Edukasi

10 Keuntungan Franchise yang Perlu Kamu Tahu sebelum Memulainya!

27 Apr 2023, Ditulis oleh Alya

10 Keuntungan Franchise yang Perlu Kamu Tahu sebelum Memulainya!

Setiap ada tempat kosong tiba-tiba dijadikan outlet brand es krim Mixue. Ada yang tahu jokes ini? Yup beberapa waktu ini, kita dikejutkan dengan cepatnya perkembangan brand Mixue yang membuka outlet di mana-mana.

Bisnis Mixue ini berkembang pesat seperti ini berkat adanya sistem franchise. Menarik bukan? Mari kita bahas terlebih dahulu, apa sih franchise itu!

 

Apa itu Franchise?

Ada banyak sekali keuntungan franchise. Namun sebelum mengetahui hal tersebut, ada lebih baiknya kita mengerti konsep bisnis franchise ini.

Franchise atau waralaba merupakan model bisnis, yang mana sebuah perusahaan atau pemilik brand, memberikan hak kepada para pemodal untuk menggunakan merek, produk, layanan, sistem operasional, dengan membayar sejumlah uang tertentu.

Semisal, kamu ingin membuka outlet KFC, maka kita bisa membayar sejumlah uang tertentu kepada pihak KFC. Kemudian, mereka akan memberikan izin dan beberapa fasilitas lain yang bisa kita gunakan untuk usaha.

Hmm, kalau mendengar keuntungan franchise ini, kelihatannya cukup menjanjikan ya. Karena kalian bisa menggunakan brand besar jadi tidak sulit untuk menaikkan brand awareness. Tapi sebenarnya ada keuntungan dan kerugian franchise, yang perlu kamu ketahui sebelum kamu memulainya lho.

 

Keuntungan dan Kerugian Franchise

Kalau membicarakan soal keuntungan dan kerugian franchise, tentunya kita akan berpikir "wah lebih banyak untungnya nggak sih?". Padahal belum tentu. Nah daripada kita menebak-nebak, simak terlebih dahulu keuntungan franchise di bawah ini ya!

 

Keuntungan Franchise

Tak bisa dipungkiri, keuntungan franchise ini memang banyak. Berikut adalah beberapa informasi lebih lengkapnya mengenai keuntungan franchise!

 

1. Cepat Memulai Bisnis

Franchise merupakan salah satu bisnis yang terhitung cepat untuk memulai usaha. Karena biasanya pihak pemilik brand sudah menyiapkan sistem operasional, stok produk, outlet, bahkan pinjaman modal dengan kerjasama dengan bank.

 

2. Mendapat Pelatihan dan Dukungan

Keuntungan franchise yang bisa kalian dapatkan selanjutnya adalah, akses untuk program pelatihan dan keterampilan untuk menjalankan usaha. Hal ini tentunya sangat dibutuhkan, apalagi jika kamu 'pemain baru' di dunia bisnis.

 

3. Mendapat Promosi Gratis

Kamu akan mendapatkan keuntungan franchise berupa promosi gratis. Jika kalian masih terhitung baru saja menjalankan bisnis dan pemahaman soal periklanan dan pemasaran juga masih sedikit, memang akan lebih bagus berbisnis dengan brand yang sudah besar. Jika pihak pusat melakukan promo, kalian juga tidak perlu mengeluarkan biaya untuk promosi.

 

4. Peluang Mendapat Pinjaman Bank Besar

Dilansir dari smesta.kemenkopukm.go.id, bank menyukai nasabah yang meminjam uang untuk bisnis franchise dibanding memulai bisnis dari awal. Hal ini dikarenakan keuntungan franchise adalah minim risiko gagal.

 

5. Memiliki Partner Profesional

Salah satu keuntungan franchise adalah kamu punya partner binis yang profesional, yaitu pemilik brandnya sendiri! Tentunya pemilik perusahaan utama ini sudah punya asam garam dalam menjalankan bisnis. Mereka akan membantu kalian dengan memberikan fasilitas yang kamu butuhkan dalam menjalankan usaha.

