Tips

30 Cara Menghasilkan Uang dari Internet, Mudah dan Aman!

24 May 2023, Ditulis oleh Alya

30 Cara Menghasilkan Uang dari Internet, Mudah dan Aman!

Internet memang mempermudah banyak hajat setiap orang, tak terkecuali para usahawan. Dengan internet, kamu bisa memberikan customer experience yang menyenangkan, meningkatkan efisiensi, dan lain sebagainya. Intinya: CUAN.

CUAN ini tak hanya bisa didapat oleh para usahawan. Siapa pun yang sedang mencari penghasilan lebih, kamu bisa lebih mudah mendapatkannya di internet lho! Bagaimana sih cara menghasilkan uang dari internet? Simak ke-30 cara berikut!

1. Menulis Konten

Cara menghasilkan uang dari internet yang pertama adalah, menulis konten. Ada banyak sekali lowongan kerja untuk menulis konten ini, baik di social media, platform seperti Remote OK.

 

2. Menjual Foto

Foto hasil jepretan kamu ini bisa dijual di internet seperti di platform Shutterstock. Cara menghasilkan uang dari internet yang mudah bukan?

 

3. Memberikan Layanan Penerjemah

Cara menghasilkan uang dari internet ini cocok untuk kamu yang bisa berbahasa asing. Yup penerjemah! Ditambah sekarang banyak sekali yang bisa dikerjakan secara remote.

 

4. Pengembang Web

Punya kemampuan IT? Maka cara menghasilkan uang dari internet sebagai web developer ini cocok untukmu!

 

5. Asisten Virtual

Cara menghasilkan uang dari internet ini sedang naik daun. Pasalnya dengan menjadi asisten virtual, yaitu mengirim pesan, memasukkan data, dan lain-lain saja kamu bisa mendapatkan uang.

 

6. Jualan Online

Ingin memperluas cakupan bisnis kamu? Jualan online saja! Ini cara menghasilkan uang dari internet dan mengembangkannya sekaligus!

 

7. Dropshipper

Menjual produk tanpa modal dan tidak harus menyetok? Dropshipper merupakan salah satu cara menghasilkan uang dari internet yang praktis!

 

8. Reseller

Jika kamu punya sedikit modal dan minim pengalaman berjualan, reseller merupakan cara menghasilkan uang dari internet yang patut kamu coba!

 

 

9. Afiliasi

Cara menghasilkan uang dari internet ini sangat good deal, karena kamu tak perlu modal besar. Hanya koneksi internet serta kemampuan berjualan melalui video.

 

10. Social Media Specialist

Tawarkan jasa kamu mengelola social media di berbagai platform seperti Sribulancer, Upwork, dan lain sebagainya.

 

11. Menawarkan Jasa Menulis Artikel SEO

Cara menghasilkan uang dari internet yang bisa kalian coba adalah memberikan jasa menulis artikel SEO. Kamu bisa melamar pekerjaan tersebut atau menawarkannya di berbagai platform freelancer.

 

12. Menyediakan Layanan Proofreading

Punya ketelitian dan kemampuan berbahasa yang luar biasa dalam membaca sebuah karya tulis? Kamu bisa membaca ulang karya tulis, karya sastra, dan dibayar. Caranya sama seperti point nomor 11 ya!

 

13. Jual Karya Seni

Cara menghasilkan uang dari internet yang satu ini cocok banget buat kamu yang aesthetic person. Kalau kamu punya karya seni buatan sendiri, bisa banget dijual di platform seperti Etsy.

 

14. Tutor Online

Sekarang ini ada banyak sekali loker untuk tutor online. Kamu bisa mengakses Superproof, Zenius, untuk tutor online berbagai bidang. Kamu juga bisa mengakses Duolingo, Lister, dan lain sebagainya untuk mendaftar menjadi tutor online di bidang bahasa.

 

15. Konsultan SEO

Cara menghasilkan uang dari internet yang satu ini cocok untuk kamu yang sudah makan asam garam dunia per-SEO-an. Tawarkan jasa kamu di platform freelancer atau cari lokernya ya!

 

16. Konsultan Ads

Digital marketing di dewasa ini lumayan rumit dengan berbagai opsi ads. Kalau kamu paham, tawarkan jasa kamu yuk! Ini bisa kamu jadikan sebagai cara menghasilkan uang dari internet.

 

17. Menjadi Kreator Youtube

Kreator Youtube bisa menghasilkan uang melalui iklan atau sponsor lho!

 

18. Podcast

Cara menghasilkan uang dari internet melalui rekaman suara, yup podcast! Kalau sudah banyak pendengar, kamu bisa membuka iklan dan sponsor.

 

19. Menjadi Host

Cara menghasilkan uang yang satu ini memang unik. Ada banyak sekali aplikasi baru yang membutuhkan host untuk promosi serta meningkatkan 'durasi penggunaan' aplikasi mereka. Tentunya host ini digaji.

 

20. Mengisi Survei

Kendati rentan, namun jika berhati-hati, mengisi survei bisa menjadi cara menghasilkan uang dari internet yang layak untuk dilakukan lho!

 

21. Konsultasi Psikolog Online

Jika kamu seorang psikolog klinis atau punya klinik psikologi. Maka layanan online ini merupakan salah satu cara menghasilkan uang dari internet yang harus dicoba.

 

22. Menyediakan Layanan Pemrograman Khusus

Cara menghasilkan uang dari internet yang membutuhkan skill IT. Kamu bisa menawarkan jasa kamu di platform freelancer, atau promosi via social media dan website ya!

 

23. Jasa Membuat Desain Interior

Kemampuan membuat desain interior kamu ini, harus kamu promosikan di internet juga!

 

24. Jasa Membuat Desain Arsitektur

Kalau desain interior sudah, maka cara menghasilkan uang dari internet ini lebih ke menawarkan jasa desain eksterior bangunan.

 

25. Data Analyst

Kritis, mampu mengolah data, menganalisisnya, dan punya koneksi internet yang bagus maka pekerjaan data analyst ini cocok kamu coba. Apalagi, kebanyakan pekerjaan ini bisa dikerjakan remote.

 

26. Penerjemah Subtitle

Cara menghasilkan uang dari internet untuk anak bahasa lagi nih. Kalau kamu punya kemampuan ini, yuk cari lokernya di situs lowongan kerja atau di platform freelancer seperti Upwork.

 

27. Content Creator

Kalau kamu percaya diri abis, tau trend, dan bisa mengedit foto atau video. Maka cara menghasilkan uang dari internet dengan menjadi content creator ini, harus banget dicoba.

 

28. Narator untuk Audio Book

Jika kamu merasa suara kamu enak didengar, cobain deh kerja sebagai narator untuk audio book. Caranya mudah, baca saja bukunya tapi jangan sampai salah baca ya!

 

29. Menerbitkan eBook

Cara menghasilkan uang dari internet untuk kamu yang punya passion tinggi untuk menulis. Tahu tidak sih kamu, banyak penerbit yang menyediakan jasa penerbitan eBook seperti Gramedia.

 

30. Jual Barang Bekas

Punya banyak barang bekas yang masih bagus? Jual saja di Carousell.

Nah itu dia ke-30 cara menghasilkan uang dari internet yang layak dijalankan. Sudah memutuskan ingin mencoba yang mana?

#Qasir

Share artikel ini