Tips

Milenial! Ini Ide Bisnis Sesuai Kepribadianmu

10 Mar 2020, Ditulis oleh Putri Anggia

Milenial! Ini Ide Bisnis Sesuai Kepribadianmu

Apakah kamu termasuk yang sering bertanya, usaha apa yang cocok dengan saya? Atau...kamu termasuk yang berpendapat bahwa bisnis hanya cocok untuk orang-orang dengan tipe kepribadian tertentu saja? Percaya atau tidak, bisnis bisa dilakukan oleh siapapun, dengan tipe kepribadian apapun. Kegagalan dalam usaha memang sering dikaitkan dengan tipe kepribadian, namun bisa jadi orang tersebut bukannya "tidak bakat" berbisnis, alih-alih ia hanya harus memilih tipe bisnis yang cocok dengan kepribadiannya saja.

Usahawan, memilih jenis usaha yang cocok memang tak ubahnya memilih memilih karir atau bahkan pasangan hidup. Kita harus benar-benar mengenal karakter diri dulu baru bisa menentukan apa yang cocok buat kita. Tapi sekali lagi, bukan berarti bisnis itu hanya eksklusif milik orang-orang dengan tipe kepribadian tertentu saja.

Ada banyak sekali sumber di luar sana yang membantu kamu memilih karir yang cocok dengan karakter dan kepribadianmu, tetapi sayangnya, sangat sedikit sekali panduan bagi calon usahawan yang ingin memilih tipe bisnis yang sesuai dengan kepribadiannya. 

"Tapi yakinlah, bisnis itu banyak sekali tipe-tipenya. Di antaranya, pasti ada yang cocok buatmu". 

Namun sebenarnya, bisa saja kalau kamu menggunakan berbagai referensi seperti “karir yang cocok untuk kepribadian saya” atau “karakter apa yang dibutuhkan untuk membangun usaha”, atau kata kunci-kata kunci semacam itu, lalu mengaitkannya dengan tipe bisnis apa yang ingin kamu mulai. Namun pasti itu tidak cukup memuaskan kamu, kan? 

Itu mengapa Qasir mencoba memformulasikan jenis-jenis kepribadian dan tipe bisnis apa yang cocok untuk pembaca setia blog Qasir. Semoga berguna dan dapat memberi pencerahan.

Qasir mengklasifikasi jenis kepribadian dan tipe bisnis yang cocok untuk tiap-tiap kepribadian dalam tujuh kategori

1. Penyabar 

Tipe penyabar memiliki kelebihan mau memberikan pelayanan yang tulus. Karenanya mereka sangat cocok membuka usaha yang berhubungan dengan jasa. Tipe penyabar juga biasanya telaten dalam menangani detail. Kamu yang merasa memiliki kepribadian penyabar dapat mencoba usaha bengkel, jasa instalasi, biro jasa pengurusan surat, tempat penitipan hewan peliharaan, salon kecantikan/perawatan tubuh, dan usaha penginapan.

2. Pendiam

Kalau kamu adalah orang dengan tipe kepribadian pendiam, kamu pasti pernah kan merasa kalau bisnis bukanlah untuk orang sepertimu. Padahal, kamu hanya harus benar-benar memilih bisnis yang tepat. Mengapa demikian? Perhatikan ini, orang yang pendiam umumnya tidak terlalu suka berinteraksi dengan orang lain, apa lagi berbasa-basi. Sehingga model bisnis yang melibatkan banyak orang kurang cocok buatmu. Kamu bisa memilih jenis bisnis yang minim interaksi langsung, terutama dalam urusan pemasaran, sebaliknya kamu sangat tidak keberatan berdiskusi masalah teknis pekerjaanmu dengan klien. Kalau kamu adalah tipe yang seperti ini, sebaiknya pilih jenis bisnis yang lebih membutuhkan skill tinggi atau tidak umum sehingga klien tidak akan terlalu peduli dengan kemampuan komunikasimu. Si Pendiam sangat cocok menangani urusan seperti perakitan komponen komputer, membuka bengkel modifikasi, jasa web design, design grafis, atau usaha jasa editing video. Untuk urusan marketing, sebaiknya kamu menyewa profesional atau memanfaatkan iklan melalui internet.

3. Supel

Apakah kamu orang yang cukup populer di kalangan teman-teman dan keluarga besar, mudah membangun pertemanan dan jaringan, dan pandai membuat orang lain nyaman? Apakah sering menyadari kalau saranmu mudah diterima dan kamu mudah mempengaruhi orang? Jika jawabannya kebanyakan “ya”, jangan sampai ini kamu sia-siakan! Ini adalah potensi yang bisa kamu jadikan lahan bisnis. Memberikan pengetahuan mengenai keahlian dan keterampilan dapat memuaskan kamu, karenanya usaha yang sifatnya konsultatif sangat cocok dengan pembawaanmu yang terbuka, menyukai pergaulan, bertemu orang baru, pintar bicara dan suka mempengaruhi orang lain. Kamu dapat mulai dengan membuka usaha kursus atau pelatihan. Alternatifnya, kamu bisa membuka usaha sanggar kebugaran, tempat les, jasa konsultan bidang keuangan, konsultan bisnis, konsultan pendidikan, event organizer, atau bahkan kamu bisa jadi content creator/influencer. 