 

6. Tak Perlu Branding

Membuka usaha dengan brand sendiri itu butuh usaha ekstra untuk meningkatkan brand awareness lho. Brand awareness atau tingkat banyaknya masyarakat tahu akan brandmu ini menentukan, apakah mereka mau membeli produkmu atau tidak.

Kalau tidak tahu ada brand kalian di muka bumi ini, mereka juga tidak akan membelinya bukan? Berbeda dengan franchise brand besar, yang mana pengetahuan masyarakat akan brand ini sudah ada. Kamu jadi tidak perlu capek-capek promosi besar-besaran!

 

7. Sistem Operasional yang Sudah Terbukti

Salah satu keuntungan franchise yang patut kalian pertimbangkan adalah sistem operasional yang sudah terbukti berhasil. Kalau tidak berhasil, pastinya brand tersebut tidak akan besar seperti itu kan?

 

8. Minim Risiko

Brand awareness sudah ada, mendapat dukungan dari pemilik brand, sistem sudah settle, maka tentunya minim risiko gagal merupakan salah satu keuntungan franchise.

 

9. Manajemen Bisnis Lebih Mudah

Keuntungan franchise adalah pengelolaan yang jadi lebih mudah. Karena pihak pemilik brand sudah menetapkan sistem manajemen finansial di waralaba pusat. Kalian hanya perlu melanjutkan menggunakan sistem yang sudah ada.

 

10. Jaringan Bisnis

Salah satu keuntungan franchise adalah, kalian bisa mendapatkan koneksi atau jaringan bisnis. Yang mana, ini bisa kalian manfaatkan jika ingin membuat bisnis lainnya, atau mengembangkan bisnis yang sudah ada.

 

Kerugian Franchise

Kalau tadi kita sudah membahas keuntungan franchise, sekarang kita simak kerugiannya yuk!

 

1. Membutuhkan Modal yang Besar

Terlepas dari keuntungan franchise yang cepat dilakukan, bisnis ini memerlukan modal awal yang tidak sedikit.

 

 

2. Perjanjian dengan Pihak Pemilik Franchise

Sebagai pembeli franchise, kalian tentunya tidak bisa mempunyai kendali penuh atas bisnis tersebut. Hal ini dikarenakan, pemilik franchise sudah punya peraturan dan sistem yang harus kalian ikuti.

Sebenarnya ini termasuk keuntungan franchise sekaligus kerugian, tergantung dari mana kalian memanfaatkannya.

 

3. Kreativitas Terbatas

Imbas dari adanya perjanjian dengan pihak pemilik franchise, adalah kamu tidak bisa berkreativitas terhadap bisnismu.

 

4. Ketergantungan terhadap Reputasi Brand

Kendati keuntungan franchise adalah kita bisa mendapatkan untung dari brand besar yang sudah memiliki masa. Namun, di sisi lain jika reputasi brand besar menurun, hal tersebut dapat mempengaruhi bisnis kalian juga.

 

5. Profit yang Dipotong

Salah satu keuntungan franchise adalah risiko rugi yang kecil. Akan tetapi, pembeli franchise memiliki kewajiban untuk membayar royalti. Sehingga, jika keuntungan yang didapat sedikit, maka profit tersebut tetap akan dikurangi untuk membayar royalti tersebut.

 

Contoh Bisnis Franchise

Melihat keuntungan franchise yang masih cukup banyak dibandingkan kerugiannya, tidak ada salahnya untuk mencoba lho. Berikut beberapa contoh franchise yang bisa kalian ikuti.

Kuliner: Es Teh, Kebab Baba Rafi, Sabana, Boba Tea, dan Mixue

Retail: Indomaret dan Alfamart

Peraturan Bisnis Franchise di Indonesia

#Qasir

 

Share artikel ini