Inspirasi
5 Alasan Setiap Usaha Kecil Perlu Punya Website
Begitu banyak kendala yang menghambat UMKM untuk memiliki website, mulai dari teknis, wawasan yang minim tentang manfaat website, masalah dana, dan lain-lain. Google Indonesia mencatat bahwa saat ini hanya 16% UMKM yang sudah mempunyai website. Padahal--Google Indonesia menambahkan--UMKM yang melek online mampu tumbuh 80% lebih cepat dibandingkan UKM non-online. Tak hanya itu, UMKM online juga dapat tumbuh 1,5 kali lebih cepat dalam hal sumber daya manusia dibandingkan UMKM non-online.
Usahawan, ini adalah sebuah kesempatan untuk mengembangkan usahamu! Terlebih menghadapi era new normal, mau tidak mau kamu harus lebih melek digital agar mampu bertahan di tengah kondisi. Salah satunya dengan memanfaatkan situs web untuk mengenalkan usahamu lebih luas lagi. Biar kamu nggak lupa, berikut kami ingatkan kembali 5 manfaat memiliki website atau online presence untuk usaha kamu.
1. Simbol Kredibilitas
Jika dulu orang menilai kredibilitas suatu brand dari tampilan fisik toko dan etalasenya, sekarang orang lebih sering melihat dari tampilan website-nya. Bahkan yang lebih mendasar lagi: Apakah brand ini sudah punya website? Brand yang memiliki website akan dilihat sebagai brand yang terbuka terhadap kemajuan dan selalu up to date. Ini tentu sangat berpengaruh pada kredibilitas usahamu. Di era digital, membangun sebuah website adalah investasi yang bijaksana yang memang diperlukan baik untuk usaha yang sudah besar maupun yang masih kecil.
2. Membangun Branding
Ketika bicara tentang branding, mungkin yang pertama terbayang di benakmu adalah logo. Memang benar bahwa logo adalah bagian dari branding. Tetapi lebih jauh lagi, branding adalah identitas yang akan diingat di benak konsumen. Ini yang membuat suatu brand lebih dikenali dari yang lain. Jadi bukan hanya logo, kamu juga perlu memperhatikan layout, font, warna dan desain secara keseluruhan. Lebih penting lagi, kamu perlu memperhatikan narasi apa tentang brand yang ingin kamu bangun dalam website.
3. Melakukan Pemasaran
Apa yang paling ingin orang lihat dalam website-mu? Ya, produk. Jika mereka sudah pernah datang sekali ke tokomu dan puas dengan produk dan pelayananmu, mereka akan datang ke website untuk melihat produk apa lagi yang kamu miliki, atau pelayanan apa yang ditawarkan brand-mu untuk konsumen. Selain itu, dengan website, konsumen juga akan lebih mudah merekomendasikan produkmu kepada orang-orang yang mereka kenal. Mereka tinggal membagikan link website-mu ke mana saja, tanpa batasan jarak dan waktu. Ini tentu akan sulit terjadi jika kamu belum punya website, kan?
4. Menghadapi Persaingan
Mungkin kamu berpikir akun media sosial saja sudah cukup. Namun ketahuilah, mereka yang tidak memiliki situs web tidak dapat bersaing dengan yang memilikinya. Karena jangkauan website lebih luas dibanding cakupan media sosial. Media sosial mungkin berpengaruh besar dalam cakupan komunitas, namun website bisa melakukan yang lebih dari itu. Selain itu, konsumen akan lebih menganggap serius brand yang memiliki website dibanding yang tidak punya website. Mereka juga lebih menganggap brand yang memiliki website lebih berkualitas daripada yang tidak punya website. Meskipun kenyataannya belum tentu begitu, namun itulah yang otomatis terjadi di dalam pikiran konsumen era sekarang.
5. Bahan Analisa
Ada banyak data yang tersedia dari situs web. Sangat mudah untuk melihat dari mana pengunjung masuk, pada jam berapa, dan apa yang mereka cari untuk sampai ke sana.
Ini sangat penting bagi pemilik usaha termasuk usaha kecil. Tidak ada lagi dugaan-dugaan karena semua bisa dilihat secara faktual dalam data, terutama tentang perilaku dan pola pikir orang. Pemilik situs web dapat melihat berapa lama audiens mereka tetap login ke suatu halaman. Mereka dapat melihat kata kunci mana yang mereka cari. Mereka juga dapat melihat situs mana yang mereka tuju setelah situs mereka.
Bagaimana? Sudahkah tergerak untuk membangun situs web untuk usaha kamu? Berikut adalah lima langkah mudah untuk memulai.
1. Pilih nama domain
2. Pilih plaftorm pembuat situs web
3. Pilih penyedia hosting dan pilih paket hosting yang sesuai
4. Pilih template design
5. Buatlah konten
Masih terlihat terlalu rumit untuk dijalani? Jangan sedih, ada cara yang mudah. Jika kamu adalah merchant POS Qasir, ini benar-benar kabar gembira buat kamu. Karena sekarang Qasir telah meluncurkan fitur premium berlangganan baru bernama “Website Usaha”. Sesuai namanya, fitur ini memungkinkan kamu memiliki website untuk brand-mu dengan cara yang MUDAH sekaligus MURAH.
Dengan fitur ini, impianmu memiliki website sendiri bisa segera terwujud. Kamu bisa memasukkan semua informasi tentang brand-mu di sini. Mulai dari alamat outlet, jam buka tutup, daftar produk yang kamu jual, hingga link yang menghubungkan ke akun media sosial brand kamu.
Untuk memilikinya sangat mudah, kamu cukup ikuti langkah-langkahnya di artikel ini. Untuk berlangganan, kamu bisa memilih mulai dari 3 bulan, 6, atau 12 bulan. Khusus berlangganan 12 bulan, ada harga spesial untukmu.
Untuk membuat website ini, kamu bahkan tidak perlu mengabiskan banyak waktu, karena informasi produk termasuk juga foto produk tidak perlu kamu masukkan satu per satu, anamun otomatis akan ter-impor dari aplikasi Qasir yang sudah kamu gunakan. Mudah banget kan? Untuk mengatahui cara membuat website di Qasir, cek di artikel dengan klik link ini. Jadi tunggu apa lagi, wujudkan mimpimu memiliki website dengan mudah dan terjangkau sekarang juga.