4. Romantis

Beberapa orang mungkin tidak sadar kalau dirinya termasuk tipe berkepribadian romantis. Padahal kalau kamu bisa menyadari ini, kamu bisa mengambil lahan bisnis yang tidak bisa dikuasai orang lain yang tidak memiliki modal kepribadian sepertimu. Untuk bisa mengetahui apakah kamu adalah orang dengan kepribadian romantis adalah, apakah kamu suka kerapihan dan keindahan lebih banyak dari orang-orang disekitarmu? Apakah kamu selalu jadi orang yang dimintai tolong keluarga untuk membungkus kado atau memasang hiasan? Jika ya, yakinlah kalau kamu termasuk orang dengan tipe kepribadian romantis. Orang dengan tipe romantis cenderung bisa mengubah hal-hal kecil dan sepele menjadi lebih indah. Jadi, tipe romantis cocok dengan bisnis yang berkaitan dengan keindahan. Beberapa bisnis yang bisa kamu coba misalnya jasa wedding planner, usaha menjual karangan bunga, jasa make up artist, melukis, membuat hiasan dan dekorasi  rumah, juga jasa menghias parsel dan hantaran. Asyiknya, bisnis seperti ini tidak membutuhkan terlalu banyak modal dalam bentuk uang, namun sudah pasti membutuhkan sentuhan keindahan tersendiri yang biasanya hanya dimiliki oleh orang berkepribadian romantis, sepertimu. 

5. Eksekutor

Tipe eksekutor biasa bekerja cepat dan tidak takut pada deadline. Namun biasanya orang dengan tipe kepribadian ini  hanya senang melakukan sesuatu yang berhubungan dengan urusan produksi saja. Kepuasannya adalah bagaimana bisa menghasilkan sesuatu produk yang berguna bagi orang lain. Sedangkan untuk urusan lobi dan promosi, bukanlah keahliannya. Eksekutor lebih senang bekerja sendiri dengan begitu idenya bisa ia tuangkan secara total tanpa intervensi. Usaha yang cocok bagi si eksekutor adalah usaha dalam bidang retail, fashion, garmen, olahan hasil pertanian, usaha makanan kemasan, katering, aneka kerajinan tangan, aneka home industry, dan percetakan. 

6. Kritis

Sering merasa banyak yang tidak beres dengan sekitarmu? Sering memikirkan permasalahan yang terjadi di sekitarmu sekaligus solusinya? Sering merasa tidak puas dengan keadaan? Beberapa orang mungkin bilang kamu adalah pengeluh, namun sebenarnya ini dikarenakan jiwamu yang kritis. Orang yang kritis biasanya juga tipe pemikir. Banyak yang beranggapan pemikir biasanya pendiam, namun sebenarnya tidak (selalu) juga. Pemikir justru membutuhkan orang lain untuk mencurahkan pikirannya, dan hampir semua tipe pemikir gemar mempertanyakan suatu hal serta bersikap skeptis. Jika kamu merasa sebagai orang yang dengan kepribadian kritis, kamu sangat cocok membuat bisnis yang rumit dan membutuhkan kemampuan analis yang mumpuni. Salah satu bisnis yang bisa cocok untuk orang tipe pemikir adalah menjadi konsultan bisnis, usaha jasa akuntan, konsultan pajak, penasihat politik, firma hukum dan notaris.

7. Bebas

Terakhir adalah orang dengan tipe kepribadian bebas. Orang dengan kepribadian bebas biasanya mereka yang memiliki daya kreatif yang tinggi. Mereka cenderung tidak suka diatur apa lagi dengan pakem dan standarisasi tertentu. Orang kreatif dan berjiwa bebas juga sebenarnya tipe pemikir, namun pemikir yang lebih banyak menggunakan otak kanannya. Ide-ide yang muncul dari orang berkepribadian bebas tak jarang bersifat random dan acak. Ia juga memiliki kebiasaan unik yang jarang dimiliki orang kebanyakan. Coba cek diri sendiri, apakah kamu termasuk tipe bebas? Jika iya, ada beberapa bisnis yang cocok untuk dicoba seperti membuat karya seni seperti mural, modifikasi fashion, bisnis kuliner unik, usaha jajanan ekstrim, serta bisnis yang berhubungan dengan mode. Orang dengan tipe kepribadian bebas juga sangat cocok membangun startup karena idenya yang unik. 

Kepribadian, bagaimanapun hanyalah salah satu faktor yang menentukan kesuksesanmu dalam berbisnis. Namun, yang tidak kalah penting dari itu adalah, jika kamu sudah memutuskan terjun ke bisnis yang kamu pilih, kamu tidak boleh berhenti mengasah skill dan kemampuan lain yang mendukungmu menjalankan bisnis, mempertahankan, hingga mengembangkanya. Kekuatan mental dalam mengalahkan tantangan dan hambatan juga harus kamu perkuat dalam menjalankan usaha. Kamu juga tidak boleh lupa untuk selalu memantau dan mencatat bisnismu. Manfaatkan saja teknologi untuk urusan ini. Untuk urusan penjualan misalnya, kamu dapat mafaatkan POS Qasir yang tersedia gratis. Selain sebagai alat kasir digital yang mudah dioperasikan oleh karyawan, Qasir juga memiliki fasilitas monitoring melalui Web App Qasir yang bisa memberikan laporan secara real time dan visibility atas usaha kamu. 

Jadi usahawan, mulailah sekarang!

#Qasir

Share artikel ini