Edukasi

Hal yang Perlu Kamu Ketahui soal Aplikasi POS Alfamart untuk Bisnis

06 Apr 2023, Ditulis oleh Alya

Hal yang Perlu Kamu Ketahui soal Aplikasi POS Alfamart untuk Bisnis

Saat ini seringkali kita menemukan toko-toko yang sudah menggunakan aplikasi POS untuk transaksi penjualan produk mereka. Sistem aplikasi point of sales ini mirip sekali dengan kasir konvensional. Bedanya, aplikasi POS selain bisa mencetak struk, tapi juga bisa digunakan untuk membuat laporan keuangan, analisis bisnis, absensi pegawai, dan masih banyak lagi.

Kalau kalian sering datang ke Alfamart, mungkin kalian akan menyadari bahwa sistem aplikasi POS Alfamart berbeda dari aplikasi POS pada umumnya. Hal ini dikarenakan aplikasi POS Alfamart ini dibuat khusus untuk internal. Untuk lebih jelasnya mengenai aplikasi POS Alfamart, simak di bawah ini ya!

 

Apa itu Aplikasi POS Alfamart?

Sistem POS Alfamart ini apa sih? Yaitu sebuah sistem kasir online yang hanya boleh digunakan untuk toko Alfamart, beserta franchisenya. Sistem ini terdiri dari perangkat lunak dan perangkat keras seperti komputer, scanner barcode, printer struk, dan mesin kasir yang terintegrasi untuk membantu memproses transaksi penjualan dengan lebih cepat dan efisien.

 

Perbedaan Aplikasi POS Lainnya dengan Aplikasi POS Alfamart.

Perbedaan paling utama antara aplikasi POS Alfamart dengan lainnya adalah tidak diperjualbelikan untuk masyarakat umum. Terkecuali jika kalian ingin membuat franchise Alfamart. Sehingga bisa dibilang, mereka membuat sistem POS mereka sendiri.

Aplikasi POS Alfamart ini didesain khusus untuk toko-toko ritel, seperti minimarket dan convenience store. Sehingga, fitur-fiturnya lebih terfokus pada kebutuhan dan proses penjualan ritel, seperti pengelolaan stok, diskon dan promosi, dan integrasi dengan sistem logistik Alfamart.

Selain itu, perbedaan lainnya terletak pada perangkat. Jika kalian menggunakan aplikasi POS Qasir atau lainnya, maka kalian akan menyimpan datanya secara online. Sedangkan pada aplikasi POS Alfamart, data tersebut berada di dalam storage komputer yang dipasang di setiap outlet.

 

 

Keuntungan Membuat Aplikasi POS sendiri Seperti Aplikasi POS Alfamart untuk Bisnis kamu

Jika usahamu sudah besar seperti Alfamart, tentunya akan lebih aman jika mempunyai aplikasi POS khusus yang dipakai khusus di kalangan internal seperti aplikasi POS Alfamart ini. Ada beberapa keuntungan yang bisa kamu dapat:

 

1. Bisa menyesuaikan fitur berdasarkan kebutuhan penjualan produk

Tentunya akan repot kalau kamu mempunyai usaha yang unik dan fitur-fiturnya tidak ada pada sistem POS pada umumnya. Dengan membuat sistem aplikasi pos sendiri seperti aplikasi pos Alfamart, kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan penjualan kamu.

Semisal kamu menjual barang-barang antik dan sudah punya banyak cabang outlet. Lantas ingin memberikan promo yang rumit. Pastinya akan lebih mudah jika mempunyai sistem POS sendiri.

 

2. Memantau Kontrol Keamanan

Kamu juga bisa membuat kontrol keamanan sendiri seperti aplikasi POS Alfamart. Sistem kontrol keamanan aplikasi POS Alfamart ini cukup ketat, seperti kontrol akses, verifikasi pengguna, hingga enkripsi data. Hal ini memastikan data pelanggan dan transaksi di setiap outletnya aman.

 

3. Memberikan Edukasi untuk Staf Toko

Contoh lain yang bisa kita ambil dari aplikasi POS Alfamart ini adalah layanan dukungan teknis dan pelatihan bagi staf toko dalam penggunaannya. Kamu juga bisa lho membuat aplikasi POS yang mirip dengan aplikasi POS Alfamart ini dan juga memberikan edukasi cara pemakaiannya kepada para pegawai kamu.

 

4. Mudah Diaplikasikan dan Digunakan

Jika kamu membuat aplikasi POS sendiri seperti Aplikasi POS Alfamart untuk usahamu, kamu bisa menyesuaikan banyak hal. Kamu bisa membuat sistemnya lebih mudah untuk digunakan oleh para karyawan kamu.

Selain itu aplikasi POS Alfamart ini dirancang untuk mudah diaplikasikan di berbagai outlet dengan tingkat keterampilan teknologi yang berbeda-beda. Tak hanya itu, interfacenya pun mudah dipahami dan digunakan oleh siapa pun. Ingin membuat aplikasi POS sendiri seperti aplikasi POS Alfamart ini?

 

5. Terintegrasi dengan Outlet lainnya.

Keuntungan lain mempunyai aplikasi POS sendiri adalah praktis karena dapat terintegrasi dengan infrastruktur outlet lainnya. Cocok untuk kamu yang punya banyak outlet. Sama seperti aplikasi POS Alfamart yang sudah terintegrasi mulai dari distribusi, penyimpanan, hingga manajemen inventaris stok.

 

Kalau ingin membuat aplikasi POS sendiri seperti aplikasi POS Alfamart, caranya bagaimana sih? Kamu bisa lho membuatnya sendiri melalui layanan Open API Qasir. Kalau kamu tertarik untuk mencobanya, bisa coba untuk menghubungi melalui link berikut ya!

 

#Qasir

Share artikel ini