Tips

Selain Minim Modal, Ini 13 Alasan Pemula harus Memulai Bisnis Reseller!

15 Feb 2023, Ditulis oleh Annisa

Selain Minim Modal, Ini 13 Alasan Pemula harus Memulai Bisnis Reseller!

Apakah kamu adalah salah satu dari sekian orang yang baru saja mau mulai berbisnis? Lantas, bingung lebih baik usaha apa ya? Produksi sendiri atau bisnis reseller ya?

 

Bisnis reseller merupakan salah satu bisnis yang sangat cocok untuk pemula. Tapi benarkah demikian? Jawabannya adalah ya! Bisnis reseller membutuhkan modal sedikit sehingga low risk untuk pebisnis pemula. Selain itu kalian juga brand yang kalian jajakan sudah dipromosikan oleh tim pusat.

 

Menarik juga kan bisnis reseller ini? Namun sebelum kita membahas keuntungan lainnya, ada baiknya kita mengetahui apa itu bisnis reseller ya!

 

Pengertian Bisnis Reseller

Reseller sendiri mempunyai arti re-: berulang kali, dan -seller penjual, secara garis besar maknanya adalah menjual kembali. Bisnis reseller adalah bisnis yang mana kita menjual kembali barang-barang yang sudah ada. 

 

Sebagai contoh, ada sebuah brand X yang menjual produk seblak di Ibu Kota. Kemudian kita ingin menjual kembali produk seblak itu di kota lain. Maka, pertama-tama kita mengajukan diri menjadi reseller resmi brand X, membeli dengan harga reseller (biasanya lebih murah), dan menjual kembali dengan harga normal. Selisih harga normal dan pembelian produk ke brand X tadi adalah keuntungan yang akan kita dapat.

 

Perbedaan Reseller dengan Dropshipper

Selain reseller, istilah lain yang sering kita dengar adalah dropshipper. Padahal keduanya memiliki pengertian yang berbeda.

 

Bisnis reseller harus membeli produk brand X terlebih dahulu. Kemudian menjualnya kembali, promosi, melalui platform pribadinya. Pengiriman produknya pun dilakukan sendirian.

 

Sedangkan dropshipper, merupakan orang yang menjual suatu produk tanpa harus membeli ataupun menyetok produk brand X. Bisa dikatakan dropshipper ini adalah orang yang menghubungkan produsen dan pemasok. 

 

13 Alasan Mengapa Bisnis Reseller Cocok untuk Pemula

 

1. Modal yang Minim

Hal yang membuat pusing saat mau memulai bisnis adalah 'modal besar dari mana?'. Dibandingkan memulai bisnis dengan produksi sendiri yang membutuhkan modal besar. Reseller merupakan salah satu solusi usaha minim modal, karena kalian bisa menjual kembali produk yang sudah jadi. Selain bisa menentukan jumlahnya, kalian menghemat biaya produksi yang mahal.

 

2. Hemat Waktu dan Tenaga

Bisnis reseller tidak membutuhkan banyak waktu dan tenaga, karena tidak perlu memproduksi sendiri. Cocok sekali untuk kamu yang super sibuk tapi mau mulai berbisnis!

 

3. Biaya Perawatan Stok Rendah

Kalian tidak perlu menyediakan gudang yang besar untuk merawat stok yang banyak. Biaya untuk merawat produk pun jadi rendah.

 

4. Siapa Saja bisa Coba Bisnis Reseller

Modal yang minim serta tidak membutuhkan banyak waktu dan tenaga, membuat bisnis reseller ini bisa dijalankan oleh siapa pun.

 

5. Bebas Memilih Produk untuk Dijual 

Kalian ingin memulai bisnis makanan dan minuman? Baju muslim? Aksesoris? Kalian bebas mau berbisnis reseller apa pun!

