Tips

Manfaat Menggunakan Newsletter untuk Bisnis

17 Mar 2023, Ditulis oleh Annisa

Manfaat Menggunakan Newsletter untuk Bisnis

Pernah tidak kalian membeli suatu produk atau register menggunakan akun email kalian. Kemudian, kalian mendapatkan email dari perusahaan yang bersangkutan?

Yup, itu yang dinamakan Newsletter. Newsletter memang terlihat sebagai metode promosi searah ya. Namun berbeda dengan promosi yang mana menawarkan produk-produk kita kepada orang random, Newsletter memberikan informasi yang relevan mengenai tips bisnis atau perusahaan kepada orang-orang tertentu.

Untuk lebih detailnya, yuk kita simak pengertian newsletter!

 

Apa sih Newsletter itu?

Seperti yang sudah dibahas di atas, newsletter merupakan sebuah email yang diterima oleh pelanggan secara berkala. Surat elektronik itu berisi informasi menarik mengenai tips bisnis, promo menarik, atau apa pun soal perusahaan kita kepada orang-orang tertentu. Siapa sih orang-orang tertentu yang dimaksud? Yaitu orang yang sudah mendaftarkan emailnya.

Sebenarnya fungsi newsletter sendiri tak hanya sekedar untuk promosi. Akan tetapi, lebih ke membangun komunikasi yang baik dengan pelanggan.

 

Manfaat Newsletter untuk Usaha


Terlepas dari usaha besar maupun kecil, ada banyak sekali manfaat menggunakan newsletter ini. 

1. Membangun Hubungan yang Baik dengan Pelanggan

Newsletter merupakan salah satu cara untuk berinteraksi dengan pelanggan. Apalagi newsletter dengan tulisan dan visual yang tepat juga mampu membuat pelanggan merasa tertarik.

Selain itu, dengan adanya email newsletter terkesan personal one by one, yang membuat pelanggan bisa merasa spesial. Yang mana, berujung hubungan dengan pelanggan berjalan dengan baik.

2. Promosi Produk dan Jasa

Kamu mempunyai promo untuk setiap pembelian produkmu? Pakai media newsletter ini bisa membuat pelanggan tau mengenai promo tersebut dan tertarik untuk membelinya. 

3. Memberikan Informasi Terbaru kepada Pelanggan

Apakah kemasan produkmu berubah? Kalian mempunyai produk featuring? Mengeluarkan varian rasa terbaru? Semuanya bisa diinformasikan kepada pelanggan melalui email newsletter ini! Sehingga pelangganmu tidak ketinggalan informasi menarik mengenai produk dan bisnismu!

4. Branding

 Ingin membuat citra brand yang bagus? Kalian juga bisa memanfaatkan newsletter untuk branding. Semisal dengan memasukkan mengenai informasi perusahaanmu menyumbangkan berapa persen penghasilan, menggunakan bahan-bahan yang ramah lingkungan, dan sebagainya. Brand yang mempunyai citra yang bagus bisa meningkatkan kepercayaan pelanggan lho!

5. Meningkatkan Brand Awareness

Perkenalkan merek kalian ke pelanggan baru dengan mengirimkan serba serbi perusahaan. Kemudian berikan call to action agar pelanggan baru tersebut mengajak temannya untuk membeli produkmu. 

6. Analisis Data

Sebuah newsletter bisa membuatmu menganalisis data lho. Kamu bisa menganalisis tingkat interaksi pelanggan dan newsletter, seperti berapa persen orang yang membuka email.

Data tersebut dianalisis, kemudian kalian bisa melihat apakah strategi pemasaran kalian sudah cukup, atau perlu ditingkatkan. 

 

Tips Membuat Newsletter untuk Bisnis

Membuat newsletter memang susah-susah gampang. Tapi ada beberapa tips mudah yang bisa kalian gunakan!

1. Tentukan Tujuan Kalian Membuat Newsletter

Kalian harus menentukan mau membuat apa. Mau memberikan informasi tips mengenai bisnis, mempromosikan produk baru, dan lain sebagainya.

2. Cek Target Audience

Coba usahakan cari data demografis perilaku pelanggan kalian sebelum membuat newsletter. Entah umur, jenis kelamin, ekonomi, kebutuhan audience, serta lainnya.

3. Buat Judul yang Menarik

Membuat judul yang clickbait untuk newsletter kamu merupakan salah satu cara terpenting. Karena judul inilah yang menentukan, apakah pelanggan mau terus membaca hingga akhir. Kalau sudah tidak menarik, bagaimana pelanggan ingin membacanya?

4. Kualitas Isinya Setara dengan Judul Clickbait

Kalau judulnya menarik, tapi isinya ternyata kosong. Besok-besok jika mereka mendapatkan newsletter lagi, belum tentu mereka akan membukanya. Karena itu pastikan informasinya juga sama menariknya dengan judulnya.

5. Desain yang Estetik

Tentu saja selera estetik orang beda-beda. Namun, jangan terlihat kamu membuatnya asal-asalan. Kalian justru bisa membuat visual yang relevan dengan informasi yang diberikan, juga selipkan logo, font, atau nuansa-nuansa brand kamu. Sekalian branding deh!

6. Masukkan Call to Action

Ingatkan pelanggan untuk melakukan action dengan menambahkan Call to Action. Seperti klik link berikut untuk mendapatkan promo menariknya!

7. Sertakan Tautan di Newsletter

Kalau tidak ada tautannya, pelanggan harus 'effort' lebih untuk melakukan action. Maka dari itu, penting sekali memasukkan tautan yang berhubungan dengan informasi yang kalian berikan di newsletter. Jika lebih mudah, maka makin banyak kemungkinan pelanggan yang melakukan action.

8. Subjek Email yang Kreatif

Mirip seperti judul email yang harus menarik agar orang mau membaca hingga habis. Kegunaan subjek email yang menarik ini, adalah salah satu cara agar pelanggan 'mau membuka' newsletter kalian. Pastikan, singkat dan tidak bertele-tele juga ya!

9. Cek Kembali Sebelum Mengirim

Hati-hati jika ada salah penulisan, salah informasi, dan lain-lain di dalam newsletter kalian. Karena itu, penting sekali mengeceknya sebelum mengirim.

10. Jadwalkan Pengiriman Newsletter

Jangan terlalu sering mengirim newsletter agar tidak jadi spam, jangan terlalu jarang hingga pelanggan lupa. Jadwalkan pengiriman newsletter di waktu yang sama terus menerus. juga bisa membuat pelanggan punya 'alarm' untuk menantikan newsletter kalian.

 

Contoh Newsletter yang Baik dan Benar

Kira-kira contoh penulisannya bisa seperti ini:

Kami mau mengingatkan nih, besok tanggal 2 Februari 2023 adalah hari ulang tahun FASTIN yang ke-53!

Tentunya sudah ada promo spesial yang menantimu besok di website Fastin, yaitu diskon 60% untuk e-books terbaik.

Jangan sampai kelupaan dan nyalakan alarm ya. Karena kami akan memberitahu besok!

Bagaimana pendapat kalian mengenai Newsletter ini? Cukup menarik untuk digunakan bukan. Karena itu, yuk coba buat newsletter untuk usahamu! 

#Qasir
 

Share artikel ini