Tips

7 Rahasia Memilih Lagu Cafe yang Buat Pelanggan Betah

24 Mar 2023, Ditulis oleh Annisa

7 Rahasia Memilih Lagu Cafe yang Buat Pelanggan Betah

Pernah tidak kalian terpikirkan bahwa pemilihan lagu cafe yang tepat, mampu membuat pelanggan lebih betah? Yup, kalian tidak salah dengar. Sepenting itu menyetel lagu cafe yang tepat. Pasalnya, lagu cafe ini mampu memberikan kenyamanan bagi para pelanggan sehingga mereka lebih lama menghabiskan waktu di cafemu. Kalau lebih lama, tak menutup kemungkinan akan memesan menu lainnya kan?

 

Alasan Memasang Lagu Cafe itu Penting

Ada beberapa alasan kenapa kamu harus memasang musik di cafemu:

1. Mendapatkan Loyalitas Pelanggan

Lagu cafe yang tepat mampu membantu menciptakan suasana yang menyenangkan dan menarik yang akan membuat pelanggan ingin kembali ke cafe kamu.

 

 

2. Meningkatkan Mood Pelanggan

Memutar lagu cafe yang tepat dapat membantu meningkatkan mood pelanggan. Mereka akan lebih rileks dan bahagia.  Tentunya hal ini mampu membantu meningkatkan pengalaman pelanggan saat berada di cafe kamu.

3. Pelanggan Lebih Lama Menghabiskan Waktu di Cafe Kamu

Ingin meningkatkan durasi kunjungan pelangganmu agar mereka terus menerus memesan? Salah satu caranya bisa dengan menyetel lagu cafe lho!


Jenis Lagu Cafe yang Cocok untuk Diputar

Ada banyak sekali jenis lagu yang cocok untuk diputar di cafe. Hal ini bergantung pada tema dan suasana cafe. Yuk coba kita cek lagu apa yang sesuai dengan tema cafe kamu.

1. Lagu Akustik

Ingin memberikan suasana yang intim dan santai di cafe kamu? Gunakan lagu cafe akustik saja!

2. Lagu Jazz

Lagu cafe jazz ini memilikii tempo yang santai dengan suasana elegan.

3. Lagu Klasik

Berikan suasana tenang dengan memberikan lagu cafe klasik seperti orkestra atau opera.

4. Lagu Pop atau Rock

Cafe dengan tema modern sangat pas untuk menyetel lagu pop atau rock.

5. Lagu Lounge

Lagu cafe yang satu ini memiliki beat yang santai namun tempo yang rendah.

6. Lagu Indie

Suasana hangat dan intim bisa didapatkan kalau kamu menyetel lagu cafe indie.

7. Lagu Hip Hop atau R&B

Punya cafe dengan tema urban modern? Berarti lagu hiphop atau R&B ini cocok untuk kalian coba!


7 Tips Memilih Lagu Cafe yang Buat Pelanggan Betah

 

1. Memilih Lagu yang Sesuai dengan Tema Cafe

Seperti yang sudah kita bahas di atas, pemilihan lagu cafe yang sesuai mampu memberikan suasana yang selaras. Sehingga vibe-nya membuat nyaman para pelanggan. Pemilihan lagu sesuai tema cafe ini juga bisa dijadikan strategi untuk branding kafe kamu lho!

2. Volume Lagu Cafe Tidak Terlalu Keras atau Pelan

Sejatinya lagu cafe tidak terlalu keras atau pelan, agar tidak mengganggu dan tetap bisa enak dinikmati. Kamu bisa membeli alat pengukur desibel atau menggunakan aplikasi untuk mengecek apakah percakapan pelanggan dan lagu cafe tidak melebihi 75 dB. 

Kamu juga bisa menyesuaikan dengan jumlah tamu. Semakin banyak orang, maka volume lagu cafe bisa ditingkatkan.

3. Gunakan Lagu Cafe yang sedang Tren

Perputaran informasi di internet sangat cepat, salah satunya adalah musik. Kalian bisa memasukkan lagu cafe yang tren namun tetap dipilih-pilih dan disesuaikan dengan tema cafe kalian. 

4. Membuat Playlist Lagu Cafe yang Panjang

Jangan sampai pelanggan jadi jenuh karena kalian memutar lagu cafe yang sama berulang kali. Buatlah playlist yang berisi banyak lagu atau sesekali mengganti playlist, agar pelanggan tak mudah bosan.

5. Berikan Lagu dengan Tempo Cepat untuk Mengganti Pelanggan

Kalau di restoran cepat saji, kebanyakan orang akan memberikan lagu bertempo cepat agar pelanggan cepat pulang sekaligus mengosongkan tempat untuk diisi pelanggan lainnya. Strategi ini bisa kalian lakukan jika cafe kalian rame dan kalian ingin mengganti pelanggan.

6. Gunakan Tempo Lambat untuk Menahan Pelanggan

Kalau ingin pelanggan lebih lama di cafe kamu, gimana caranya? Bisa dengan memasang lagu cafe bertempo lambat!

7. Memilih Layanan Musik

Ada beberapa aplikasi pemutar musik yang bisa kalian gunakan di cafe kalian. Kalian bisa memperhatikan mana yang paling good deal untuk kalian pilih. Kamu bisa mencoba Spotify, Joox, Pandora, Youtube, dan lain sebagainya.


Mengurus Lisensi Lagu Cafe

Saat memasang lagu cafe, kamu wajib mengajukan permohonan lisensi atau membayar royalti. Menurut PP 56/2021, pemutaran lagu dalam bentuk layanan publik yang bersifat komersial (penjualan seperti bisnis), wajib disertai pembayaran royalti kepada pencipta, pemegang hak cipta, atau pemilik hak terkait melalui Lembaga Manajemen Kolektif Nasional (LMKN).

Sederhananya, kamu memerlukan izin untuk menyetel lagu di cafe kamu. Nah ada beberapa opsi yang bisa kalian gunakan.

1. Menggunakan Aplikasi Pemutar Lagu Bisnis

Beberapa aplikasi pemutar lagu memiliki opsi paket yang sudah berlisensi untuk digunakan di bisnis kamu. Karena paket tersebut sudah termasuk biaya ke asosiasi musik. Kamu bisa mencoba Spotify bisnis dan Pandora bisnis. 

2. Membayar ke Asosiasi Musik secara Langsung

Kamu bisa membayar ke organisasi asosiasi musik, yang mana organisasi ini merupakan perantara antara seniman dan pengguna musik. Beberapa asosiasi musik yang bisa kalian hubungi antara lain: PAMI, AMI, dan KCI.

Meskipun terdengar sulit karena harus mengurus lisensi dan royalti, tapi memasang lagu cafe ini sepadan lho. Karena mampu membuat pelanggan nyaman, dan ujung-ujungnya cuan! Kalau mau bisnis cafe kamu semakin cuan, bisa banget dengan download aplikasi Qasir ya!

#Qasir

Share artikel ini