 

6. Bisa Menjalankan Bisnis Lebih Cepat

Terkadang kita lama sekali mempersiapkan banyak hal sebelum mulai berjualan. Menyiapkan produk siap, toko, dan lain-lain. Tapi kalian tidak perlu melakukan semua itu jika memulai bisnis reseller!

 

7. Risiko Kerugian Sedikit

Dikarenakan modal yang tidak terlalu banyak, maka jika terjadi kerugian pun tidak akan terlalu tinggi. Bisnis yang nothing to lose untuk dicoba bukan?

 

8. Prosesnya Mudah

Produksi barang sudah ada, branding sudah dilakukan tim pusat, maka kalian tinggal fokus berjualan saja. Proses bisnis reseller ini mudah untuk dilakukan.

 

9. Tidak Harus Membuka Toko Offline

Kalian hanya ingin berjualan online karena biaya sewa toko offline mahal? Bisnis reseller ini adalah jawabannya! Karena kalian bisa memasarkan melalui internet tanpa harus mempunyai toko.

 

10. Tak Perlu Susah Payah Meningkatkan Brand Awareness

Salah satu cara agar jualan laris adalah dengan meningkatkan brand awareness, kesadaran publik akan brand. Kalau kalian menjadi reseller dari brand yang sudah terkenal, tentu tak perlu bersusah payah untuk branding lagi deh!

 

11. Bisa Berjualan dari Mana Saja

Bisnis reseller dari mana saja apa bisa? Tentu saja bisa! Apalagi peluangnya akan lebih tinggi, jika di daerahmu belum ada yang menjual produk dari brand tersebut tapi banyak peminatnya.

 

12. Belajar Bisnis 

Di beberapa brand menyediakan semacam pelatihan atau edukasi saat membuka pendaftaran reseller. Nah, kalian bisa memanfaatkan fasilitas ini!

 

13. Pekerjaan Sampingan

Bisnis reseller tidak butuh banyak waktu, jadi bisa kalian jadikan sebagai pekerjaan sampingan untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

 

Kiat-kiat agar Bisnis Reseller Sukses

1. Pilih Produk yang Berkualitas dan Populer

Jika produk kamu sudah populer, maka tak akan sulit untuk mencari pelanggan untuk membelinya. Sedangkan produk yang berkualitas akan meningkatkan loyalitas pelanggan untuk repurchase.

 

2. Cari Supplier yang Terpercaya

Supplier yang terpercaya minim melakukan penipuan. Selain itu supplier yang memberikan harga kompetitif juga mampu memaksimalkan keuntungan yang akan kalian dapat.

 

3. Buat Situs Web dan Akun Social Media

Meskipun kalian reseller, tidak ada salahnya punya website dan akun social media sendiri untuk menjangkau lebih banyak pelanggan berbelanja di tempatmu!

 

4. Pastikan Pelayanan kepada Pelanggan Baik

Fast respon ketika berjualan, tetap ramah, membuat panggilan yang personal, mengirim barang tepat waktu, dan pelayanan baik lainnya mampu membuat pelanggan senang. Tentunya kemungkinan mereka akan membeli di tokomu lagi akan lebih tinggi.

 

5. Ikuti Tren Pasar

Bisnis reseller memungkinkan kamu untuk mudah bergonta-ganti bisnis mengikuti tren pasar. Sekarang jamannya jualan lato-lato? Buat bisnis reseller lato-lato saat sedang high demands.

 

6. Jaga Reputasi Bisnis

Meskipun kalian membawahi brand yang kalian jajakan produknya, tapi kalian juga mempunyai toko sendiri yang harus dijaga reputasinya. Kendati reputasi brandnya bagus, tapi reputasi bisnismu buruk, maka bisa saja mereka akan membeli di reseller lain.

 

Setelah dijelaskan segala keuntungan dan kiat-kiat untuk berbisnis reseller ini, sekarang saatnya kamu mulai menjalankannya! Produk apa yang ingin kalian jual kembali?

 

#Qasir

 

Share artikel ini