adalah Facebook bisnis, bukan Facebook pribadimu ya. 

  • Pengaturan Iklan Instagram

Ini adalah saatnya kamu mengunggah konten iklan. Langkah pertama, unggah konten iklan di postingan seperti biasa. Karena ini berbayar, sebaiknya pastikan konten yang diunggah adalah konten yang benar-benar berkualitas dan memiliki objektif yang jelas agar biaya yang kamu keluarkan tidak sia-sia.

Klik tombol promosi Instagram, selanjutnya masukkan link CTA (Call To Action) yang ingin kamu jadikan landing page jika user mengklik iklanmu. Sesuaikan saja dengan kebutuhan dan keinginan. 

  • Atur Segmentasi

Berikutnya pilih segmentasi dari target pasar dan pengguna. Kamu bisa memilih secara otomatis maupun memilih segmentasi sendiri secara manual. Pada tahap awal mungkin kamu bisa menggunakan fitur otomatis, namun alangkah baiknya jika kamu sudah mengetahui segmentasi pasar kamu agar bisa melakukan pengaturan dengan lebih spesifik.

  • Atur Nominal dan Jangka Waktu Iklan Berlangsung

Instagram akan menampilkan potensi dari segmentasi target audiens yang sudah diatur tadi. Apabila sudah sesuai dengan yang kamu harapkan, selanjutnya terdapat opsi pembayaran. Isi jumlah nominal yang akan dibayar dan jangka waktu iklan tersebut berlangsung. 

Perlu diingat, di bagian ini jangan sampai terlalu mahal dan murah. Pertimbangakan  sesuai dengan keperluan. Kamu bisa mulai dengan nominal kecil dan jangka waktu pendek untuk mengetahui efektivitasnya. Selanjutnya kamu bisa meningkatkan jumlahnya secara bertahap. 

  • Proses Pembayaran

Tahap selanjutnya adalah pembayaran. Pembayarannya dapat dilakukan antara lain dengan Transfer Bank dan Kartu Kredit. Jika pembayaran sudah berhasil, selanjutnya tinggal menunggu hasilnya.

Itulah tadi langkah-langkah untuk membuat iklan di Instagram untuk pemula, khususnya usahawan mikro dan pelaku UMKM sepertimu. Jadi jangan takut lagi untuk beriklan ya. 

Baca juga:

 

Share artikel ini