Edukasi

5 Alasan kenapa UMKM harus Menyediakan Layanan Pesan Antar Makanan

05 Apr 2023, Ditulis oleh Alya

5 Alasan kenapa UMKM harus Menyediakan Layanan Pesan Antar Makanan

 

Ada banyak sekali kemudahan yang kita temukan saat ini, berkat perkembangan teknologi yang pesat. Salah satunya adalah layanan pesan antar makanan online. Kamu bisa mendapatkan makanan melalui handphone kamu, hanya dengan berdiam diri di rumah. 

 

Layanan pesan antar makanan ini tentunya juga banyak diminati karena bisa menjadi solusi bagi orang yang sibuk. Sebenarnya layanan pesan antar makanan ini sudah tersedia di Indonesia sejak sekitar tahun 2015. Namun, semakin diminati pada tahun 2019. 

 

Hal ini dikarenakan adanya pandemi. Wah, seberpengaruh itukah efek pandemi pada meningkatnya peminat layanan pesan antar makanan?

 

 

Apa Itu Layanan Pesan Antar?

Layanan pesan antar makanan biasanya disediakan oleh restoran atau platform online yang menawarkan berbagai jenis makanan yang dapat dipesan. Kemudian makanan tersebut akan diantarkan ke alamat yang diinginkan oleh pelanggan. Pelanggan dapat memilih menu yang tersedia di restoran di platform online atau melalui telepon melalui kurir.

 

Pandemi Meningkatkan Peminat Layanan Pesan Antar Makanan?

Saat pandemi COVID-19, masyarakat dilarang keluar rumah jika tidak ada kepentingan. Aturan ini berlaku karena penularan virus corona cepat terjadi jika bertemu dan berdekatan manusia yang terinfeksi. Sehingga mau tak mau, jika tidak masak, maka kita harus menggunakan layanan pesan antar makanan. 

 

Berdasarkan riset "Survei Persepsi & Perilaku Konsumsi Online Food Delivery (OFD) di Indonesia" yang dilakukan Universitas Prasetiya Mulya, persentase pengguna internet yang menggunakan layanan pesan antar makanan (2020) di Indonesia mencapai 74.4%. Sebanyak 99% konsumen masih ingin menggunakan layanan pesan antar, meskipun pandemi sudah usai. 

 

 

Kalau begitu ceritanya, kebutuhan masyarakat akan layanan pesan antar ini harus disediakan oleh UMKM yang bergerak di bidang kuliner. Tentunya agar mendapat semakin banyak pelanggan! Selain itu ada beberapa alasan lainnya, kenapa kamu harus membuat layanan pesan antar makanan. Simak di bawah ini ya!


5 Alasan UMKM harus Menyediakan Layanan Pesan Antar Makanan

 

1. Layanan Pesan Antar Memudahkan Aksesibilitas

 

Seperti yang sudah dibahas di atas, layanan pesan antar mampu memudahkan konsumen untuk mendapatkan produk tanpa harus bersusah payah datang ke toko. Hal ini tentu sangat membantu konsumen yang sibuk atau memiliki keterbatasan waktu atau mobilitas. 

 

2. Meningkatkan Daya Saing

 

Sebagai pemilik usaha, tentunya persaingan bisnis merupakan hal yang tidak bisa dihindari. UMKM harus dapat bersaing dengan bisnis lainnya dalam hal kemudahan aksesibilitas dan kenyamanan konsumen, agar konsumen merasa ingin terus membeli di tokomu. 

 

Salah satunya bisa dengan menyediakan layanan pesan antar. Menggunakan layanan pesan mampu memenuhi kebutuhan konsumen, dan secara tidak langsung meningkatkan daya saing di pasar lho!

 

3. Layanan Pesan Antar bisa Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

 

Dengan menyediakan layanan pesan antar, UMKM dapat membangun hubungan yang lebih dekat dengan konsumen. Konsumen akan merasa lebih dihargai dan diperhatikan. 

 

Hal ini dapat meningkatkan tingkat loyalitas mereka terhadap bisnis kamu. Kalau mereka sudah loyal, tentu akan terus menerus datang untuk membeli produkmu ya!

 

4. Layanan Pesan Antar Memperluas Jangkauan Pasar

Jika jaman dahulu, kita terpaku pada lokasi yang strategis. Dengan layanan pesan antar ini, kamu mampu menjangkau konsumen yang ada di daerah yang sulit dijangkau. Sehingga layanan pesan antar ini bagus untuk kamu gunakan untuk mengembangkan bisnis.

 

5. Mengurangi Biaya Operasional dengan Layanan Pesan Antar

Kendati ada saja biaya tambahan untuk menyediakan layanan pesan antar. Namun realitanya hal ini jauh lebih murah dibandingkan biaya sewa toko. Kamu bisa mengurangi biaya operasional jika menggunakan layanan pesan antar. 

 

UMKM juga dapat mempertimbangkan untuk mengoptimalkan penggunaan kendaraan atau logistik yang ada sehingga dapat mengurangi biaya pengiriman.

 

Itu dia lima alasan kenapa pegiat UMKM seperti kamu harus menyediakan layanan pesan antar makanan. Oh iya, selain menyediakan sistem kasir online, Qasir juga terintegrasi dengan Grab Food untuk mendukung bisnis FnB kamu lho! 

 

#Qasir

Share artikel ini