Inspirasi

Cara Ampuh mencari Lokasi Wirausaha yang Tepat

19 Feb 2023, Ditulis oleh Annisa

Cara Ampuh mencari Lokasi Wirausaha yang Tepat

Memilih lokasi wirausaha yang tepat ini memang gampang-gampang susah. Pasalnya pemilihan lokasi wirausaha ini bisa dikatakan tricky tapi tak mustahil untuk dilakukan. Apalagi pemilihan lokasi wirausaha ini menentukan banyak sekali aspek dalam bisnismu. Seperti biaya yang akan kalian keluarkan, biaya promosi, cara memasarkan produk dan sebagainya.

Maka dari itu, lokasi wirausaha ini haruslah menjadi hal yang sangat diperhatikan sebelum memulai bisnis. Terutama jika kalian mempunyai bisnis yang tidak bisa dipasarkan secara online, alias orang harus datang ke toko offline. 

 

Kesalahan dalam Memilih Lokasi Wirausaha
Ada beberapa kesalahan umum yang kerap dilakukan dalam memilih lokasi usaha, di antaranya:

1. Tidak Memperhatikan Lokasi Pelanggan Potensial
Lokasi wirausaha yang baik haruslah dapat menjangkau pasar yang diinginkan. Jika memilih lokasi tanpa mempertibangkan pasar, maka tentunya pelanggan akan sedikit yang datang ke toko kalian.

2. Tidak Mempertimbangkan Aksesibilitas
Semakin mudah tokomu diakses, tentunya akan membuat pelanggan semakin sering berdatangan. Hal lain yang mampu mempengaruhi apakah lokasi wirausahamu tepat atau tidak, adalah ketersediaan lahan untuk parkir dan fasilitas transportasi umum.

3. Yang Penting Murah
Jika kalian terlalu fokus pada: yang penting harga lokasi wirausaha murah. Serta tidak mempertimbangkan apakah strategis ada pasarnya atau tidak, maka siap-siap saja pemasukan tidak sebanding dengan modal kalian!

4. Tidak Memperhatikan Kebijakan Pemerintah Setempat
Sebelum memilih lokasi wirausaha, ada baiknya mengecek kebijakan pemerintah setempat. Bagaimana zonasinya, perizinan usaha, pajak, dan lain sebagainya.

5. Mengabaikan Infrastruktur
Fasilitas seperti air bersih dan listrik tentunya akan sangat mempengaruhi aktivitas kalian dalam berjualan. Sehingga hal ini harus dipastikan saat kalian memilih suatu lokasi wirausaha.

 

12 Tips Memilih Lokasi Wirausaha


Nah kalau tadi kita sudah membahas mengenai kesalahan yang biasa dilakukan, sekarang kita bahas strategi untuk memilih lokasi wirausaha yang tepat yuk!

 

1. Cek Tingkat Kepadatan Penduduk
Pertama-tama cek tingkat kepadatan penduduk. Karena semakin tinggi tingkat kepadatan penduduk, maka semakin tinggi pula peluang usahamu. 

2. Lakukan Riset Demografi Calon Konsumen
Jika memungkinkan, ada baiknya membuat riset kecil-kecilan demografi target pasar sebelum memilih lokasi wirausaha. Kira-kira kalian bisa mencari tahu gender, usia, hingga tingkat pendapatan.

3. Perhatikan Lokasi Orang Berlalu Lalang
Jika kamu berjualan toko kelontong di perumahan pastikan berada di jalan yang biasa dilewati orang, bukan di jalan buntu misalnya. Kalau kamu ingin membuka usaha yang sasarannya orang yang harus punya kendaraan besar seperti usaha grosiran, maka pastikan memilih lokasi yang bisa dilewati mobil pick up. Semakin ramai orang berlalu lalang, maka potensi usahamu dilirik pun akan semakin besar.

4. Gunakan Peta 
Jikalau kalian berada di Jakarta, ada peta yang bisa diakses untuk melihat adanya potensi banjir dan peta transportasi seperti yang bisa kalian cek di https://jakartasatu.jakarta.go.id/. Situs ini bisa kalian gunakan sebelum menentukan lokasi wirausaha lho!

5. Mau Sewa atau Beli?
Biasanya untuk memilih lokasi wirausaha yang strategis dibutuhkan lebih banyak dana. Nah kalian bisa menyesuaikan berdasarkan budget sebelum memutuskan, apakah lebih baik sewa dengan jangka waktu yang lebih pendek atau sekalian beli ruko. 

6. Konsultasikan dengan Ahli
Kalian juga bisa konsultasi kepada konsultan bisnis atau orang yang sudah pro di bidang properti untuk membantu kalian menentukan lokasi wirausaha yang tepat.

7. Perhatikan Kondisi Bangunan Usaha
Sebelum memutuskan lokasi wirausaha, kalian bisa memperhatikan kondisi bangunan tersebut. Apakah layak? Butuh biaya tambahan untuk renovasi? Karena hal ini akan berpengaruh pada biaya yang akan kalian keluarkan.

8. Luas Bangunan Usaha
Beberapa jenis usaha membutuhkan luas bangunan yang lebar, pun sebaliknya ada yang cukup dengan tempat yang kecil.

9. Kebersihan di Lokasi Wirausaha
Diakui atau tidak, orang akan lebih nyaman untuk berbelanja di tempat yang bersih. Sedangkan memperhatikan kenyamanan pelanggan, mampu meningkatkan loyalitas, sehingga ke depannya mereka akan datang lagi. 

10. Eye-catching
Lokasi wirausaha yang eye-catching rupanya mampu membuat orang ingat akan brand usahamu lho! Caranya bisa dengan menaruh baliho yang mencolok, boneka angin yang bergerak, dan lainnya. Sehingga ketika besok-besok mereka butuh produk yang mirip dengan yang kamu jual, mereka akan teringat usahamu. 

11. Tingkat Keamanan
Jika lokasi wirausaha kita aman, maka pelanggan pun akan merasa nyaman untuk berbelanja. Kamu bisa menanyakannya dengan orang-orang lokal setempat, seperti frekuensi adanya tingkat pencurian, adakah satpam di area ruko tempat kalian ingin membuka usaha, dan sebagainya.

12. Perhatikan Kebijakan Pemerintah Setempat
Jangan sampai kita bergesekan dengan pemerintah setempat, yang membuat citra usaha kita jelek. Maka dari itu, sebelum memutuskan lokasi wirausaha, perhatikan terlebih dahulu kebijakan pemerintah setempat. Karena beda lokasi, beda pula peraturannya.

Contoh Usaha yang Membutuhkan Lokasi Wirausaha yang Tepat

Biasanya orang membuka toko offline dengan berbagai alasan. Seperti: tidak memungkinkan untuk buka online, untuk memperlihatkan produk di showroom agar pelanggan memperhatikannya detailnya, atau membutuhkan barang dengan cepat, tidak seperti online yang menunggu agak lama untuk sampai. 

 

Nah berikut adalah beberapa contoh bisnis yang butuh lokasi wirausaha yang strategis:
1. Toko kelontong
2. Warung makan
3. Laundry
4. Barbershop
5. Penjahit
6. Fotocopy

Apakah kalian ada rencana untuk membuka toko offline? Kalau ada, semoga informasi di atas membantu kalian untuk menemukan lokasi wirausaha yang tepat ya! 

#Qasir

Share artikel ini