Studi Kasus

Ekonomi Argentina Meningkat usai Menang di Piala Dunia 2022!

19 Feb 2023, Ditulis oleh Annisa

Ekonomi Argentina Meningkat usai Menang di Piala Dunia 2022!

 

Argentina kini menjadi sorotan usai memenangkan Piala Dunia melawan Prancis di Desember tahun 2022. Dengan hasil akhir yang imbang 3-3 dan ditentukan dengan adu penalti, Argentina resmi menjadi juara Piala Dunia Qatar 2022. Hal ini memberikan euforia yang sangat besar kepada warganya. Namun tak hanya itu, kemenangan Argentina ini rupanya memberikan dampak yang positif di tengah kondisi ekonomi negara yang carut marut. 

Sejak awal tahun hingga akhir tahun 2022, Argentina mengalami tingkat inflasi hingga nyaris 100%. Hampir setengah dari penduduknya di bawah garis kemiskinan. Ini disebabkan oleh menurunnya kinerja ekspor, kekeringan yang parah, serta hutang negara yang tinggi. 

Sehingga tak ayal kemenangan Argentina di Piala Dunia 2022 ini bagaikan harapan baru yang ditunggu-tunggu. Memangnya apa saja sih efek positifnya bagi perekonomian Argentina?

 

Ekonomi Tumbuh 0.25% Usai Menang di Piala Dunia Qatar 2022

Menurut Marco Mello, salah satu peneliti Universitas Surrey di Inggris, ekonomi negara pemenang Piala Dunia cenderung meningkat. Hal ini dikarenakan munculnya 'visibility', atau membuat negara pemenang ini punya posisi di mata dunia. Semacam ‘branding’ di ajang pertandingan bergengsi. Dampaknya, bisnis ekspor Argentina pun meningkat, yang mana berimpact juga pada pertumbuhan ekonomi.

 

Kemenangan Argentina di Piala Dunia 2022 meningkatkan Percaya Diri Masyarakat

Di tengah krisis ekonomi yang mendera, kemenangan Messi CS ini memberikan semangat dan rasa percaya diri kepada masyarakatnya. “We’re champions. We’re the greatest in the world!” teriak salah satu suporter Argentina. Menurut Richard Petty, Profesor Psychology dari Ohio State University, rasa percaya diri mampu menggerakkan kita untuk melakukan ‘action’. Rasa percaya diri ini membuat masyarakat kembali bersemangat untuk mengubah kondisi diri sendiri, yang juga berefek pada perekonomian negara.

Tidak hanya ekonomi Argentina yang meningkat usai memenangkan Piala Dunia, beberapa negara lainnya pun mengalami keuntungan yang serupa. Seperti yang terjadi pada kemenangan Brasil di Piala Dunia 2002. 

 

Kondisi Ekonomi Negara lain Pemenang Piala Dunia

Dilansir dari Detik FInance, usai Brasil memenangkan Piala Dunia di tahun 1994, pertumbuhan ekonomi naik hingga 5.9%. Hal yang sama terjadi ketika Brasil menjuarai Piala Dunia di 2002, yang mana tingkat pertumbuhan ekonomi negara naik hingga 3.1% dibandingkan di dua tahun sebelumnya. 

Pada Piala Dunia FIFA 1998, ketika Prancis menjadi juara pun lagi-lagi ekonomi negaranya melonjak hingga 3.6%. Di tahun 2006, Italia juga mendapatkan keuntungan ekonomi yang menguat hingga 1.8%, pun dengan Jerman yang ekonominya tumbuh sebanyak 2.2% usai menjadi juara Piala Dunia di 2014. 

Bagaimana dengan Spanyol yang mengalami resesi global saat menjadi juara pada tahun 2010? Ternyata, Spanyol juga diuntungkan dengan ekonominya yang berkembang 0.2%. Rupanya, visibility dari memenangkan ajang olahraga dunia ini terbukti memberikan dampak positif pada pertumbuhan ekonomi sebuah negara. 

Pertanyaannya, mengapa bisa ya?

 

Visibility di Piala Dunia dan Efek Positif pada Ekonomi Sebuah Negara.

Dilansir dari businesslive, kesuksesan memenangkan ajang olahraga dunia yang populer mampu mem-boost pertumbuhan ekonomi. Tak hanya untuk pemenang utamanya, masuk ke semi final saja sudah mampu ‘mempromosikan’ suatu negara. Seperti halnya yang terjadi pada Marocco di Piala Dunia Qatar kemarin.

Semakin banyak tim yang tersisihkan, semakin banyak orang yang akan menonton di pertandingan selanjutnya. Mello percaya bahwa ketika match final Piala Dunia 2022, nyaris setengah penduduk bumi menontonnya. Semua mata tertuju kepada permainan dua negara, Argentina dan Prancis. 

Namun jika Argentina dan Prancis sama-sama ditonton, mengapa pertumbuhan ekonomi Prancis tidak sebanyak Argentina? Menurutnya lagi, alasan lain mengapa Prancis tidak mengalami peningkatan sebanyak Argentina, dikarenakan mereka adalah pemenang petahana, sehingga tidak semengejutkan Argentina ketika menang. 


Apalagi kalau sudah menang, maka ada branding ‘pemenang’. Sebenarnya tidak jauh berbeda ya, ajang olahraga internasional ini dengan berjualan. Seperti promosi sebuah negara di ajang sport. Nah kalau menurut kalian, apa nih yang bisa kalian pelajari dari kemenangan Argentina di Piala Dunia Qatar 2022 ini? Ada yang berguna nggak buat mengembangkan usaha kamu? 
 

#Qasir

Share artikel ini