Inspirasi

15 Ide Bisnis yang Cocok untuk Mahasiswa

16 Feb 2023, Ditulis oleh Annisa

15 Ide Bisnis yang Cocok untuk Mahasiswa

Sebagai mahasiswa, tentunya kalian mempunyai kebutuhan yang lebih banyak. Apalagi jika kalian kuliah di luar kota kelahiran, harus merantau. Biaya untuk kos-kosan, makan, uang transport, pakaian, print laporan, dan lain sebagainya. 

Belum lagi kalau tiba-tiba sakit dan butuh biaya untuk berobat. Wah, kalau sudah begitu kita mau tak mau harus mencari penghasilan tambahan. Bisa dengan mencari pekerjaan tambahan, atau mencari bisnis yang cocok untuk mahasiswa. 

Apalagi jadwal kuliah mahasiswa fleksibel, jadi sangat pas jika mencari bisnis yang cocok untuk mahasiswa seperti kalian! 

Nah kalau begitu simak beberapa ide bisnis yang cocok untuk mahasiswa di bawah ini ya! Sstt, selain bisa kalian sesuaikan dengan jadwal kuliah, juga minim modal lho!

15 Ide Bisnis yang Cocok untuk Mahasiswa

1. Jual Barang Preloved
Menjual barang bekas yang masih layak, alias preloved adalah bisnis yang cocok untuk mahasiswa lho! Ada banyak sekali supplier barang bekas dengan merk terkenal yang bisa kalian cari. Kemudian jual kembali barang-barang tersebut dengan sedikit pulasan. Semisal dengan memperbagus package, dirapikan, dan lain sebagainya.

2. Bisnis Jasa Penerjemah
Punya kemampuan berbahasa asing? Saatnya menawarkan jasamu ini! Bisnis menjadi penerjemah ini selain tidak membutuhkan modal, kalian bisa mengerjakannya di mana pun dan kapan pun. 

3. Jasa Menulis
Bisnis yang cocok untuk mahasiswa selanjutnya adalah menulis. Kendati terdengar simple dan mudah, cuannya lumayan lho! Kalian bisa menawarkan jasa menulis artikel, konten, cerpen, puisi, di aplikasi freelancer. Kalian juga bisa mempromosikannya ke teman-temanmu.

4. Fotografer
Punya hobi memotret? Jadikan hobimu ini menghasilkan uang. Karena fotografer ini merupakan bisnis yang cocok untuk mahasiswa yang bisa kalian coba selanjutnya. Waktunya bisa kalian sesuaikan dengan jadwal, dan yang pastinya ketika mengeditnya pun bisa di mana-mana.

5. Bisnis Snack 
Saat kuliah, teman-teman kita seringkali membutuhkan snack saat kuliah pagi, karena tidak sempat sarapan. Belum lagi, terkadang mereka butuh snack dengan harga terjangkau untuk sehari-hari. Nah berjualan snack adalah bisnis yang cocok untuk mahasiswa seperti kamu. Agak sedikit lebih effort, tapi banyak keuntungannya!

6. Shoes Cleaner
Pernah mendengar usaha shoes cleaner sukses milik dokter Tirta? Nah kalian juga bisa ikut mencontohnya, karena shoes cleaner adalah bisnis yang cocok untuk mahasiswa! Ada beberapa temanmu pasti yang tidak sempat atau terlalu malas untuk mencuci sepatunya. 

Kalian bisa menawarkan jasa kalian dengan harga yang lebih rendah daripada shoes cleaner yang sudah terkenal. Tapi, jangan lupa untuk belajar untuk mencuci sepatu yang tepat ya!

7. Desain
Bisnis yang cocok untuk mahasiswa selanjutnya adalah jasa desain. Desain image social media, banner, stiker acara kampus, brosur, mading, dan lain-lainnya bisa kalian tawarkan.

8. Jasa Titip
Menawarkan jastip adalah bisnis yang cocok untuk mahasiswa yang suka travelling. Budget travelling bisa tertutup dengan jasa titip barang yang hanya ada di tempat yang akan dituju. 

9. Buku Bekas
Mahasiswa kutu buku yang suka nyimpen buku-buku hingga numpuk sepertinya cocok untuk menjalankan bisnis buku bekas. Untuk kamu yang tidak suka baca buku, kalian bisa mencari supplier yang menyediakan buku-buku bekas tersebut untuk dijual kembali.

10. Bimbingan Belajar
Banyak sekali orang tua wali murid yang mencari mahasiswa untuk mengajarkan anak-anaknya. Mengingat tidak sedikit jumlah wali murid yang membutuhkan guru bimbel dengan harga terjangkau, maka bimbel ini adalah bisnis yang cocok untuk mahasiswa seperti kamu! Tawarkan jasa mengajar yang sesuai dengan keahlianmu ya.

11. Reseller Online Shop
Bisnis yang cocok untuk mahasiswa seperti apa yang hanya butuh modal yang sedikit? Ya, reseller online shop! Kalian tidak membutuhkan banyak waktu, tenaga, dan juga toko offline. 

12. Berjualan Sarapan
Tiba-tiba ada kuliah pagi-pagi buta. Kelar kuliah laper? Nah, jadikan ini sebagai peluang bisnis. Berjualan sarapan adalah salah satu bisnis yang cocok untuk mahasiswa yang rajin dan suka masak.

13. Pulsa dan Paket Data
Kendati di era digital ini banyak sekali orang yang membeli pulsa dan paket data di e-commerce. Tapi banyak pula yang masih suka membeli di counter atau perorangan. Terutama untuk kalangan orang yang sudah berumur dan kesulitan mengikuti perkembangan teknologi yang berkembang pesat.

14. Pemandu Wisata
Punya pemahaman mengenai sejarah? Atau bisa berbahasa asing? Menawarkan jasa menjadi pemandu wisata ini merupakan bisnis yang cocok untuk mahasiswa seperti kamu!

15. Perawatan Hewan
Tidak sedikit mahasiswa yang merawat hewan peliharaan. Nah apalagi jika kalian cekatan, telaten, dan pecinta hewan. Kalian bisa menawarkan jasa merawat hewan, menjaga hewan peliharaan saat teman kalian pergi, dan lain-lain. 

Wah, banyak sekali ya bisnis yang cocok untuk mahasiswa. Apalagi semuanya usaha yang tidak membutuhkan modal yang besar, serta waktunya pun fleksibel. Bisnis apa yang ingin kalian coba?

#Qasir

Share artikel ini