Edukasi

Ini Dia Keuntungan dan Tantangan yang Harus Dihadapi saat Membuat Bisnis Laundry Kiloan!

20 Jun 2023, Ditulis oleh Alya

Ini Dia Keuntungan dan Tantangan yang Harus Dihadapi saat Membuat Bisnis Laundry Kiloan!

Mau memulai bisnis laundry kiloan tapi masih ragu? Sebelum memutuskan menjalani bisnis ini, kamu mengecek keuntungan dan tantangan yang harus dihadapi saat membuat usaha laundry kiloan. Simak selengkapnya di bawah ini!

 

Keuntungan Bisnis Laundry Kiloan

1. Akan ada Selalu Peminatnya

Tidak semua orang memiliki banyak waktu untuk mencuci dan menyetrika baju. Sehingga laundry kiloan seringkali dijadikan opsi membersihkan baju yang praktis. Jadi bisa dikatakan, orang akan selalu membutuhkan layanan pencucian baju ini.

 

2. Potensi untuk Berkembang

Populasi di suatu tempat tentunya akan terus bertambah, terutama di tempat strategis seperti universitas dan daerah perkantoran. Tak ayal, bisnis ini memiliki potensi untuk terus berkembang.

 

3. Pelanggan Datang Berulang Kali Lebih Cepat

Selain peluang customer baru (karena populasi yang terus bertambah) pada bisnis laundry kiloan meningkat, pun dengan pelanggan lama. Jika kamu memberikan service yang bagus, tentu saja loyalitas pelanggan pun tinggi. Sehingga mereka akan cepat kembali untuk terus langganan.

 

4. Bisnis Laundry Kiloan Cenderung Stabil

Pada umumnya, bisnis laundry kiloan akan menghasilkan pendapatan berulang dari pelanggan lama yang terus menerus langganan. Sehingga pemasukan masuk secara rutin dan keuangannya bisa terus stabil.

 

5. Menjangkau Berbagai Segmen Pasar

Bisnis laundry kiloan merupakan salah satu bisnis yang bisa merambah ke berbagai segmen pasar. Kamu bisa menjadikan seluruh orang, mulai dari ibu rumah tangga, orang kantoran, mahasiswa, anak asrama, pengunjung hotel, sebagai target marketing kamu. Namun, pastikan kamu mencari tahu target marketing apa yang paling potensial di daerah tempat kamu memulai bisnis laundry kiloan ini ya.

 

6. Potensi Keuntungan Tinggi

Awalnya kamu membutuhkan modal awal yang cukup tinggi untuk operasional: mesin cuci dan sewa tempat. Namun saat bisnis laundry kiloan mulai berjalan, kamu hanya membutuhkan tambahan sedikit: detergen, pewangi, plastik, listrik. Apalagi jika kamu bisa mengelola operasional dengan efisien, maka potensi keuntungannya semakin tinggi.

 

7. Tidak Bergantung pada Tren

Bisnis laundry kiloan tidak bergantung pada tren, seperti tren es milo kepal misalnya. Sehingga bisa lebih stabil dan tidak rentan kolaps karena perubahan pasar yang cepat.

 

8. Membuat Variasi Layanan

Kamu juga bisa menambah pendapatan bisnis laundry kiloan kamu, dengan memberikan variasi layanan. Apa saja sih contohnya? Selain membersihkan pakaian, kamu juga bisa membuka dry cleaning, cuci sepatu, dan lain sebagainya.

 

Tantangan Menjalankan Bisnis Laundry Kiloan

1. Persaingan Ketat

Biasanya industri laundry kiloan memiliki persaingan yang tinggi. Terutama di daerah-daerah strategis seperti pusat bisnis. Kamu tidak bisa serta merta pindah ke lokasi yang tidak strategis, karena akan sulit mendapatkan pelanggan. Sehingga kamu harus memutar otak bagaimana membuat bisnis laundry kiloan kamu menonjol, dibanding kompetitor.

Baca juga: 15 Alasan Branding Penting untuk Mengembangkan Usaha

 

2. Modal Awal

Hal yang harus kamu hadapi saat akan membuat bisnis laundry kiloan ini adalah modal awal. Modal awal ini digunakan untuk membeli peralatan serta sewa tempat.

 

3. Ketergantungan pada Ketersediaan Air

Bisnis laundry kiloan membutuhkan pasokan air yang banyak. Sehingga PR lainnya, kamu juga harus memastikan lokasinya tak hanya strategis namun pasokan air lancar.

 

4. Sulitnya Mengelola Inventaris

Kamu harus teliti saat mencuci pakaian pelanggan. Ketelitian ini lumayan sulit untuk dilakukan. Karena jika hilang atau salah memasukkan baju, bisa mengurangi kepercayaan pelanggan.

 

5. Berat Dijalankan saat Musim Hujan

Saat musim hujan, orang cenderung kesulitan untuk mengeringkan baju. Jika kamu memiliki permintaan yang tinggi saat musim hujan, tentunya akan repot. Sehingga kamu harus berusaha keras mengeringkannya, atau negosiasi dengan pelanggan untuk memberikan waktu yang lebih lama.

Tentu saja, sama seperti usaha lainnya, bisnis laundry kiloan juga memiliki keuntungan dan kesulitannya tersendiri. Nah, sekarang tinggal bagaimana kamu membuat strategi untuk menjalankan usaha laundry kiloan ini.

Kamu bisa memulainya dengan riset: menghitung perkiraan modal, mencari lokasi strategis, dan lain sebagainya. Bagaimana, apakah kamu semakin yakin atau ragu untuk memulai usaha laundry kiloan?

#Qasir

 

Share artikel ini